Netflix’s ‘The Toys That Made Us’: Mengungkap Sejarah Rahasia Action Figure

Like Totally 80s

“The Toys That Made Us” adalah serial dokumenter 8 bagian yang diproduksi oleh Netflix. Premier-nya sendiri udah tayang Jumat lalu dan sisanya bakal ditayangkan di 2018 nanti. Dokumenter ini bakal membahas asal-usul mainan paling populer dalam sejarah, yaitu: Star Wars, Barbie, G.I. Joe, Lego, Transformers, He-Man, Hello Kitty, dan Star Trek. Pastinya, setiap episode bakal berfokus pada satu mainan.

Volk-Weiss yang juga kolektor fanatic, penggemar sejarah, dan produser documenter ini menceritakan alasannya membuat dokumenter ini. “Masa kecil kita banyak dipengaruhi oleh mainan-mainan itu. Setidaknya kita memainkan 1 dari 8 mainan itu”. Ngga Cuma itu, dia juga baru menyadari kalo informasi tentang asal-usul mainan selain Star Wars, Barbie, dan Lego hanya sedikit. Lebih lanjut, dia juga menjelaskan kalo film dokumenter yang ada, terutama Barbie, lebih banyak membahas aspek budaya daripada mainan itu sendiri. Jadilah, Weiss membuat dokumenter yang benar-benar membahas mainan itu sendiri.

Source: Slash Film

Dalam proses produksinya, Weiss melakukan 309 wawancara, pergi ke 6 negara termasuk Jepang, Denmark, Meksiko dan 19 negara bagian. Weiss mewawancarai Michael Bay untuk Transformers sementara Marc Pever pergi ke Kenner untuk mengerjakan Star Wars.

Salah satu alasan Weiss membuat film dokumenter ini adalah mengangkat lagi mainan-mainan yang mungkin sudah dilupakan, meskipun nantinya bakal memberi efek nostalgia bagi fans. Ini sama seperti yang dia rasakan saat Millennium Falcon muncul di The Force Awakens. Saat itu dia merasakan nostalgia hanya dengan melihat kapal itu dan itu menjadi salah satu momen terbaik yang dia rasakan.

Meskipun belum ada informasi apakah serial dokumenter ini akan berlanjut di season 2 atau tidak, Weiss udah punya kandidat mainan-mainan yang bakal diangkat, antara lain: Teenage Mutant Ninja Turtles, Hot Wheels, Batman / Superman, ThunderCats, Dungeons & Dragons, My Little Pony, M.A.S.K., Power Rangers. Selain itu, Weiss juga berencana bakal membahas asal-usul McDonald’s: Happy Meals, karena dia merasa Happy Meal memiliki peran besar dalam distribusi action figures di Amerika Serikat.

Nah, kamu sendiri, paling suka mainan apa?

 

More Stories
Misteri dan Rahasia yang Terungkap Dalam WandaVision Episode 4
%d bloggers like this: