Review ‘Folklore: A Mother’s Love’ Bikinan Joko Anwar


 

Yap, akhirnya film horror baru bikinan Joko Anwar udah bisa ditonton sejak 7 Oktober lalu. Well, sebenarnya bukan murni film horror sih, karena A Mother’s Love ini menjadi salah satu episode dalam serial Folklore yang dibuat khusus untuk HBO Asia bekerja sama dengan beberapa sineas film Asia. Tentunya Joko Anwar mewakili Indonesia di sini. Seberapa bagusnya sih film ini sampai menjadi salah satu film yang diputar di Toronto International Film Festival tahun ini?

img-20181007-205950-5bbafb9cc112fe12643b8a76.jpg?t=o&v=700

Setelah kesuksesan Pengabdi Setan (2017), Joko Anwar sepertinya nggak bisa move on dari sosok Ibu. Bedanya, dalam film ini sosok Ibu (Murni) yang diperankan oleh Marrisa Anita benar-benar sosok ibu yang hangat dan sangat perhatian dengan anaknya, Jody (Muzzaki Ramdhan). Sayangnya Murni terhimpit masalah keuangan sehingga dia nggak bisa memenuhi keinginan Jody dan mereka terus berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Sampai suatu saat Murni menemukan anak-anak korban Wewe Gombel di loteng rumah tempatnya bekerja. Di sinilah awal mula munculnya kekuatan jahat yang mengganggu kehidupan Murni dan Jody.

Seperti yang bisa ditebak, Kamu bakal menemukan film horror yang dikemas dengan gaya khasnya Joko Anwar. Nggak ada jump scare yang bisa Kamu tebak, tapi yang pasti saat si Wewe muncul Kamu bakal kaget. Kengerian dibangun dari awal film dengan angle pengambilan gambar yang oke serta tone warna yang dipilih. Hasilnya kengerian yang semakin lama semakin terasa.

gallery-5-5bbafc90c112fe20142cc0c7.jpg?t=o&v=700

Wewe Gombelnya sendiri digambarkan dengan sangat sederhana yang tentunya bikin film ini makin horror. Bisa dibilang film ini simple tapi padat dan penuh dengan makna-makna. Nggak seribet cerita di Pengabdi Setan, tapi Kamu bisa melihat betapa kuatnya chemistry yang dimiliki aktor di film ini.

Bukan Joko Anwar kalau nggak memberi plot twist dalam tiap filmnya, termasuk juga A Mother’s Love. Di awal Kamu bakal mengira bahwa Jody hanyalah khayalan Murni aja, tapi ternyata itu semua hanyalah trik yang dipakai Wewe Gombel untuk menghasut Murni. Selain itu juga beberapa easter eggs yang diselipkan Joko Anwar tentang film selanjutnya yang bakal dia buat.

gallery-4-5bbafc5b677ffb341b7352f5.jpg?t=o&v=700

Hm, apa Kamu bisa menebak kira-kira film apa yang bakal dibuat Joko Anwar?

Kamu bisa menonton A Mother’s Love secara gratis di sini!

 

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Review ‘Folklore: A Mother’s Love’ Bikinan Joko Anwar

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format
%d bloggers like this: