4 Film Sci-Fi Jepang Underrated dengan Alur Cerita Memukau

film sci-fi jepang underrated

Beberapa film sci-fi Jepang ini underrated banget, padahal alur ceritanya bagus. Mungkin kamu bisa pertimbangkan beberapa film ini buat jadi tontonan.

Jepang mungkin lebih terkenal dengan konten-konten animenya. Sedangkan film-film sci-fi yang booming biasanya dari Amerika Serikat.

Padahal sebenarnya ada beberapa film Jepang bergenre sci-fi yang patut dipertimbangkan dari segi alur ceritanya lho. Sayangnya beberapa film sci-fi Jepang malah underrated alias kurang diminati baik masyarakatnya sendiri, atau dari penggemar luar negeri.

Kali ini saya akan rekomendasikan beberapa film sci-fi Jepang yang underrated tapi alur ceritanya keren. Jadi buatmu penggemar genre sci-fi, kamu mungkin bisa coba nonton film-film ini untuk mengisi waktu luang.

Exploded City

Gerakan cyberpunk mungkin berasal dari Amerika, dan paling dominan terlihat dalam karya penulis seperti Philip K. Dick dan Bruce Bethke.

Namun cyberpunk Jepang juga tidak kalah hebat, dan telah menjadi integral dari subgenre. “Exploded City” adalah film karya sutradara Sogo Ishii, dan bisa dibilang film ini adalah ‘nenek moyang’ dari gerakan cyberpunk di Jepang.

Sebenarnya kalau dari segi alur cerita, plot film ini tidak terlalu kompleks. Pasalnya ada banyak aksi dan drama yang bergantung pada selingan musik, interaksi karakter, dan komentar pada sistem kelas di alam semesta fiksi film.

Namun yang jelas di sini digambarkan penduduk sedang memberontah terhadap pembangunan PLTN di  di Tokyo. Mereka balapan mobil, berpesta, dan berkelahi dengan iringan musik The Rockers dan The Stalin.

Di sisi lain, film ini juga menceritakan seorang anak kecil yang bisu dan teman kerasnya mengendarai sepeda di sekitar kota. Mereka memburu orang yang membunuh saudara laki-laki si bisu itu.

Beyond Infinity Two Minutes

Film ini menceritakan tentang kisah pemilik kafe yang menemukan bahwa komputernya mewakili 2 menit di masa depan. Ia juga menemukan bahwa televisinya mewakili 2 menit adegan dari masa lalu.

Setelah mengetahui itu, ia dan teman-temannya sengaja memposisikan televisi dan komputer agar saling berhadapan. Saat berdiri di antara televisi dan komputer, mereka akan bisa melihat sekilas kejadian yang akan datang.

Turner

“Turner” menceritakan seorang pembunuh yang mengenakan mantel kulit dan kacamata hitam. Ia harus membantu seorang prajurit muda dari masa depan untuk menghentikan invasi alien.

Kata-kata yang bisa menggambarkan “Turner” adalah penuh kekacauan, kekerasan dan tak terkendali. Pokoknya saat melihat film ini, pikiran penonton akan diajak ‘mutar-mutar’ menyelami alur cerita sambil menikmati kekacauan yang ada. Walau bisa bikin pusing, tapi justru di situlah nilai estetikanya berada.

Before We Vanish

Invasi alien adalah salah satu cerita fiksi ilmiah paling klasik. Kiyoshi Kurosawa, salah satu visioner horor Jepang terkemuka, membuat eksplorasi unik tentang pengalaman manusia lewat sudut pandang alien.

Film ini akan mengikuti tiga pengintai alien yang mengambil alih tubuh orang-orang. Para alien melakukan hal tersebut karena mereka ingin merasakan kehidupan sebagai manusia melalui infiltrasi. Dengan mengambil alih tubuh manusia, para alien ingin mengambil pemahaman konsep soal metafisik sseperti kebebasan dan cinta.

Nah itu tadi beberapa film sci-fi Jepang underrated yang layak kamu pertimbangkan. Walaupun mereka nggak terlalu terkenal, tapi alur cerita yang mereka sajikan lumayan bagus kok. Cocok lah buat penggila genre sci-fi yang kehabisan bahan tontonan. Hehehe…

Yuk, lanjut baca
Tayang 11 Juni 2021, Berikut 5 Fakta yang Perlu Diketahui Soal Serial Loki
%d blogger menyukai ini: