AQUAMAN : Rasakan Indahnya Atlantis ala DC (Spoiler Alert)


Aquaman

“Alohaaaaa J wohooooooo… ” You can hear that?! Yeah dengan gaya hawaian nya Actor utama dari Aquaman ini, tengah menikmati masa dimana ia harus tour keliling beberapa negara untuk mempromosikan film terbarunya yang sudah tayang sejak 12 Desember lalu di Indonesia.

oiya review ini mungkin akan mengandung spoiler dan sedikit pembelaan di pihak universe yang bersangkutan ^,^

So, yang ingin di bahas disini adalah point – point menurut pandangan awam seorang penikmat film

Out of the box

Source : http://www.theboing.com

Sejak 6 trailer yang di luncurkan pihak Warner Bross dalam rangka tribute to the bigges show in december ternyata tak membuat film ini kehabisan pesonanya. Yang sudah nonton pasti tahu apa yang dimaksud oleh kata “pesona” disini. Film dengan durasi hampir 2 jam ini tetap memanjakan penonton dengan adegan – adegan spektakulernya. Sebagai film DC yang dinanti sejak munculnya di beberapa part di film Batman V Superman dan terakhir di Justice League, akhirnya Aquaman meluncurkan sendiri filmnya.

Berbeda dari film – film DC yang dark pada umumnya, Aquaman memberikan zona baru bagi DC. Bagaimana nggak, kisah perjalanan Aquaman di film ini tidak begitu dark seperti hal nya Batman yang sudah menjadi andalan terciptanya pakem dark untuk DC universe. Terlihat di beberapa scene dimana orang tua dari Arthur Curry tetap hidup meskipun di 30 menit pembukaan Thomas Curry (Ayah Aquaman) sempat terkena serangan tsunami yang dibuat Orm tapi terselamatkan karna adanya Mera. Kemudian Atlanna (Ibu Aquaman, Queen of Atlantis) yang masih hidup setelah pernyataan tumbal Raja Atlan karna merasa cemburu untuk memberikan Queen Atlanna ke sekumpulan Trench di palung Mariana.

Family and Humanity

Source : www.ew.com

Karena film ini memang menceritakan bagaimana perjalanan awal dari seorang Aquaman, maka sang Sutradara tak luput memberikan khas nya dalam menggarap setiap scene nya. Bapak dari Semesta nya film Horor dan thriller ini tetap memberikan kesan kekeluargaan dan kemanusiaan yang terlihat dibeberapa part, bahkan JUMPSCARE yang harus nya hanya ada di setiap film horror garapannya dia modif sedemikian rupa sehingga membuat penonton tercengang sedetik kemudian. Seperti halnya diawal film, gambaran family time terlihat saat Atlanna bertemu dengan Thomas dan mengenal dunia manusia untuk pertama kalinya, sampai akhirnya dia mempunyai Arthur kecil dan menceritakan dongeng Atlantis pada Arthur. Dan tentunya sedikit joke ringan tak membuat alurnya jelek kok. Scene kemanusian diciptakan dibeberapa chemistry antara Aquaman x Black Manta (kisah balas dendam yang belum terbayarkan), Aquaman x king Orm (kisah kakak adik yang berebut kekuasaan)

Source : www.ew.com

The same scene with another Film

Hal pertama yang paling menonjol adalah keputusan Wan—dalam meracik petualangan Arthur Curry (Jason Momoa) si manusia separuh bangsa Atlantis, dengan banyak sekali referensi.

Source : http://cdn.collider.com

Ada monster laut dalam raksasa mirip kaiju (suaranya diisi Julie Andrew dari The Sound of Music) yang dirujuk dari Godzila, adegan lari dikejar-kejar musuh di atap rumah ala ala film-film Bond atau Mission Impossible, ‘Polisi Atlantis’ yang didesain dengan pakaian robot macam Power Rangers, ada juga scene dari Mera dan Aquaman yang berlindung di mulut paus untuk menghindari kejaran king orm seperti pada cerita Pinocchio, kemudian masuk ke inti bumi dan perjalanan di gurun Sahara macam Indiana Jones atau The Mummy, Atlantis yang didesain canggih macam dunia-dunia utopis seperti dalam Star Trek, bahkan ada adegan romantis khas Mamamia yang membalut Arthur dan love interest-nya Mera (Amber Heard) di Sisilia yang mirip Kolakairi.

James Wan’s Style

Source : www.wired.com

Yups kenapa ini berpengaruh?! Sempat saya ungkapkan juga di atas tadi karna basic Director satu ini sangat lah unik. Banyak hal detail yang tidak luput dari mata James wan. Mungkin karna sudah terbiasa menggarap film bergenre horror ataupun thriller jadi kedetailan nya untuk memproporsikan sama rata setiap scene untuk para actor menurut saya sangat pas. Tidak ada yang ditonjolkan, semua dapat porsi pengambilan keren saat mereka mempunyai gerakan andalan untuk setiap actor sampai beauty shot untuk si prajurit robot atlantis aja punya shot epic. Bahkan boneka Anabelle sempat menampakan sosok nya di film ini lho, hayo ada yang notis nggak ya??

Source : www.joblo.com

Owh ada satu yang terlihat berlebihan, mungkin di pembentukan karakter Aquaman yang sepertinya hanya Jason Momoa yang patut memerankannya. Seakan –akan hanya bapak 2 anak itulah yang pantas memerankan karakter Arthur Curry.

Hipnotise with visual

Source : www.comicbook.com

Mengincar penonton 3D, James Wan memaksimalkan ide nya untuk membuat Aquaman layak tonton hingga mempertimbangkan efek CGI bawah lautnya. Kapan lagi bisa memanjakan penonton dengan petualangan bawah laut yang epic seakan – akan kemampuan night vision milik Aquaman juga bisa dirasakan para penonton.

DC memang agak kalah jika mau membandingkan CGI dengan universe Marvel, bahkan di 2D kadang film ini masih terlihat sangat jelas CGI nya yang agak kasar seperti saat di adegan perkelahian Atlanna dengan tentara Atlantis, perjalanan Arthur dan Mera ke Gurun Sahara untuk mencari keberdaan Trident Of Neptunus, dan masih banyak lagi mungkin, tapi itu semua teralihkan dengan spektakulernya imajinasi Wan untuk membawa dunia bawah laut kelayar lebar.

Source : www.syfy.com

Bahkan ada yang mereview dengan membandingkan film yang belum tayang. Avatar 2 yang akan mengambil genre fantasi bawah laut juga, sepertinya sudah keduluan oleh James Wan untuk merealisasikannya. Sama – sama bernama James namun director Avatar 2 yaitu James Cameron kayaknya emang harus siap – siap mengasah idenya lagi untuk penampakan Avatar 2 selanjutnya di 2019.

Buat yang belum nonton sempat kan nonton di IMAX 3D yuks… kalau yang didaerah nya belum ada ya udah terima aja PG 13+ nya yang mungkin ada adegan yang bakal di cut. Padahal pengambilan gambar di scene tersebut cukup epic lo, Kiss scene bawah laut kan lebih menantang hehehe ups….

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

AQUAMAN : Rasakan Indahnya Atlantis ala DC (Spoiler Alert)

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: