Ini Sejarah dan Pembaruan 3D Maneuver Gear Pada Attack On Titan

Penonton Attack On Titan pasti sudah nggak asing lagi dengan peralatan umat manusia untuk melawan titan bernama 3D Maneuver Gear. Alat ini telah muncul sejak chapter dan musim pertama manga dan anime Attack On Titan.

Memasuki musim terbaru Attack On Titan, kita akan melihat peralatan dan tampilan seragam baru para tentara Paradis dan Survey Corps. Pertanyaannya, apakah kamu sudah tahu sejarah senjata anti-titan ini? Bagaimana senjata ini dikembangkan? Dari mana bahan-bahan untuk membuat alat yang digunakan para tentara ini? Untuk menjawabnya, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Asal Usul 3D Maneuver Gear

Bagi mereka yang menonton tanpa membaca manga Attack On Titan pasti agak sedikit kebingungan saat membicarakan asal usul senjata anti-titan 3D Maneuver Gear. Senjata ini telah muncul sejak musim pertama Attack On Titan dan menjadi satu-satunya alat untuk memusnahkan para manusia raksasa tersebut.

Buat kamu yang belum tahu, mesin 3D Manuever Gear ditemukan 30 tahun sebelum dinding Maria dijebol oleh Colossal dan Armored Titan. Alat ini temukan oleh seorang pengrajin bernama Angel Aaltonen dan asistennya Corina Ilmari. Pada awal ditemukan, peralatan ini hanya mampu bergerak naik-turun karena dipergunakan untuk menaiki gunung saja. Beberapa tahun kemudian seorang peneliti bernama Xenophon Harkimo mengembangkan alat ini dan membuatnya bisa bergerak secara vertikal dan horizontal seperti yang kita ketahui sekarang.

Bahan dan Tempat Pembuatan 3D Maneuver Gear

Terus, senjata ini terbuat dan dibuat dimana sih? Dikisahkan, 3D Manuever Gear beserta pedang yang merupakan senjata ampuh pembunuh titan dibuat di kota industri yang terletak dalam dinding Rose. Bahan dasar pedang yang digunakan para prajurit sendiri terbuat dari bambu besi yang tumbuh di daerah tersebut.

Bambu besi tersebut dikenal sangat kuat karena secara sempurna menyerap zat besi yang ada dalam tanah. Nggak hanya pedang, hampir keseluruhan peralatan pendukung 3D Maneuver Gear memang terbuat dari bambu ini. Bahkan kabel yang membuat prajurit terbang terbuat dari serat bambu ini. Hal ini yang memungkinkan kabel tersebut menembus kulit titan.

3D Maneuver Gear Adalah Kombinasi Peralatan

Jika dilihat sekilas, peralatan tempur ini adalah satu kesatuan. Padahal 3D Manuever adalah kombinasi dari beragam peralatan pendukung yang membuatnya berfungsi. Satu saja peralatan hilang, maka alat tersebut tumpul dan nggak bisa digunakan bertarung.

Beberapa alat yang mengkombinasi adalah pegangan tangan, kait pengikat, mekanisme tenaga gas, baling-baling kawat besi, penyimpan bilah pedang dan kait penjepit. Perangan tangan dan kait penjepit memungkinkan seseorang untuk bergerak, gas berguna untuk momentum terbang dan pedang digunakan untuk membunuh lawan.

Anti-Personnel Manuevering Equipment

Kita hanya mengenal peralatan tempur tentara untuk melawan titan sebelum akhirnya Kenny Ackerman muncul. Seperti sudah kita tahu, Kenny menggunakan alat yang jauh lebih canggih, mudah dan digunakan untuk membunuh manusia.

Maksudnya, peralatan bernama Anti-Personnel Manuevering Equipment memang dibuat untuk mengayun seperti peralatan tentara, hanya saja lebih praktis dan lebih mudah digunakan. Gas dalam peralatan Anti-Personnel Manuevering Equipment juga diletakan di punggung.

Senjata ini juga yang memungkinkan penggunanya menggunakan pelontar mesiu dan penyimpan peluru di bagian samping paha yang menjadikan peralatan ini sebagai sejata pembunuh manusia paling canggih di pulau Paradis.

Thunder Spears dan Peralatan Baru

Adaptasi adalah kata kunci utama dalam anime Attack On Titan. Para tim pasukan pengintai nggak puas dengan peralatan mereka yang begitu-begitu saja. Mengetahui musuhnya memiliki armor lapis baja dan pengerasan titan, para anggota Survey Corps membuat jenis baru dari senjata mereka bernama Thunder Spears.

Peralatan ini memungkinkan mereka menggunakan batang peledak untuk menghancurkan armor milik Armored Titan. Sistem Thunder Spears ini kemudian kembali dikembangkan dan dikombinasikan dengan perlengkapan terbaru Survey Corps dengan tabung gas di punggung yang akan segera bisa kamu lihat di episode Attack On Titan selanjutnya.

Nah itu dia beberapa sejarah dan pembaruan dari 3D Manuever Gear. Gimana menurut kalian? Keren kan alat pembasmi Titan satu ini?

More Stories
Gara-gara Merchandise, Cerita ‘Solo: A Star Wars Story’ Terungkap!
%d bloggers like this: