“Cipta” Superhero Komik Indonesia Karya Rizka yang Jadi Jawara UNICEF

Diam-diam mengejutkan, dalam arti sebenarnya. Inilah yang dilakukan Rizka Raisa Fatimah Ramli, remaja 17 tahun asal Makassar.

Tak diduga tak dinyana, Rizka, panggilan akrabnya, memenangkan kontes komik superhero yang diselenggarakan oleh UNICEF.

Lomba tersebut berlangsung pada Oktober 2018 lalu, diadakan oleh badan kesejahteraan dan pendidikan anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), UNICEF dan Comics Uniting Nations. Di lomba tersebut, anak-anak di seluruh dunia diminta membuat komik dengan fokus cerita karakter protagonis yang mengalahkan tokoh jahat The Silence.

The Silence merupakan penjahat super yang mewakili kekuatan  yang membuat anak-anak tidak berbicara tentang perundung dan kekerasan di sekolah.

Hebatnya, Karakter yang dibuat Rizka, “Cipta”, mampu menyisihkan 3.615 anak dari total 130 negara! Kekuatan ‘Cipta’ adalah memberikan anak-anak sketchbook yang bisa menghidupkan gambar yang dibuat untuk menghentikan kekerasan dan perundungan di sekolah.

Karakter superhero tersebut terinspirasi dari pengalamannya di sekolah, dan dikombinasi dengan berbagai karakter kartun idolanya; di antaranya Velma dari Scooby Doo, Dora The Explorer, serta Chara dan Frisk.

Coba deh simak Rizka saat diwawancarai oleh UNICEF.

Menurut UNICEF, komik Rizka nantinya akan dirilis pada sekitar Juli 2019 dan didistribusikan ke sekolah-sekolah di seluruh dunia. Untuk membuat komik tersebut Rizka akan dibantu tim profesional dan bimbingan dari seniman komik Gabriel Picolo.

 

 

Latest Reviews

More Stories
Dari mana Datangnya Kostum Warna Hijau Brie Larson?
%d blogger menyukai ini:
Lewat ke baris perkakas