Ketika Batman Menjadi “Mimpi Buruk” di Dark Multiverse DC


Source: DC Comics

Siapa sih yang gak kenal Batman? Di serial komik Dark Nights: Metal yang terbit bulanan mulai Juni 2017, diceritakan bahwa dunia diserang oleh sekelompok Nightmare Batman yang datang dari Dark Multiverse. Tujuh Nightmare Batman ini sendiri merupakan versi jahat dari Batman yang terinspirasi oleh Justice League. Masing-masing karakter mewakili kemungkinan-kemungkinan dalam hidup Batman, di mana bisa saja dia berbuat salah atau bertindak terlalu jauh.

Terlihat dark sekali ya ceritanya. Lalu kayak apa aja sih bentuk dari Nightmare Batman ini? Yuk kita bahas satu-satu!

THE BATMAN WHO LAUGHS

Batman selalu punya ambisi untuk membunuh Joker, namun juga selalu gagal. Nah gimana kalau akhirnya dia berhasil? Gimana kalau ternyata Joker punya racun di dalam tubuhnya, yang membuat siapapun yang membunuh Joker akan menjadi Joker berikutnya? Gimana kalau alasan Joker selalu mengganggu Batman adalah karena dia ingin Batman menjadi Joker? The Batman Who Laughs ini adalah hybrid dari Batman dan Joker yang pastinya terrifying.

THE DEVASTATOR

Source: batman-news.com

The Devastator merupakan kombinasi antara Batman dan Doomsday, villain yang akhirnya berhasil membunuh Superman. Kematian Superman tentu saja membuat seluruh dunia shock. Dan di universe yang ini, Batman bersumpah agar kejadian ini tidak akan terulang. Setelah Superman meninggal, Batman mulai bereksperimen dengan virus Doomsday sehingga muncullah The Devastator.

THE MURDER MACHINE

Source: ComicsVerse

Di dunia di mana Bruce Wayne hidup tanpa Alfred Pennyworth yang sudah tutup usia terlebih dulu, Bruce meminta Cyborg untuk mengunggah kesadarannya ke dalam Alfred Protocol. Dan yang pertama kali Alfred Protocol lakukan ketika diaktifkan adalah membunuh semua penjahat di Gotham. Ketika para superhero berusaha menghentikan aksinya, merekapun ikut dibunuh. Dan kesadaran Batman perlahan-lahan ikut terserap.

THE MERCILESS

Source: DC Comics

Wonder Woman terbunuh dalam sebuah pertempuran, oleh seorang pria yang terlihat seperti Ares. Batman kemudian mengambil alih sebuah armor yang desainnya terlihat seperti armor milik Ares, namun memiliki simbol Wonder Woman yang terpampang di dada. Dia kemudian menyerang Amanda Waller, beserta Suicide Squad.

THE RED DEATH

Source: DC Comics

Gimana kalau Batman punya Speed Force kayak The Flash? Diceritakan bahwa partner-partner Batman seperti Robin, Nightwing, Batwoman, dan lain lain terbunuh secara tragis ketika berusaha menyelamatkan dunia. Bruce Wayne meminta The Flash untuk mengantarnya kembali ke masa lalu untuk mencegah kejadian itu, tapi Flash tahu kalau hal itu akan berakibat besar dan menolak untuk membantu Batman. Namun akhirnya, Batman berhasil mengalahkan Flash dan suatu kejadian membuat mereka bergabung menjadi satu, menjadi The Red Death.

THE DROWNED

Source: batman-news.com

The Drowned merupakan Aquaman-esque Batman dan satu-satunya wanita dalam Nightmare Batman. Bryce Wayne adalah Batwoman dari Earth-11. Ketika dia memulai perang dengan Atlantis – yang mengakibatkan Gotham ditenggelamkan – dia mengubah DNA-nya sendiri dengan sampel dari manusia Atlantis. Dia berubah menjadi hybrid yang lebih kuat, mampu mengalahkan semua metahuman, dan menguasai dunia yang sudah hancur.

THE DAWN BREAKER

Source: DC Comics

Ingat kan gimana kisah Bruce Wayne muda kehilangan orang tuanya? Di dunia yang ini, dia tidak hanya diam, tapi malah mengejar si pria bersenjata. Hingga akhirnya Bruce dihentikan oleh cincin hijau yang mengambang dan memberinya kekuatan. Kekuatan dari Power Ring membuat hidupnya berubah, namun tidak menyusutkan kemarahannya dan Bruce tetap mengejar sang pelaku. Ketika akhirnya Bruce berhasil menangkapnya, dia membakar si pelaku hingga tidak bersisa suatu apapun kecuali abu.

Wih! Mana nih yang menurut kalian paling sangar? Tulis ya di kolom komentar!

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ketika Batman Menjadi “Mimpi Buruk” di Dark Multiverse DC

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: