Ini Alasan Film Nussa Garapan Angga Sasongko Jadi Obrolan Warganet

Beberapa hari lalu, lini masa sosial media kita dipenuhi oleh diskusi soal film animasi terbaru berjudul Nussa. Pasalnya film garapan Angga Sasongko ini baru saja merilis trailer perdananya. Fakta soal film Nussa dan pro-kontra bertebaran dan mudah kita temukan.

Sebagian orang mungkin sudah nggak asing lagi dengan tokoh Nussa dan cerita soal anak kecil asli Indonesia ini. Tapi bagi sebagian orang, perilisan trailer film cukup membuat kaget dan bangga sekaligus. Banyak orang yang kemudian menantikan penayangan film ini di bioskop. Nah sebelum menonton filmnya nanti, yuk simak dulu beberapa fakta menarik soal film Nussa di bawah ini!

Nussa Adalah Serial Animasi Indonesia yang Tayang Di YouTube

Buat kamu yang belum tahu, Nussa adalah serial animasi asli Indonesia. Animasi ini dikembangkan rumah produksi bernama The Little Giantz yang bekerja sama dengan 4 Stripe Production. Kedua rumah produksi tersebut mempekerjakan staff dan menggunakan fasilitas untuk memenuhi animasi standar internasional. Walhasik, Nussa menjadi gebrakan baru bagi dunia animasi di Indonesia.

Nussa sendiri awalnya tayang di kanal YouTube. Dengan cepat serial ini mendapat perhatian masyarakat dan menjadi tontonan favorit bagi anak-anak Indonesia. Kesuksesan ini membuat Nussa ditayangkan di sejumlah stasiun televisi swasta dan kini ceritanya diadaptasi ke layar lebar oleh Visinema dengan menunjuk Angga Sasongo untuk duduk di kursi sutradara.

Bercerita Soal Drama dan Makna Keluarga

Terus, serial Nussa ini menceritakan apa sih? Seperti umumnya serial animasi yang ditunjukan untuk anak-anak, Nussa sendiri selalu menyelipkan nilai, norma dan pengajaran baik di tiap episode serialnya. Serial ini mengikuti kehidupan seorang anak laki-laki bernama Nussa dan anak perempuan bernama Rara.

Untuk film layar lebarnya, Nussa bercerita tentang konflik anak dengan lingkungan dan keluarga. Diceritakan Nussa adalah anak yang pintar dan berprestasi di bidang sains. Suatu saat ada seorang anak pindahan yang sama-sama pintar di bidang sains dan memiliki peralatan canggih. Merasa kalah, Nussa akhirnya marah pada lingkungan dan ibunya yang mencoba menenangkannya. Secara singkat, film ini mengangkat tema drama keluarga yang menjadi spesialis Angga Sasongko.

Nussa dan Rara Terinspirasi Dari Orang Nyata

Banyak yang belum tahu kalau sebenarnya tokoh Nussa dan Rara diambil dari orang nyata lo. Pembuat animasi ini memang sengaja melakukan riset dan menggunakan model asli demi otentisitas karakter Nussa dan Rara itu sendiri.

Dua model tersebut adalah Aysha Ocean Fajar sebagai Rara dan Muzakki Ramdhan sebagai Nussa. Nggak hanya sebagai model, kedua anak ini juga menjadi pengisi suara yang handal dan lucu lo. Kepiawaian dan uniknya suara mereka berhasil membuat tokoh Nussa dan Rara menjadi otentik dan Indonesia banget!

Menuai Pro Kontra Dari Masyarakat

Perilisan trailer film Nussa kemarin berhasil jadi perbincangan masyarakat di sosial media. Film animasi keluaran Visinema ini berhasil menuai pro dan kontra yang membuat Nussa semakin menarik untuk dinantikan.

Mereka yang kontra dengan film ini menganggap bahwa Nussa adalah serial animasi yang terbilang ‘konservatif’ dan menghilangkan nilai kebhinekaan karena hanya menampilkan karakter dari satu golongan saja. Argumen ini tentu mendapat perlawanan sengit dari banyak orang, terutama dari mereka para pelaku film dan penggemar film Indonesia.

Sementara itu orang yang pro menganggap kalau film animasi Nussa adalah gebrakan baru bagi dunia animasi Indonesia. Dilihat dari trailernya saja, kita sudah bisa tahu bahwa Nussa dibuat dengan serius, animasinya sangat halus dan jalan cerita drama yang cukup memukau. Banyak orang juga yang menjadi optimis kalau Indonesia juga mampu membuat film animasi layaknya studio Pixar.

Ya, terlepas dari persoalan politik yang terus diperdebatkan, karya adalah karya dan Nussa akan membuktikannya dalam waktu dekat. Maju terus karya Indonesia!~

More Stories
Ketika Batman Menjadi “Mimpi Buruk” di Dark Multiverse DC
%d bloggers like this: