Film Thriller Terbaik 2022, Siap Membuatmu Tegang di Akhir Tahun

Film Thriller Terbaik 2022

Tahun kembali silih berganti, dan tak terasa tahun 2022 akan segera berakhir. Dalam menyambut tahun 2023, tak ada salahnya menelusur ulang apa saja film thriller terbaik 2022 ini. Kenapa thriller? Karena meski industri film mulai kembali hidup pasca pandemi, genre thriller bisa menjadi jawaban untuk menarik perhatian penonton.

Kisah misteri konspirasi, noir romantis, campuran berbagai genre hybrid, kisah detektif klasik, blockbuster besar-besaran, dan kisah lainnya- Inilah daftar rekomendasi film thriller terbaik 2022 versi kami.

1. The Black Phone

The Black Phone

Film yang diadaptasi dari short story karya Joe Hill ini pertama dirilis tahun 2021 secara internal sebelum dirilis global tahun 2022 ini.

Aktor Ethan Hawke kembali membintangi film thriller hasil adaptasi cerita pendek. Ethan memerankan seorang penculik anak dan pembunuh yang memiliki gelar “The Grabber”.

Menceritakan tentang sebuah kota di mana seorang penculik dan pembunuh anak berkeliaran. Seorang anak yang sering mengalami bullying diculik, dan ketika sadar, dia ada di ruangan kosong yang hanya berisikan sebuah telepon.

Dengan telepon itu, anak tersebut bisa menghubungi korban-korban penculikan lainnya di lokasi lain. Salah satu korban memperingatkan anak itu, kalau ini semua adalah bagian dari permainan si penculik.

JudulThe Black Phone
Genre Horror, Thriller
SutradaraScott Derrickson
CastMason Thames, Ethan Hawke, Madeleine McGraw
IMDB Rating6.9

2. Ambulance

Ambulance

Sutradara Transformers, Michael Bay selalu terkenal dengan sequence action-nya yang “wah”. Di film terbarunya ini, gayanya masih begitu terlihat kental. Hasilnya adalah film yang pantas juga dimasukkan sebagai salah satu film thriller dan film action terbaik tahun ini.

Film Ambulance menceritakan seorang mantan tentara yang membutuhkan uang, terbujuk rencana temannya untuk melakukan perampokan bank. Masalah muncul ketika seorang petugas kesehatan serta seorang polisi yang terluka parah menjadi sandera di mobil ambulans tempat mereka melarikan diri.

BACA JUGA  Rekomendasi Film Komedi Terbaik 2022, Awali Tahun Dengan Tawa

Film ini merupakan adaptasi dari film asing berbahasa Denmark berjudul sama.

JudulAmbulance
GenreAction, Drama, Thriller
SutradaraMichael Bay
CastJake Gyllenhaal, Yahya Abdul-Mateen II, Eiza González
IMDB Rating6.1

3. The Batman

The Batman

Salah satu sebutan Batman adalah detektif terbaik di dunia. Tetapi, hal ini jarang dieksplor di layar lebar, terlebih di versi live action. Tetapi menariknya, film animasi Batman justru sering menampilkan sisi ini.

Paling tidak sampai film The Batman hadir.

Menceritakan awal Batman sebagai vigilante di Gotham. Bruce Wayne (Robert Pattinson) harus memburu seorang pembunuh berantai yang mengincar pimpinan kota Gotham.

Setiap pecahan misteri membuat Batman menemukan gambaran keseluruhan kasus bersamaan dengan penonton, dan cara sutradara Matt Reeves menampilkannya tak banyak dipuji.

Kita melihat betapa kompleks dan dalam misteri ini, dan meski ditopang otak brilian, Batman tak selalu bisa selangkah di depan pembunuh ini.

Film ini juga layak disebut sebagai salah satu film action terbaik tahun ini.

JudulThe Batman
GenreAction, Drama, Thriller, Mystery
SutradaraMatt Reeves
PemeranRobert Pattinson, Zoe Kravits, Jeffrey Wright
Rating IMDB7.8

4. The Northman

The Northman

The Northman adalah film action non-stop tentang bangsa viking era pertengahan yang tak henti-hentinya memacu adrenalin.

The Northman menceritakan seorang pangeran Viking yang diasingkan akibat pengkhianatan pamannya. Ia pun kemudian bersumpah untuk membalas dendam pada pamannya yang merebut segala hal dalam hidupnya.

Film yang direkomendasikan bagi penggemar film dan cerita bernuansa Viking. Patut dicatat kalau aksi di film ini sangat brutal, mencerminkan peperangan bangsa Viking di era pertengahan.

JudulThe Northman
GenreAction, Drama, Action, Adventure, Thriller
SutradaraRobert Eggers
PemeranAlexander Skarsgård, Nicole Kidman, Ethan Hawke, Anna Taylor-Joy, Willem Dafoe, Björk
Rating IMDB7.1

5. Glass Onion: A Knives Out Mystery

Glass Onion

Sekuel dari Knives Out, film ini menceritakan detektif Benoit Blanc dalam salah satu petualangan misterinya. Kali ini, dia akan memecahkan sebuah misteri pembunuhan di sebuah pulau di Yunani.

BACA JUGA  Rekomendasi 5 Serial Netflix Terbaik tahun 2022, Siap Menemani Akhir tahunmu

Tipikal misteri, tetapi juga tidak mengikuti textbook. Penggemar misteri ala cerita Agatha Christie pasti girang menonton film ini. Glass Onion: A Knives Out Mystery adalah selebrasi bagi para penggemar misteri, sekaligus pertunjukan gaya sutradara Rian Johnson yang tak henti-hentinya bereksperimen dengan kejutan, misteri, dan komedi.

Film ini juga menyindir para kaum kelas atas di dunia, seperti pengusaha teknokrat, model, dan influencer super kaya.

JudulGlass Onion: A Knives Out Mystery
GenreComedy, Crime, Drama, Thriller
SutradaraRian Johnson
PemeranDaniel Craig, Edward Norton, Dave Bautista, Kate Hudson
Rating IMDB7.3

6. The Gray Man

The Gray Man

Film spy-action ini kembali mempertemukan Russo bersaudara yang duduk di posisi sutradara dengan Chris Evans, si pemeran Captain America.

The Gray Man bercerita tentang seorang agen CIA dengan nama kode “Sierra Six” yang mengetahui rahasia berbahaya dan kemudian menjadi buronan. Ia pun harus berhadapan dengan mantan koleganya yang sadis.

Kami juga pernah menuliskan review film The Gray Man ini. Silakan dibaca.

JudulThe Gray Man
GenreAction, Thriller
SutradaraAnthony Russo, Joe Russo
PemeranRyan Gosling, Chris Evans, Regé-Jean Page, Ana de Armas, Jessica Henwick, Julia Butters, Alfre Woodard, Billy Bob Thornton
Rating IMDB6.5

7. Death on the Nile

Death on The Nile

Film suspense ini diadaptasi dari novel karya Agatha Christie dengan judul yang sama. Film ini mengikuti kisah detektif Hercule Poirot (Kenneth Branagh) yang sedang berlibur di kapal pesiar mewah di atas sungai Nil.

Seperti ikatan takdir, ada kasus pembunuhan di atas kapal, dan Poirot harus memecahkan misteri tersebut. Namun, semakin dalam investigasinya, semakin tebal pula jaring penipuan dan pengkhianatan yang menghalangi upayanya.

Selain sebagai sutradara, aktor Kenneth Branagh menampilkan performa penuh kharisma sebagai detektif ikonik Hercule Poirot. Gal Gadot berperan sebagai Linnet Ridgeway, salah satu tersangka di kasus ini, yang digambarkan sebagai sosok penuh enigma dan misteri.

JudulDeath on The Nile
GenreMystery, Crime, Drama, Thriller
SutradaraKenneth Branagh
PemeranKenneth Branagh, Tom Bateman, Gal Gadot
Rating IMDB6.3

8. Where the Crawdads Sing

Where the Crawdads Sing

Film ini diadaptasi dari novel berjudul sama yang menceritakan seorang gadis bernama Catherine Kya Clark. Kya mendapati dirinya dijadikan tersangka utama pembunuhan di kota kecil mereka.

BACA JUGA  Rekomendasi 10 Film Fantasi Terbaik, Jelajahi Dunia Penuh Imajinasi dan Petualangan

Kya harus berjuang membersihkan namanya, dan memecahkan misteri di balik semua ini, di saat yang bersamaan mencoba menghindari politik kompleks di kota kecil tempatnya tinggal. Seiring cerita berjalan, Kya mempelajari pentingnya cinta dan memaafkan.

Sutradara Olivia Newman sangat detail menggambarkan tema isolasi, cinta, dan penebusan di film ini.

JudulWhere the Crawdads Sing
GenreMystery, Drama, Thriller
SutradaraOlivia Newman
PemeranDaisy Edgar Jones, Taylor John Smith, Harris Dickinson
Rating IMDB7.1

9. Decision To Leave

Decision to Leave

Sutradara Oldboy, Park Chan Wook kembali dengan film Decision To Leave. Sutradara yang pernah meraih penghargaan Best Director di Cannes ini kembali dengan film sarat obsesi aneh dan gelap, dengan visual yang mendukung.

Menceritakan sebuah kasus pembunuhan pria yang diserahkan pada seorang detektif muda Hae Joon (Park Hae il). Tetapi, Hae Joon malah jatuh hati pada istri korban sekaligus tersangka utama kasus ini Seo Rae (Tang Wei).

Tang Wei mampu memunculkan kesan femme fatale, ala perempuan cantik namun penuh enigma dan misteri. Film yang penuh twist, dan membuat penonton tak keheranan kalau film ini digolongkan sebagai salah satu film thriller terbaik 2022.

JudulDecision To Leave
GenreMystery, Drama, Thriller, Crime
SutradaraPark Chan Wook
PemeranPark Hae il, Tang Wei
Rating IMDB7.3

10. Everything Everywhere All At Once

Everything Everywhere All At Once

Entri terakhir di daftar rekomendasi film thriller terbaik 2022 ini adalah kejutan yang berhasil meraih banyak nominasi di Golden Globe 2023.

Film Everything Everywhere All At Once juga merupakan kejutan tersendiri. Michelle Yeoh memerankan seorang wanita yang dapat mengakses memori dari berbagai versi dirinya sendiri di berbagai dunia lain.

Ketika industri perfilman suntuk dengan konsep universe dan multiverse ala superhero, film ini mampu memberikan keunikannya sendiri. Salah satu film laga terbaik yang paling kreatif saat ini.

JudulEverything Everywhere All At Once
GenreAction, Adventure, Comedy, Thriller
SutradaraDaniel Kwan, Daniel Scheinert
PemeranMichelle Yeoh, Ke Huy Quan, Stephanie Hsu, Jamie Lee Curtis
Rating IMDB8.1

Film Thriller Mana Favoritmu?

2022 bisa dibilang masih merupakan tahun transisi dari era pandemi. Namun seperti kamu lihat, masih mengeluarkan banyak film thriller terbaik yang beragam. Mulai dari film detektif, misteri, sampai film Asia menambah keragaman genre ini.

Itulah rekomendasi film thriller terbaik 2022 dari kami. Film mana yang menjadi favoritmu? Tuliskan komentarmu di bawah!

%d blogger menyukai ini: