10 Film Disney Klasik, Tontonan Favorit Sepanjang Masa

Nama Disney sudah terkenal sebagai bagian dari hiburan keluarga. Berbagai film Disney selalu menjadi tontonan favorit di tiap generasi. Yah, hingga kini di era animasi 3D seperti film Pixar dan dahsyatnya efek visual seperti di film MCU.

Tapi rasanya tidak akan ada semua film itu tanpa beberapa film kartun klasik dari Disney. Film-film ini memberikan citra pada Disney sebagai pendongeng, dengan fairy tale dan tema princess-nya.

Film Rilisan Disney Ada Begitu Banyak

Disney memiliki koleksi film yang terbentang luas dan banyak. Tidak percaya? Pada daftar di situs resmi, Disney sudah meluncurkan 802 film, dari yang pertama di tahun 1937 sampai tahun 2022 (saat artikel ini ditulis).

Disney sendiri merupakan perusahaan besar. Di bawahnya masih bernaung banyak rumah produksi atau studio lain, seperti Disney Animation, Pixar, Marvel Entertainment, dan beberapa lainnya.

ragam film disney

Kemudian, film-film itu juga terbentang dari film kartun, animasi 3D, sampai live action (bukan kartun). Mereka juga meliputi banyak genre. Baik film aksi, drama, komedi, dll.

Film Disney Yang Jadi Film Kartun Klasik

Nah, dari sekian banyak film yang ada di awal perkembangan Disney, ada beberapa yang menjadi tontonan klasik. Kebanyakan memang mengambil dongeng klasik pula. Tapi Disney lah yang mengawali membuat dongeng itu menjadi hiburan yang lucu.

Inilah beberapa film kartun klasik dari Disney tersebut.

1. Snow White and the Seven Dwarfs (1937)

Snow White and the Seven Dwarfs adalah film Disney pertama. Film inilah yang mengawali industri film dongeng, khususnya film princess Disney.

Pada tahun 2016, Disney mengumumkan akan membuat versi live action film ini dengan bintang Rachel Zegler dan Gal Gadot. Proses syuting sudah selesai pada Juli 2022.

BACA JUGA  Rekomendasi 9 Film Zombie Korea Terbaik, Wajib Banget Kamu Tonton!

2. Pinocchio (1940)

Pinocchio merupakan satu film lain yang menjadi pondasi Disney. Lagu “When You Wish Upon a Star” yang ada di film ini kemudian menjadi lagu tema Disney (bisa kamu dengar ketika logo Disney muncul).

Disney sudah membuat remake versi live action film ini. Film Pinocchio yang baru rilis di Disney+ pada tanggal 8 September 2022 dengan Tom Hanks berperan sebagai Gepetto.

3. Fantasia (1940)

Fantasia merupakan sebuah film antologi yang berisikan 8 segmen. Salah satu segmennya, The Sorcerer’s Apprentice merupakan upaya Walt Disney menaikkan kembali Miki yang saat itu menurun kepopulerannya.

Yang menarik, segmen itu kemudian diadaptasi oleh Jery Bruckheimer menjadi satu film sendiri, The Sorcerer’s Apprentice (2010), yang dibintangi Nicholas Cage, Jay Baruchel, Teresa Palmer, dan Monica Belucci.

4. Dumbo (1941)

Sebagai film anak, Dumbo — yang bercerita soal gajah kecil dengan nama asli Jumbo Jr. — cukup kontroversial. Film ini merupakan salah satu feature film animasi Disney yang berdurasi pendek. Ia juga mendapat kritik soal rasisme.

Walau kisah Dumbo ini populer, versi live action yang dibuat oleh Tim Burton pada tahun 2019 tidak meraih kesuksesan.

5. Bambi (1942)

Bambi merupakan sebuah film kartun yang diangkat dari novel berjudul Bambi, A Life in the Woods karya Felix Salten. Film Disney ini berhasil meraih tiga nominasi Oscar.

Pada tahun 2020, Disney mengumumkan kalau akan membuat versi baru Bambi, berupa film animasi CGI. Film ini akan menjadi film ke-3 remake versi CGI, setelah The Jungle Book (2016) dan The Lion King (2019).

6. Cinderella (1950)

Siapa yang tidak kenal Cinderella? Walau Snow White adalah film princess pertama, tapi mungkin Cinderella-lah yang paling dikenal orang. Saat itu film ini memang meraih sukses baik kepopuleran maupun dari segi kritik.

Seperti juga lagu “When You Wish Upon a Star” dari film Pinocchio, kastil Cinderella kemudian diabadikan sebagai logo Walt Disney Pictures. Film ini sudah dibuat versi live action-nya yang dibintangi oleh Lily James pada tahun 2015.

BACA JUGA  5 Film Tom Holland Selain Sebagai Spider-Man di MCU

7. Alice in Wonderland (1951)

Alice in Wonderland, yang diangkat dari buku karangan Lewis Carroll, cukup unik. Disney awalnya mengembangkannya sebagai film orang alias bukan kartun. Namun kemudian rencana berubah dan menjadikannya film kartun.

Lalu, pada saat pertama rilis, film ini dianggap kurang sukses. Namun ketika dirilis ulang pada tahun 1974, film ini mendapat respon lebih baik.

Pada tahun 2010, versi live action Alice in Wonderland arahan Tim Burton dirilis. Namun walau juga merupakan film Disney, versi itu bukan merupakan adaptasi langsung. Ada perubahan cerita dan pendekatan artistik di sana.

8. Peter Pan (1953)

Walau merupakan salah satu film animasi yang populer, Peter Pan buatan Disney ini juga cukup memancing kontroversial. Sama seperti film Dumbo, film ini mendapat kritik soal rasisme, yang berhubungan dengan bangsa asli Amerika.

Versi live action-nya sedang dikembangkan dan akan berjudul Peter Pan and Wendy. Film yang rencananya rilis tahun 2023 di Disney+ ini dibintangi oleh Alexander Molony dan Ever Anderson, juga Jude Law sebagai Kapten Hook.

Oya, Steven Spielberg juga pernah membuat versinya sendiri yang berjudul Hook (1991). Film ini menceritakan Peter Pan yang tumbuh dewasa di luar Neverland.

9. Sleeping Beauty (1959)

Satu lagi film princess Disney yang terkenal. Sleeping Beauty, dengan biaya produksi mencapai $6 juta, menjadi film termahal Disney sampai saat itu. Sayangnya, sama seperti Alice in Wonderland, film ini tidak mencapai kesuksesan yang sepadan saat itu.

Walau begitu, Sleeping Beauty kemudian menjadi sebuah ikon tersendiri, termasuk juga sang villain, Maleficent. Seperti kita ketahui, pada tahun 2014 Disney merilis film Maleficent, dengan Angelina Jolie sebagai tokoh utama dan Elle Fanning sebagai Princess Aurora.

10. Robin Hood (1973)

Robin Hood menjadi film animasi Disney pertama yang meluncur tanpa keterlibatan Walt Disney. Film ini meraih kesuksesan, bahkan mencetak rekor untuk film Disney ketika itu.

Robin Hood juga disebut menjadi inspirasi utama film Zootopia (2016). Pada tahun 2020, Disney mengumumkan kalau akan membuat remake film ini dalam bentuk live action CGI. Nantinya, film ini akan beredar lewat Disney+.

BACA JUGA  Disney Tunjuk Sutradara Barry Jenkins Untuk Sekuel Lion King

Film Klasik Yang Tetap Menghibur

Jajaran film Disney di atas memang sudah terlihat kuno jika kita bandingkan dengan yang ada saat ini. Memang beberapa film di atas pun meluncur ketika Disney menurun kepopulerannya di tahun 1966 – 1984.

Disney kemudian bangkit di tahun 1989. Film animasi Disney era itu‚ seperti The Little Mermaid, Beauty and the Beast, atau Aladdin, kembali mengukuhkannya di industri hiburan.

%d blogger menyukai ini: