Rekomendasi 10 Film India Terbaik, Penuh Kisah Romance, Epik, dan Humor

Film India Terbaik

India adalah negara dengan berbagai bahasa, sub-kultur, dan tradisi. Tetapi, mereka tetap disatukan dengan kecintaan pada film. Bollywood, industri film India berbahasa Hindi, adalah industri yang paling produktif di dunia, menghasilkan lebih dari 1000 film India tiap tahunnya (Dua kali lebih banyak ketimbang Hollywood).

Apa sebenarnya yang membuat film Bollywood dianggap epik dan unik? Beberapa penggemar menganggap kalau beberapa film India mengikuti format yang sama: Romansa berbunga-bunga, musik yang menggelegar, aktor super tampan, dan plot twist yang gampang ditebak.

Tetapi, ada juga yang beranggapan kalau rahasia pembuatan film India jauh lebih simpel. Pembuat film hanya fokus membuat film yang menyenangkan dari awal sampai akhir.

Pada kesempatan ini, kami akan mencoba merangkum rekomendasi film India terbaik untuk bisa kamu tonton di waktu luang. Tak peduli apakah kamu penggemar romance , tragedi, atau humor, dunia perfilman ini punya segalanya.

Rekomendasi Film India Terbaik

1. Sholay

Sholay

Film yang dibintangi aktor paling ikonik Bollywood sepanjang masa, Amitabh Bachchan. Film yang menyerupai format film western ala Hollywood ini menceritakan seorang polisi yang mempekerjakan dua penjahat, Veeru (Dharmendra) dan Jai (Bachchan).

Polisi ini terdesak karena keluarganya terbunuh oleh bandit yang mengancam desanya. Karena itu, dia tak berpikir panjang menggunakan penjahat untuk melawan penjahat.

Sholay memiliki segala elemen klasik film India, action epik dan kacau, bromance, humor, lagu-lagu yang memorable, plot twist demi plot twist, jangan lupa juga tarian ensemble dan berkilau.

JudulSholay
Tahun Rilis1975
GenreAction, Thriller, Western
SutradaraRamesh Sippy
CastDharmendra, Amitabh Bachchan, Amjad Khan
IMDB Score8.1

2. Lagaan: Once Upon a Time in India

Lagaan: Once Upon a Time in India

Ber-setting di abad ke-19, Lagaan menceritakan sebuah desa yang terserang kekeringan akut mencoba bersatu di tengah krisis. Mereka bersenang-senang dengan bermain cricket, dan mencoba melawan penguasa imperial yang kejam.

BACA JUGA  11 Film Natal Terbaik Dari Berbagai Genre, Dari Animasi Sampai Romantis

Melalui perpaduan olahraga cricket dan kolonialisme, semua orang beranggapan kalau script dan cerita Lagaan terlalu konyol. Tetapi, Aamir Khan yang menjadi pemeran utama mampu mencuri perhatian dengan kharismanya dan mampu membuat Lagaan merajai Box Office India.

Lagaan mempelopori era baru perfilman India, dengan tema alternatif dan penceritaan yang variatif. Lagaan juga menjadi film India mainstream terakhir yang dinominasikan pada Oscar untuk kategori Best Foreign Language Film

JudulLagaan: Once Upon a Time in India
Tahun Rilis2001
GenreAdventure, Drama, Sport, Historical
SutradaraAshutosh Gowariker
CastAamir Khan, Gracy Singh
IMDB Score8.1

3. Bandit Queen

Bandit Queen

Film yang disutradarai sutradara Shekhar Kapur ini menceritakan kehidupan Phoolan Devi, seorang penjahat yang menjadi politisi. Devi adalah bandit yang dipenjara akibat tindakan balas dendamnya pada orang-orang yang menganiayanya sewaktu kecil.

Devi nantinya menjadi politisi, mencoba merubah keadaan wilayah tempatnya berasal, Uttar Pradesh yang tak memaafkan untuk ditinggali bagi wanita.

Bandit Queen merupakan gambaran tentang bagaimana menakutkannya kehidupan sebagai wanita di lingkungan penuh kejahatan, membuat kita menyaksikan horor tersebut, dan akibatnya.

Tetapi banyak yang mengkritik Bandit Queen. Salah satunya adalah novelis Arundhati Roy, yang mengkritik kalau sutradara Shekhar Kapur hanya membuat simpel perjuangan Devi dengan menjadikan alasan utamanya untuk balas dendam karena pernah mengalami kekerasan seksual sewaktu kecil.

JudulBandit Queen
Tahun Rilis1994
GenreDrama
SutradaraShekhar Kapur
CastSeema Biswas
IMDB Score7.5

4. Dil Chahta Hai

Dil Chahta Hai

Cerita coming of age drama tentang tiga sahabat yang tumbuh bersama. Ketika mereka masing-masing jatuh cinta, mereka harus menghadapi berbagai dilema dalam mewujudkan cinta mereka dan ketegangan yang lahir di antara mereka.

Film ini bisa dibilang seperti Stand By Me bertemu dengan Love Actually, tetapi tanpa mayat atau aura film Natal. Tetapi, film ini tetap memacu aura persahabatan yang kental.

JudulDil Chahta Hai
Tahun Rilis2001
GenreDrama, Comedy, Romance
SutradaraFarhan Akhtar
CastAamir Khan, Saif Ali Khan, Akhsaye Khanna
IMDB Score8.1

5. Black

Black

Black bisa dibilang salah satu film paling ambisius sepanjang sejarah film India, menceritakan tentang kehidupan seorang wanita tuna rungu bernama Michelle (Mukerji) dan berbagai perjuangan dalam hidupnya.

BACA JUGA  5 Film Terbaik Makoto Shinkai Yang Wajib Tonton

Perjuangan Michelle dalam menempuh pendidikannya terinspirasi dari kisah nyata Helen Keller. Seperti kebanyakan film karya sutradara Sanjay Leela Bhansali, Black terkesan memunculkan perasaan tak mengenakkan pada audiens.

Kenyataan gelap yang ditampilkan mampu memanipulasi penonton sedemikian rupa. Tetapi, dunia yang ditunjukkan film ini memang terlihat fantastis. Film ini juga memperlihatkan tokoh utama dan heroine yang kuat, yang masih jarang di dunia perfilman India.

Black memang layak disebut sebagai salah satu film India terbaik.

JudulBlack
Tahun Rilis2005
GenreDrama, Comedy, Romance
SutradaraSanjay Leela Bhansali
CastRani Mukerji, Amitabh Bachchan
IMDB Score8.1

6. Devdas

Devdas

Devdas masih termasuk dalam direktori karya sutradara Sanjay Leela Bhansali.

Terkesan wah tetapi masih penuh dengan penjiwaan. Devdas adalah film adaptasi novel karya Sarat Chandra yang dijadikan pertunjukan theater super intrik oleh sutradara Sanjay Leela Bhansali, yang menampilkan scene lebih organik dan berani di film ini.

Menceritakan Devdas (Khan) dan Paro (Rai), dua kekasih sejak kecil, tetapi karena perbedaan status orang tua mereka, terpaksa berpisah. Devdas yang jatuh dalam depresi kemudian mabuk-mabukan, dan tak sengaja bertemu dengan gadis penari Chandramukhi (Dixit).

Chandramukhi jatuh cinta pada Devdas yang hatinya hancur. Tetapi di hati Devdas hanya ada Paro, alkohol, dan kematian.

JudulDevdas
Tahun Rilis2002
GenreDrama, Romance
SutradaraSanjay Leela Bhansali
CastShah Rukh Khan, Aishwarya Rai, Madhuri Dixit, Jackie Shroff
IMDB Score7.5

7. Kal Ho Naa Ho

Kal Ho Naa Ho

Masih merupakan film yang dibintangi megabintang Bollywood, Shah Rukh Khan. Kal Ho Naa Ho bisa dibilang sebagai film India yang mengadaptasi sumber dari luar India, yakni film Ikiru karya sutradara Akira Kurosawa.

Menceritakan Naina, seorang introvert yang selalu merasa depresi sepanjang hidupnya. Tetapi, hari-harinya berubah setelah bertemu dengan Aman. Tetapi, Aman memiliki rahasianya tersendiri. Dia didiagnosa dengan penyakit jantung mematikan.

Sementara itu, Rohit, sahabat dekat Naina, yang terpaksa menyembunyikan cintanya pada Naina, memutuskan untuk bergerak.

JudulKal Ho Naa Ho
Tahun Rilis2003
GenreDrama, Romance, Musical, Comedy
SutradaraNikkhil Advani
CastShah Rukh Khan, Saif Ali Khan, Preity Zinta
IMDB Score7.9

8. Dhoom

Dhoom

Dhoom bisa disebut sebagai franchise film India terbaik di era modern. Menceritakan seorang penjahat stylish yang berupaya kabur dari duet buddy-cop konyol namun menghibur Dixit (Bachchan) sang polisi dan Ali (Chopra), pencopet yang dia mintai bantuan.

BACA JUGA  Rekomendasi 5 Film Horor Indonesia yang Tayang Tahun 2020

Sampai artikel ini ditulis, sudah ada tiga film bagian dari Dhoom franchise. Di film pertamanya tahun 2004, penjahat utamanya adalah Kabir (Abraham), seorang kepala gang motor. Film ini sangat kental dengan aksi stunt yang heboh ala The Fast and The Furious.

JudulDhoom
Tahun Rilis2004
GenreAction, Comedy
SutradaraSanjay Gadhvi
CastAbhishek Bachchan, Uday Chopra, John Abraham
IMDB Score6.6

9. Ramayana: The Legend of Prince Rama

Ramayana: The Legend of Prince Rama

Ramayana: The Legend of Prince Rama adalah film India yang merupakan produksi bersama antara India dan Jepang. Disutradarai oleh tiga sutradara:  Koichi Sasaki, Yugo Sako dan Ram Mohan.

Pada awal penayangannya, film ini mampu memenuhi venue Mumbai International Film Festival for Documentary, Short, and Animation Films.

Film ini menceritakan salah satu epik agama Hindu Ramayana, yang menceritakan pangeran Rama dalam memerangi raja jahat Ravana.

JudulRamayana: The Legend of Prince Rama
Tahun Rilis1993
GenreAnimation, Adventure, Comedy
Sutradara Koichi Sasaki, Yugo Sako dan Ram Mohan
CastBryan Cranston, Arun Govil, Nikhil Kapoor
IMDB Score9.2

10. 3 Idiots

3 Idiots

Pantas rasanya menutup daftar rekomendasi film India terbaik ini dengan film yang menjadi fenomena tahun 2009 silam, 3 Idiots.

3 Idiots membahas tentang berbagai suka dan duka dari tiga mahasiswa teknik di universitas top India (Meski film ini di shooting di Bangalore). Sepanjang cerita, film coming of age comedy ini membahas lebih dalam tentang berbagai tradisi buruk di dunia pendidikan India.

Berbagai tekanan untuk mendapatkan nilai bagus, banyaknya kasus bunuh diri mahasiswa, dan tensi tinggi antara ambisi siswa dan orang tua. 3 Idiots adalah film hit yang sukses di India dan dunia, dan memantapkan nama aktor Aamir Khan sebagai simbol entertainment dan pesan mendalam.

Judul3 Idiots
Tahun Rilis2009
Genre Comedy, Drama, Family
Sutradara Rajkumar Hirani
CastAamir Khan, Madhavan, Sharman Joshi, Kareena Kapoor
IMDB Score9.2

Mana Film Favoritmu?

Demikian daftar rekomendasi film India terbaik dari kami. Mana film favoritmu? Film India mana yang sudah kamu tonton? Tuliskan komentar di bawah ya.

%d blogger menyukai ini: