Rekomendasi 9 Film Zombie Korea Terbaik. Wajib Banget Kamu Tonton!

Menegangkan, dramatis, sedikit menyeramkan dan penuh aksi. Kira-kira hal tersebutlah yang membuat film zombie laris di pasaran. Nggak cuman dikalangan penonton, banyak film maker dari berbagai belahan dunia yang juga membuat film zombienya sendiri. Di antara banyak negara, film zombie asal Korea yang dianggap punya ciri khas yang membuatnya jadi pilihan terbaik untuk disaksikan.

Nah buat kamu para penggemar film zombie dan bosan menonton film-film mayat hidup dari barat, sekali-sekali coba deh nonton film zombie dari Korea Selatan. Nah buat kamu yang mungkin tertarik dan pengin menjajal, Popculture.id telah membuat rekomendasi 9 film zombie Korea Selatan terbaik yang seru. Daripada berlama-lama lagi, yuk langsung aja simak selengkapnya di bawah ini!

Doomsday Book

Pertama ada film Doomsday Book. Film ini disutradarai oleh Kim Jee Woon dan Pil-sung Yim. Film ini mengisahkan tentang seorang ilmuwan yang membuang sebuah apel yang telah terkontaminasi ke tempat sampah. Siapa kira, apel tersebut masuk ke tempat makan sapi yang membuat daging hewan tersebut terkontaminasi.

Dari sana, virus zombie akhirnya menyebar dengan cepat. Salah satu alasan kenapa kalian wajib nonton ini karena sutradara film Parasite, Bong Joon-ho berperan dalam film ini. Karena hal itu, Doomsday Book jadi tontonan wajib bagi mereka yang mengaku penggemar berat film Korea modern.

Flu

Selanjutnya ada film Flu. Sebenarnya film ini bukan berkisah tentang zombie, melainkan kondisi Korea yang telah diserang oleh pandemi virus berbahaya. Ya meski nggak ada mayat hidup, ketegangan soal penularan virus tersebut sama kuatnya dengan film-film Zombie pada umumnya.

Flu sendiri disutradarai oleh Kim Sung-su dan dirilis pada tahun 2013. Sebenarnya film ini menceritakan tentang pandemi virus H5N1 yang sempat melanda dataran Asia. Ya mungkin sang sutradara ingin membuat refleksi tersendiri dari film ini.

The Neighbor Zombie

Selanjutnya ada The Neighbor Zombie. Film ini disebut-sebut sabagai film zombie Korea yang cukup menyeramkan dan sangat dihormati oleh para penggemar film zombie di seluruh dunia. Film ini berkisah tentang pandemi global yang melanda dunia.

Berbeda dengan kebanyakan film zombie pada umumnya, The Neighbor Zombie lebih menceritakan tentang upaya orang-orang sipil untuk menyembunyikan dan memberi makan korban yang terinfeksi. Mereka berharap para korban selamat dari Darurat Militer sambil menunggu warga lain mencari vaksin untuk menghentikan penyebaran virus zombie tersebut.

Horror Story

Horror Story adalah film zombie Korea yang paling menakutkan. Sama seperti judulnya, film ini lebih menekankan unsur horor pada film zombienya. Alkisah, seorang narapidana melarikan diri dari penjara dan berakhir pada serangan zombie. Zombie tersebut berasal dari seorang gadis kecil.

Horror Story disutradarai oleh Kok dan Sun Kim. Kedua sutradara ini bisa dikatakan berhasil dalam meracik film zombie yang menakutkan dan seimbang dengan ceritanya yang misterius, menegangkan sekaligus dramatis.

#Alive

Selanjutnya ada film zombie yang terhitung baru berjudul #Alive. Film yang dirilis oleh Netflix ini dirilis pada tanggal 24 Juni 2020. #Alive sendiri berkisah tentang penyebaran virus zombie yang cepat sampai melumpuhkan kota dan mengurung beberapa orang di apartemennya masing-masing.

#Alive mengikuti kisah seorang pemuda bernama Oh Joon-Wo yang diperankan Ah-In Yoo. Ia adalah seorang gamer yang berdiam di rumah sementara zombie menyerang dari berbagai sudut kota. Film ini sangat menyenangkan karena menggambarkan kesendirian, kelaparan dan magisnya harapan di tengah dunia yang hancur.

The Wailing

Kita berlanjut pada film horor thriller berjudul The Wailing yang digarap oleh sutradara Hong-jin Na. Film ini jauh lebih eksploratif daripada film-film zombie Korea lainnya. Ada banyak cara untuk menampilan teror selain memperlihatkan zombie mengejar dan memangsa manusia yang masih hidup.

Film ini seperti gabungan antara film misteri dan film zombie. The Wailing mengisahkan dua orang detekfit yang melacak kejadian supernatural yang terjadi di sebuah dewa. Mereka berusaha memecahkan misteri tersebut. Elemen budaya dan unsur film zombie yang kuat membuat The Wailing sangatlah berbeda dan orisinal.

The Odd Family: Zombie On Sale

Kalau kamu bosan menonton film zombie yang serius, Korea juga punya film komedi zombie. Salah satu yang terbaik adalah The Odd Family: Zombie on Sale. Film ini disutradarai oleh Lee Min-Jae. Zombie On Sale berkisah tentang kehidupan sebuah keluarga kecil yang berubah seketika setelah salah satu anggota keluarga mereka digigit zombie.

Keluarga tersebut kemudian mengetahui asal muasal zombie yang ternyata diciptakan dari eksperimen ilegal oleh perusahaan farmasi. Keluarga Park yang mengetahui hal tersebut bukannya menghancurkan dan mencoba menyelamatkan dunia, mereka justru menggunakan eksperimen tersebut untuk keuntungan mereka sendiri. Wkwk kacau~

Rampant

Kalau kalian menonton serial Kingdom, film Rampant akan cocok kalian tonton. Film ini berkisah tentang serangan zombie berlatar di periode Joseon. Ceritanya berkisah pada seorang pangeran Joeseon yang culik oleh keluarga bangsawan kuat lain.

Singkatnya, film ini berkisah tentang konflik dinasti kerajaan yang diramaikan dengan ancaman zombie yang akan menaklukan wilayah kerajaan tersebut. Kendati begitu, film Rampant sebenarnya kurang sukses. Kendati begitu, film ini menjadi contoh bagi serial Kingdom yang sangat sukses mengeksekusi jenis film zombie yang berlatar kolosal.

Train To Busan

Terakhir dan yang terbaik tentu Train To Busan. Film satu ini memang dikenal sebagai film zombie Korea terbaik sepanjang masa. Kesuksesan film ini bisa kita lihat dari skor film 94% di Rotten Tomatoes dan 72/10 di Metascore.

Film ini sendiri berlanjut pada kisah lain berjudul Peninsula yang dirilis tahun 2020 silam. Sayang, film keduanya tersebut dieksekusi kurang sempurna. Terlepas dari itu, film Train To Busan tetap jadi ikon saat kita membicarakan zombie dari Korea Selatan. Setuju?

Nah itu dia 9 rekomendasi film zombie Korea terbaik versi Popculture.id. Gimana menurut kalian Popins? Apakah kalian tertarik untuk menyaksikan film-film di atas? Atau kalian pernah nonton sebelumnya? Yuk tulis film zombie Korea favorit kalian masing-masing di kolom komentar~

More Stories
Film Thriller Baru “Songbird” Akan Syuting Di Tengah Pandemi Corona
%d blogger menyukai ini: