Rekomendasi 10 Film Biografi Tokoh Terkenal Yang Wajib Tonton

Salah satu tema yang sering menjadi bahan cerita di film adalah kisah hidup tokoh terkenal. Oleh karena itu, kali ini kami membahas beberapa film biografi atau biopic yang layak kamu tonton.

Sebelum masuk lebih jauh, ada baiknya kita pastikan dulu definisi film itu di sini. Film biopic berbeda dengan dokumenter. Karena film jenis ini lazimnya merupakan adaptasi dengan penambahan bumbu dramatisasi di beberapa bagian cerita.

Jadi memang isi cerita di dalam film belum tentu merupakan fakta. Bisa saja terjadi perbedaan dengan kondisi sebenarnya. Namun secara umum, cerita memang berdasar kisah nyata.

Film Biografi Favorit

Sudah ada banyak film biografi beredar. Mungkin karena berhubungan dengan tokoh atau profesinya, film seperti ini bisa sangat subyektif. Bukan masalah, karena pilihan kami di sini pun subyektif. Oya, daftar ini kami susun berdasar abjad, bukan berdasar rating atau ranking.

42 (2013)

Jackie Robinson mungkin bukan tokoh yang terkenal secara internasional. Tapi ia adalah atlit kulit hitam pertama yang bermain di Major League Baseball (MLB) di Amerika. Mengesampingkan masalah itu, 42 adalah film yang menceritakan dengan baik bagaimana Jackie Robinson (diperankan oleh Chadwick Boseman) mulai masuk dan akhirnya diterima di liga tersebut.

SutradaraBrian Helgeland
PemeranChadwick Boseman, Harrison Ford, Nicole Beharie, Lucas Black

A Beautiful Mind (2001)

Film ini menceritakan ahli matematika asal Amerika, John Nash, yang mengidap paranoid schizophrenia. A Beautiful Mind memiliki kisah yang misterius dan dramatis. Russel Crowe pun memainkan tokoh John Nash dengan baik.

SutradaraRon Howard
PemeranRussell Crowe, Ed Harris, Jennifer Connelly, Christopher Plummer

Braveheart (1995)

Mel Gibson mungkin akhir-akhir ini dikenal sebagai sosok kontroversial. Namun ia jelas seorang sutradara dan aktor yang jempolan. Braveheart, yang menceritakan kisah pejuang Skotlandia William Wallace, merupakan salah satu buktinya. Walau ceritanya lebih cenderung ke fiksi (William Wallace hidup di akhir abad 13), film ini sangat epik dan seru ditonton.

SutradaraMel Gibson
PemeranMel Gibson, Sophie Marceau, Catherine McCormack, Angus Macfadyen

Darkest Hour (2017)

Darkest Hour menceritakan soal bagaimana Winston Churcill naik menjadi perdana menteri Inggris dan langsung menghadapi Perang Dunia 2. Gary Oldman berhasil meraih piala Oscar untuk Aktor Terbaik di film ini. Yang tidak kalah menarik, kita bisa melihat kejadian Dunkirk dari sisi yang berbeda. Kalau Christopher Nolan membuat Dunkirk dari sisi medan tempur, film ini menyajikan konflik dari sisi politisi.

SutradaraJoe Wright
PemeranGary Oldman, Lily James, Kristin Scott Thomas, Ben Mendehlsohn

First Man (2018)

Kalau kamu ingin melihat bagaimana perjalanan Neil Armstrong menjadi orang pertama yang menapakkan kakinya di bulan, ini film yang cocok. First Man menceritakan proses terpilihnya Neil Armstrong, yang diperankan oleh Ryan Gosling, sebagai awak Apollo 11 sampai selesainya misi tersebut.

SutradaraDamien Chazelle
PemeranRyan Gosling, Claire Foy, Jason Clarke, Kyle Chandler

Ford v Ferrari (2019)

Film ini cocok untuk kamu yang suka tema balap mobil. Ford v Ferrari bercerita soal bagaimana Carrol Shelby (Matt Damon) dan Ken Miles (Christian Bale) membangun mobil Ford GT40 dan berusaha mengalahkan dominasi Ferrari di ajang Le Mans 24 jam di tahun 1966. Mengawali kisah dengan relatif lambat, adegan balapan di film ini boleh dibilang dramatis.

SutradaraJames Mangold
PemeranChristian Bale, Matt Damon, Jon Bernthal, Caitriona Balfe

The Imitation Game (2014)

Film The Imitation Game bercerita tentang ahli matematika, Alan Turing, yang menjadi pemecah kode sandi pesan pihak Jerman di Perang Dunia 2. Judul film ini berasal dari tes karya Turing yang mempertanyakan apakah mesin bisa berpikir. Film ini berhasil menggambarkan proses pemecahan sandi dengan menarik sekaligus menceritakan kisah Alan Turing yang tragis.

SutradaraMorten Tyldum
PemeranBenedict Cumberbatch, Keira Knightley, Matthew Goode, Allen Leech

Rush (2013)

Persaingan keras antara dua pembalap James Hunt dan Niki Lauda menjadi titik fokus film ini. Rush mengisahkan persaingan itu mulai sejak pertemuan keduanya, sampai James Hunt menjadi juara dunia, termasuk tragedi Nürburgring yang dialami Niki Lauda. Kalau kamu suka balap Formula 1, film ini jangan sampai kamu lewatkan. Rush termasuk salah satu film olah raga terbaik yang ada.

SutradaraRon Howard
PemeranChris Hemsworth, Daniel Brühl, Olivia Wilde, Alexandria Maria Lara

Schindler’s List (1993)

Oskar Schindler adalah seorang industriawan asal Jerman yang menyelamatkan banyak orang Yahudi di Perang Dunia 2. Film Schindler’s List mengisahkan bagaimana sang industriawan melakukan hal itu dengan mempertaruhkan banyak hal. Film ini sering dianggap sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa.

SutradaraSteven Spielberg
PemeranLiam Neeson, Ben Kingsley, Ralph Fiennes, Embeth Davidtz

The Two Popes (2019)

The Two Popes menceritakan soal bagaimana persahabatan antara dua Paus, Paus Benediktus XVI dan Paus Fransiskus, terbentuk. Berawal dari pemilihan Paus setelah meninggalnya Paus Yohanes Paulus II, film ini menceritakan perbedaan karakter antara kedua Kardinal, sampai bagaimana keduanya menjadi Paus. The Two Popes merupakan adu akting menarik antara Anthony Hopkins dan Jonathan Pryce.

SutradaraFernando Meirelles
PemeranAnthony Hopkins, Jonathan Pryce, Juan Minujin Luis Gnecco
More Stories
Daftar Film dan Serial Yang Akan Tayang Bulan Mei 2020 Di Netflix
%d blogger menyukai ini: