4 Film Horor Barat Tahun 80an yang Seramnya Nggak Lekang oleh Waktu

Tahun 1980-an penuh dengan berbagai film Barat menakutkan. Ini dia beberapa film horor Barat tahun 80an yang seramnya nggak lekang oleh waktu.

Tahun 1970-an adalah era di mana beberapa film horor mulai bermunculan. Film horor Barat terpopuler seperti “The Exorcist (1973)” dan “Halloween (1978)” bisa dibilang sebagai karya menyeramkan terbaik, yang efek menyeramkannya mungkin masih membekas sampai sekarang di benak penggemar.

Kita bergulir ke tahun 1980-an. Ini adalah tahun di mana beberapa waralaba horor besar dimulai. Film horor di periode ini kebanyakan memadukan seramnya cerita horor dengan penjahat mengerikan. Bahkan beberapa penjahat horor yang paling ikonik pun hadir di era ini. Inilah yang membuat kesan menyeramkan film horor tahun 80an masih terasa sampai sekarang.

Nah kalau kamu mau nonton film jadul tapi dengan sensasi menyeramkan yang ‘unik,’ kali ini kami akan merekomendasikan beberapa film horor Barat tahun 80an yang seramnya nggak pernah ngebosenin walaupun ditonton berulang kali.

The Shining (1980)

Ada beberapa teori menarik yang populer di kalangan penggemar soal film “The Shining (1980),” dan film ini akan selalu dikenang berkat penampilkan Jack Nicholson sebagai Jack Torrance, seorang penulis yang menginap di hotel menyeramkan.

film horor barat 80an

Film ini nggak hanya salah satu karya hits di tahun 80an, tapi adaptasi dari buku Stephen King ini juga masih menjadi salah satu film horor yang mendapat banyak komentar positif sampai sekarang.

The Overlook Hotel bukanlah tempat yang ingin dikunjungi oleh siapa pun. Di hotel ini penulis kesayangan kita, Jack Torrance nggak cuma menginap untuk mendapatkan inspirasi. Lebih dari itu, ia bahkan mengalami banyak kejadian mistis dan mengerikan, apalagi saat ia beberapa kali bertemu dengan ‘si kembar’ yang menyeramkan.

Kira-kira bisa kah Jack Torrance menyelesaikan pekerjaannya di hotel tersebut? Atau justru, ia malah mendapat ide baru karena habis mengalami berbagai kejadian mistis? Nah ini yang perlu kamu pastikan sendiri nantinya.

Friday The 13th (1980)

Walaupun kebanyakan penggemar nggak suka remake “Friday The 13th” yang dibuat tahun 2009, tapi nggak bisa dipungkiri kalau film aslinya yang tayang di tahun 1980 adalah salah satu karya horor klasik terbaik. Film ini memperkenalkan Jason Voorhees kepada penggemar film dan bertempat di Camp Crystal Lake yang terkenal.

film horor barat 80an

Cerita tentang pembunuh berantai yang menargetkan anak-anak di perkemahan musim panas adalah ide cerita yang langsung terasa menegangkan.

“Friday The 13th (1980)” menjadi salah satu franchise slasher tertua di dunia perfilaman. Walau sudah dibikin versi remake atau sekuel, tapi mayoritas penggemar tetap lebih suka yang versi pertamanya. Katanya sih efek menegangkan yang dihadirkan film terbitan tahun 1980 lebih menegangkan dari yang versi terbaru.

Poltergeist (1982)

Remake “Poltergeist” yang tayang tahun 2015 dicap sangat membosankan. Bahkan penonton disebut-sebut sampai nggak bisa menangkap kesan magis dari versi remake tersebut. Tapi beda dengan film pertama yang dirilis di tahun 1982. “Poltergeist (1982)” berhasil membuat ‘percikan besar’ di industri film horor, ditambah dengan karakter ikoniknya Carol Anne Freeling (Heather O’Rourke) yang menakutkan.

film horor barat 80an

Carol diceritakan memiliki hubungan yang ‘akrab’ dengan roh-roh di rumah keluarganya. Selain itu, gadis ini juga sangat tertarik dengan layar TV yang ada di rumahnya. Entah apa yang ada di layar tersebut, sampai-sampai Carol nggak pernah bisa melepas pandangan dari sana.

Firestarter (1984)

“Firestarter” adalah film horor yang tayang pada tahun 1984. Karena di tahun 2022 versi remake-nya akan tayang di layar lebar, jadi nggak ada salahnya kalau kami mengajak kamu bernostalgia ke tahun 1984 sambil menunggu versi remake-nya tayang.

film horor barat 80an

Film ini menceritakan tentang Charlie (Barrymore), seorang gadis cilik dengan kekuatan magis super kuat yang mencari buronan pemerintah.

“Firestarter (1984)” mungkin terasa sedikit ketinggalan zaman. Tapi percayalah, cerita klasik yang dibawakan film ini tetap abadi sampai sekarang kok. Artinya walau kamu sudah menontonnya berkali-kali, kamu nggak bakal mudah bosan dan kesan menyeramkannya masih tetap terasa sampai sekarang.

Oke, itu tadi beberapa film horor Barat tahun 80an yang nggak ngebosenin buat ditonton. Kalau kamu mencari film horor dengan cerita klasik, mungkin kamu bisa pertimbangkan salah satu film di atas.

Yuk, lanjut baca
Merenungkan Kembali Bagusnya The Fast and the Furious: Tokyo Drift
%d blogger menyukai ini: