Arti Gelar Bangsawan di Webtoon Kerajaan (Baron, Vicount, Duke, dll)

Sering lihat gelar Baron, Viscount, Duke, atau yang lainnya di webtoon kerajaan? Ini nih arti dari setiap gelar bangsawan di webtoon kerajaan.

Pecinta webtoon bertema kerajaan mana nih suaranya? Sebagai pecinta webtoon kerajaan, kamu tentu familiar banget sama beberapa gelar bangsawan kan? Katakanlah seperti Baron, Viscount, Duke, Grand Duke, dll.

Gelar sebanyak itu, kira-kira apa saja artinya? Nah biar kamu nggak kebolak-balik mengartikannya, kali ini saya telah merangkum artis gelar bangsawan yang sering nyempil di webtoon kerajaan (sumber Nobility Title).

Dame

Berbeda dengan gelar lain yang kebanyakan lebih ditujukan untuk kaum pria, Dame adalah gelar kehormatan yang dikasih Raja untuk wanita yang memberikan kontribusi besar kepada kerajaan. Jadi wanita dari kasta apa pun jika mampu memberikan kontribusi besar, ia berpeluang diberi gelar sebagai Dame.

Dame Elise “Doctor Elise”

Sementara itu untuk kedudukannya, Dame sejajar dengan Knight tapi lebih tinggi dari Lady (anak bangsawan). Selain itu, gelar Dame tidak bisa diwariskan karena sifatnya individu.

Baron

Baron/Baroness (gelar untuk istri Baron) adalah gelar bangsawan yang paling rendah. Gelar ini nggak diberikan secara turun-temurun ya.

Baron biasanya adalah pegawai-pegawai di pemerintahan. Mereka diangkat sebagai Baron karena memiliki kontribusi besar, atau setidaknya benar-benar diakui oleh Raja.

Baronet

Sekilas sama dengan Baron, tapi sebenarnya Baronet berbeda dengan Baron. Baronet adalah gelar warisan dari kesatria/knighthood. Istri dari Baronet akan dipanggil sebagai Barotness.

Satu lagi yang unik dari Baronet. Kalau bangsawan lain dipanggil dengan sebutan My Lord, Baronet dipanggil denga sebutan Sir.

Viscount

Viscount adalah julukan untuk kaum pria (biasa anak pertama Marquess diberi gelar ini). Sedangkan istrinya akan dipanggil dengan sebutan Viscountess. Lalu apa arti gelar Viscount?

Viscount Lotteshu “The Second Marriage

Viscount sebenarnya berasal dari kata “Vice Count” yang berarti wakil dari Count. Viscount biasanya tak memiliki wilayah kekuasaan sendiri, dan mereka bekerja di bawah Count untuk mengelola suatu wilayah di County.

Count

Seperti yang saya jelaskan tadi, Count punya kedudukan yang lebih tinggi dari Viscount. Mereka adalah bangsawan yang memimpin sebuah County.

Count Cale “Trash of The Count’s Family”

Syarat mendapat gelar Count sebenarnya cukup beragam. Ada yang mendapat gelar tersebut dari warisan keluarga, tapi ada juga orang yang cuma diberi gelar kehormatan Count tanpa punya wilayah kekuasaan.

BACA JUGA  10 Rekomendasi Manhwa Overpower (MC OP) Yang Harus Kamu Baca

Oya, anak laki-laki tertua dari Duke dan Marquess biasanya juga punya gelar Count. Ini berlaku kalau si ayah masih hidup dan punya gelar lebih dari satu. Tapi kalau ayahnya sudah meninggal, si anak laki-laki tersebut akan mewarisi gelar Duke dan Count. Istri dari Count biasa dipanggil Countess.

Marquess

Mereka adalah bangsawan yang memimpin sebuah “March” (wilayah dekat perbatasan). Makanya jangan heran kalau misalnya karakter Marquess biasanya sering pergi berperang/melindungi perbatasan. Itu juga lah yang membuat kedudukan Marquess lebih tinggi dibanding Count.

Marquess Niccolo “Your Throne”

Gelar yang satu ini sifatnya turun-temurun. Kalau yang mewarisi gelar ini adalah anak perempuan, maka ia akan mendapat gelar Marchioness. Marquess/Marchioness biasanya akan dipanggil dengan sebutan My Lord/My Lady.

Duke

Siapa nih yang sering menemukan karakter Duke di webtoon? Hm pasti banyak ya. Biasanya karakter ini digambarkan sebagai sosok pria superior yang tampan, kharismatik dan juga sangat berkuasa. Tapi sebenarnya apa artinya gelar ini?

Duke Floyen “Father I Don’t Want This Marriage”

Duke adalah bangsawan yang memimpin sebuah Dukedom atau Duchy. Kalau Dukedom/Duchy yang mereka pimpin adalah sebuah wilayah merdeka (tidak berada di bawah negara mana pun), maka pemimpin mereka bakal disebut sebagai Grand Duke (setara dengan Raja, tapi status sosialnya masih di bawah Raja).

Ada fakta unik nih. Khusus di Kerajaan Inggris, gelar Duke nggak bisa diturunkan ke anak perempuan. Tapi di beberapa kasus di mana gelar ini diwariskan ke anak perempuan, maka suami perempuan tersebut bakal dipanggil Lord. Sementara itu, pasangan dari Duke adalah Duchess. Mereka dipanggil dengan sebutan Your Grace.

%d blogger menyukai ini: