Film ‘Buddy Cop’ (Pasangan Polisi) Terbaik Yang Bisa Kamu Tonton

Apa kamu bosan nonton film superhero? Yah, munggkin nggak sih. Tapi kalau kamu ingin mencari tontonan lain yang punya nuansa khas, kamu boleh tonton film buddy cop terbaik ini. Biasanya, selain penuh adegan laga seru, film ini juga hadir dengan bumbu humor dan nuansa persahabatan.

Eh, tapi mungkin ada di antara kamu yang belum paham apa itu film buddy cop. Mari kita mulai dengan mengenali film jenis ini.

Apa itu film ‘buddy cop’?

Film ‘buddy cop’ adalah jenis film yang menampilkan dua rekan/pasangan karakter sebagai tokoh utamanya. Walau seringkali awalnya tidak cocok, kedua tokoh ini kemudian biasanya menjadi sahabat. Tidak jarang, bumbu komedi muncul akibat ketidakcocokan atau masing-masing polisi mengejek karakter rekannya.

Karena (di Amerika) polisi sering berpasangan, maka seringkali peran polisilah yang menjadi tokohnya. Namun, seiring perkembangannya, seringkali karakter pasangan tim ini bukan sekedar polisi saja. Ada pula yang memasangkan satu tokoh dengan profesi tertentu (mirip peran polisi) dengan orang biasa yang “dipaksa” menjadi rekannya.

Saat ini film berjenis ini cukup jarang muncul. Tapi di tahun 1980-an dan 1990-an, film jenis ini sangat populer. Bahkan menghasilkan beberapa film terbaik. Bahkan kebanyakan memiliki sekuel sehingga menjadi waralaba populer.

Film buddy cop terbaik

Nah, sekarang mari kita lihat apa saja film aksi dengan tema “pasangan polisi” ini yang wajib kamu tonton.

Seri Lethal Weapon

Lethal Weapon mungkin adalah film buddy cop paling populer. Film yang menampilkan pasangan tokoh Martin Riggs (Mel Gibson) dan Roger Murtaugh (Danny Glover) ini sudah memiliki 4 film.

Kekuatan film ini tentu saja ada di interaksi tokoh Riggs yang cenderung seenaknya dan tokoh Murtaugh yang lumayan “lurus.” Film keduanya menambah tokoh Leo Getz (Joe Pesci), film ketiga dengan tokoh Lorna Cole (Rene Russo), dan di film ke-4 ada Chris Rock dan Jet Li.

Menariknya, di film Maverick yang bertema koboi, tokoh yang diperankan Mel Gibson bertemu dengan perampok bank yang diperankan Danny Glover (cameo). Keduanya saling menatap seolah kenal. Bahkan, tokoh perampok yang diperankan Danny Glover sempat mengutarakan ucapan khas Murtaugh (“I’m Too Old For This Shit!”) di film ini.

BACA JUGA  Telah Berpulang, Ini 8 Film Terbaik Christopher Plummer

Seri Bad Boys

Film Bad Boys juga sedikit mengikuti resep Lethal Weapon walau latar tokohnya berbeda. Film ini mengkombinasikan tokoh Marcus Burnett (Martin Lawrence), yang agak kikuk, dan Mike Lowry, yang flamboyan dan penuh aksi.

Bedanya dengan Lethal Weapon, kedua pasangan detektif polisi ini sudah bersahabat dan punya lagu tema persahabatan yang jadi judul filmnya (lagu Bad Boys aslinya dibawakan oleh Inner Circle). Persahabatan yang sering mendapat ujian ini menjadi benang merah seri ini.

Seri ini punya 3 film. Bad Boys (1995), Bad Boys 2 (2005), dan Bad Boys for Life (2020). Kabarnya, film ke-4 sedang dalam proses pengembangan.

Die Hard with a Vengeance

Film Die hard pada dasarnya berpusat pada tokoh John McClane (Bruce Willis). Namun pada film ke-3 yang berjudul Die Hard with a Vengeance, hadir tokoh Zeus Carver (Samuel L. Jackson) sebagai rekan tidak resmi McClane, dan membuat film ini bernuansa buddy cop.

Interaksi antara John McClane dan Zeus Carver berjalan dinamis sepanjang film, sebagai akibat dari ancaman si teroris “Simon.” Walau begitu, nuansa pasangan yang seru ini hanya pada satu film saja. Sayangnya, film Die Hard berikutnya mengalami penurunan kualitas.

Seri Man in Black

Yes, seri film Man in Black jelas bukan film polisi dalam arti sebenarnya. Ya, mereka memenag petugas keamanan, tapi untuk hubungan luar angkasa dengan alien. Walau begitu dinamika hubungan agen J (Will Smith) dan K (Tommy Lee Jones) jelas menampilkan nuansa buddy cop klasik.

Resep ‘pasangan polisi’ ini kelihatan dari perbedaan sikap kedua tokohnya, agen J yang ramai, dan agen K yang kaku. Sama seperti film sejenis, interaksi antara keduanya menjadi benang merah film.

Man in Black sudah hadir sebagai trilogi dengan tambahan satu film lagi, Man in Black: International. Tapi film ke-4 itu tidak mencapai status ketiga film sebelumnya.

Seri Rush Hour

Seri film Rush Hour menampilkan kerja sama antara polisi Hong Kong Chief Inspector Lee (Jackie Chan) dan polisi Los Angeles James Carter (Chris Tucker). Berbeda dengan film sejenis yang biasanya punya karakter berlawanan, seri Rush Hour menekankan pada perbedaan latar kultur kedua tokohnya.

BACA JUGA  Rekomendasi 10 Film Terbaik Steven Spielberg, Sajian Dari Salah Satu Sutradara Legendaris Dunia

Rush Hour sukses menggabungkan nuansa buddy cop dengan adegan aksi ala film-film Jackie Chan. Selain banyak adegan akrobatik, seri film ini juga sarat dengan komedi. Salah satu adegan paling terkenal adalah “I’m Yu” dari Rush Hour 3.

Ya, ada 3 film di seri ini, yaitu Rush Hour (1998), Rush Hour 2 (2001), dan Rush Hour 3 (2006). Sejak itu, film ke-4 selalu jadi perbincangan dan kabarnya, naskah sedang dalam proses pengembangan.

‘Buddy cop’ jadi resep film klasik

Film jenis ini sudah menjadi tipikal klasik resep film. Hubungan antar dua tokoh utama film yang kuat atau malah berlawanan memberi nuansa dinamis tersendiri.

Beberapa film lain seperti ini yang juga layak kamu tonton adalah film Taxi (yang buatan Perancis), 2 Guns (Denzel Washington, Mark Wahlberg), The Other Guys (Will Ferrell, Mark Wahlberg), dan Zootopia (buatan Pixar).

Nah, apa kamu suka dengan film jenis ini? Punya favorit sendiri? Yah, kalau kamu belum nonton, selamat menikmati.

%d blogger menyukai ini: