Rekomendasi 10 Film Misteri Terbaik, Bikin Tegang Menduga Sampai Akhir

Film Misteri Terbaik

Ada banyak alasan seseorang menonton film. Ada yang ingin menyaksikan indahnya animasi, serunya action, mendebarkannya film thriller, lucunya film komedi, dan ada juga yang ingin menyaksikan romansa indah di film-film romance. Selain itu, berbagai film misteri terbaik pun banyak dicari.

Tak sedikit juga yang mendedikasikan waktunya untuk menyelami dunia film misteri, menelusuri berbagai situasi yang asing dan menuntut jawaban dari audiens. Cerita seperti ini mengincar keinginan dasar manusia untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang disediakan.

Hal ini membuat audiens tergugah, penasaran dengan apa yang akan terjadi berikutnya. Sebagai penonton, kita terhibur ketika menyaksikan thriller kejahatan yang sulit diprediksi. Terlebih lagi apabila film misteri tersebut mampu mengeratkan kita di kursi sampai akhir film.

Berikut kami rangkum rekomendasi film misteri, yang bisa membuatmu terus-terusan bermain puzzle di dalam kepala sepanjang menonton film.

Rekomendasi Film Misteri Terbaik

1. Knives Out

Knives Out

Bisa disebut sebagai film misteri terbaru jika dibandingkan dengan yang lain di daftar ini genre ini dirilis. Tetapi, Knives Out tidak mengecewakan.

Sutradara Rian Johnson, yang sempat dibombardir fans Star Wars akibat The Last Jedi, kini muncul dengan ciri khas yang membuatnya dikenal. Membalikkan ekspektasi penonton.

Knives Out menyajikan konsep film misteri terbaik “whodunit” yang terasa fresh dan sulit ditemukan di era modern sekarang. Film ini berlangsung tegang, tetapi ada sisipan komedi yang bercampur baik dengan misteri yang ada.

Deretan cast yang menggiurkan bisa menjadi alasan penonton untuk mengecek film ini : Daniel Craig, Chris Evans, Ana de Armas, Jamie Lee Curtis, dan Michael Shannon.

Jangan lupa tonton juga sekuel film ini, Glass Onion: A Knives Out Mistery yang rilis tahun 2022.

JudulKnives Out
Tahun Rilis2019
SutradaraRian Johnson
PemeranDaniel Craig, Chris Evans, Ana de Armas
IMDB Rating7.9

2. Memento

Memento

Salah satu film keren karya sutradara Christopher Nolan. Memento adalah salah satu karya awalnya, tetapi sudah terlihat ciri khas dan keunikan film karya sutradara legendaris ini.

BACA JUGA  6 Film Komedi Indonesia Garapan Stand Up Komedian. Udah Nonton?

Memento mungkin terlihat agak membingungkan karena penceritaannya yang maju-mundur. Tetapi, semua itu ada maksudnya.

Menceritakan Leonard (Guy Pearce) yang memiliki kondisi kehilangan short term memory dalam memburu pembunuh istrinya. Film ini diceritakan dari sudut pandang Leonard, membuat cerita yang berjalan maju dan mundur.

Bagaimana Nolan mampu menggabungkan berbagai plot cerita menjadikan satu kesimpulan yang memuaskan, membuat film ini pantas disebut sebagai salah satu film misteri terbaik.

JudulMemento
Tahun Rilis2000
SutradaraChristopher Nolan
PemeranGuy Pearce, Carrie Anne-Moss, Joe Pantoliano
IMDB Rating8.4

3. The Girl with Dragon Tattoo

The Girl with Dragon Tattoo

Ketika menjelajah untuk mencari film misteri terbaik, mungkin akan merasa bosan melihat nama satu sutradara yang terus muncul. Tetapi, sudah terbukti kalau David Fincher adalah sutradara top yang menguasai genre ini.

The Girl with The Dragon Tattoo menceritakan kisah misteri detektif yang terasa gelap, brilian, sadis, sekaligus disturbing. Mengisahkan jurnalis bernama Mikael Blomkvist (Daniel Craig) yang disewa oleh untuk pengusaha kaya untuk mencari pembunuh keponakannya 40 tahun yang lalu.

Menyadari kalau kemampuannya tidak cukup untuk menangani kasus ini, Blomkvist mendapat bantuan dari hacker anti-sosial bernama Lisbeth Salander (Rooney Mara).

JudulThe Girl with Dragon Tattoo
Tahun Rilis2011
SutradaraDavid Fincher
PemeranDaniel Craig, Rooney Mara, Christopher Plummer
IMDB Rating7.8

4. Blade Runner

Blade Runner

Bisa dibilang sebagai salah satu film misteri terbaik sekaligus film sci-fi pelopor yang mengubah bagaimana film genre ini ke depannya. Terlihat kelam, gelap, kota penuh neon dan masa depan yang terlihat menyesakkan dan klaustropobik.

Menceritakan seorang inspektur Deckard (Harrison Ford) yang harus memburu para replicant — android yang menyerupai manusia — sebelum para replicant itu lepas kontrol dan menyerang manusia.

Film yang memicu berbagai perasaan seperti tegang dan klaustropobik ini menekankan sebauh pertanyaan yang sudah lama kita abaikan. Apa yang membuat manusia disebut manusia? Apakah tubuh mereka? Apakah pikiran mereka? Kalau mesin tumbuh dan memilii emosi, apakah mereka juga bisa disebut manusia?

Satu hal yang pasti, Blade Runner menyajikan dunia yang imersif untuk membuat audiens merefleksikan berbagai filosofi dan keadaan manusia secara keseluruhan.

BACA JUGA  10 Film Horor Terbaik Sepanjang Masa, Terseram & Wajib Nonton!

Tema yang disajikan membuat Blade Runner juga bisa disebut sebagai salah satu film sci-fi terbaik sepanjang masa.

JudulBlade Runner
Tahun Rilis1982
SutradaraRidley Scott
PemeranHarrison Ford, Rutger Hauer, Sean Young
Rating IMDB8.1/10

5. The Batman

The Batman

The Batman bisa dikatakan sebagai jawaban dari pertanyaan “Siapa bilang film superhero hanya berisikan pertunjukan aksi wah dengan tampilan komputer grafis canggih tanpa disertai cerita yang penuh misteri? “

Salah satu sebutan Batman adalah detektif terbaik di dunia. Tetapi, hal ini jarang dieksplor di layar lebar, terlebih di versi live action. Tetapi menariknya, film animasi Batman justru sering menampilkan sisi ini.

Paling tidak sampai film The Batman hadir.

Menceritakan awal Batman sebagai vigilante di Gotham. Bruce Wayne (Robert Pattinson) harus memburu seorang pembunuh berantai yang mengincar pimpinan kota Gotham.

Setiap pecahan misteri membuat Batman menemukan gambaran keseluruhan kasus bersamaan dengan penonton, dan cara sutradara Matt Reeves menampilkannya tak banyak dipuji.

Kita melihat betapa kompleks dan dalam misteri ini, dan meski ditopang otak brilian, Batman tak selalu bisa selangkah di depan pembunuh ini.

JudulThe Batman
Tahun Rilis2022
SutradaraMatt Reeves
PemeranRobert Pattinson, Zoe Kravits, Jeffrey Wright
Rating IMDB7.8

6. The Silence of the Lambs

The Silence of the Lambs

Film klasik, dan banyak yang menganggap film ini sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa. The Silence of the Lambs adalah film yang tak bisa dilupakan.

Film ini juga dikenang karena memperlihatkan salah satu karakter ikonik dunia perfilman, Hannibal Lecter (Anthony Hopkins). Di film ini, Lecter diwawancarai dan ditanyai oleh seorang petugas FBI muda bernama Clarice Starling (Jodie Foster).

Jodie mencoba mempelajari dari Lecter tentang perilaku dan apa yang membuat seseorang menjadi pembunuh untuk menangkap seorang pembunuh berantai baru bernama Buffalo Bill (Ted Levine).

Film ini terkenal dengan kesan creepy layaknya ada serangga yang merayap di leher saat menonton. Tetapi, film ini pantas disebut sebagai salah satu film misteri terbaik.

JudulThe Silence of the Lambs
Tahun Rilis1991
SutradaraJonathan Demme
PemeranJodie Foster, Anthony Hopkins, Ted Levine
IMDB Rating8.6

7. Se7en

Se7en

Tak lengkap rasanya membuat list rekomendasi film misteri terbaik tanpa menyertakan masterpiece karya sutradara David Fincher, Se7en.

Se7en menceritakan detektif Mills (Brad Pitt) dan Somerset (Morgan Freeman) dalam memburu seorang pembunuh berantai yang menggunakan tujuh dosa besar sebagai tema kejahatannya.

BACA JUGA  10 Film Tentang Presiden Amerika Terbaik. Dari Lincoln Sampai Obama

Memunculkan kesan kelam sekaligus berani, David Fincher menyajikan cerita thriller detektif yang tidak menahan diri dalam kebrutalannya dan terus menaikkan tensi.

Siapa yang tidak tergetar melihat adegan klimaks di akhir film, yang juga menunjukkan si pembunuh John Doe (Kevin Spacey memerankannya tanpa ditulis di credit title).

JudulSe7en
Tahun Rilis1995
SutradaraDavid Fincher
PemeranBrad Pitt, Morgan Freeman, Kevin Spacey
IMDB Rating8.6

8. Arrival

Arrival

Film yang dibuat dengan budget yang bisa dibilang tak besar. Sutradara Denis Villeneuve menggunakan gaya intelektual ala Kubrick dan cerita dari hati ke hati ala Steven Spielberg untuk menghasilkan film yang tak banyak menyajikan aksi ini.

Menceritakan tentang dunia yang kedatangan sekelompok mahluk terestrial. Seorang ahli bahasa harus mengetahui bagaimana cara berkomunikasi dengan alien tersebut dan mengetahui apa tujuan mereka datang ke Bumi.

Meski tidak bertabur aksi, Arrival menonjolkan beberapa subtlety seperti emosi dan ekspresi wajah karakternya. Film ini menekankan tema pentingnya komunikasi, dan pentingnya menerima apa yang sudah terjadi di dunia ini. Karena itu Villeneuve begitu menekankan akting para aktornya untuk menunjukkan tema ini.

Karena pada akhirnya, seabsurd apapun kejadian yang terjadi di dunia, pada akhirnya kita harus menerimanya dan mencoba melanjutkan hidup.

JudulArrival
Tahun Rilis2016
Bintang FilmAmy Adams, Jeremy Renner, Forest Whitaker
GenreDrama, Mystery, Science Fiction
Rating IMDB7.9/10

9. Minority Report

Minority Report

Bagi penggemar anime Psycho Pass, maka Minority Report bisa dikatakan sebagai sumber inspirasi utama anime science-fiction tersebut.

Minority Report menceritakan tentang masa depan tahun 2054 di mana kepolisian menggunakan teknologi psychic untuk meramal dan mencegah tindak kejahatan sebelum terjadi.

Tom Cruise berperan sebagai inspektur John Anderton, anggota polisi yang terpaksa melarikan diri karena muncul prediksi kalau dia akan membunuh seseorang yang tidak dia kenal dalam 36 jam ke depan.

Memanfaatkan teknologi visual effect yang patut diacungi jempol dan musik thrilling dari John Williams, Minority Report patut ditempatkan di list salah satu film sci-fi terbaik.

JudulMinority Report
Tahun Rilis2002
Bintang FilmTom Cruise, Colin Farrell, Samantha Morton
GenreAction, Thriller, Science Fiction, Mystery
Rating IMDB7.7/10

10. Get Out

Get Out

Entri terakhir di daftar rekomendasi film misteri terbaik dari kami ini adalah film yang dirilis tahun 2017, Get Out.

Film ini merupakan debut direktorial dari sutradara Jordan Peele. Meski demikian, Peele berhasil menunjukkan jalan cerita yang menggugah pikiran, misteri yang membuat bulu kuduk bergidik, termasuk menyinggung diskriminasi ras kulit hitam di Amerika Serikat.

Menceritakan tentang seorang fotografer bernama Chris Washington (Daniel Kaluuya) yang pergi mengunjungi rumah keluarga kekasihnya yang berkulit putih. Sesampainya di sana, Chris terlibat dalam sebuah konspirasi gelap yang menyandera pikiran bahkan kesadarannya.

JudulGet Out
Tahun Rilis2017
Bintang FilmDaniel Kaluuya, Allison Williams, Bradley Whitford
GenreHorror, Mystery, Thriller
Rating IMDB7.7/10

Mana Film Misteri Favoritmu?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, menonton film misteri seperti menyusun puzzle. Petunjuk yang awalnya diberikan di awal film, yang sebelumnya dianggap sepele, bisa jadi merupakan sebuah penentu identitas asli misteri tersebut.

Film-film misteri adalah tipe film yang tak mengandalkan aliran adrenalin seperti action, tetapi tetap membuat audiens terjaga sampai akhir.

Mana film misteri terbaik favoritmu?

%d blogger menyukai ini: