Rekomendasi Film Seri Dokumenter Soal Musik Yang Asik

Melihat kisah di balik proses kreativitas atau kesuksesan musisi bisa memberi hiburan tersendiri. Asiknya, kini kita bisa menonton berbagai film seri dokumenter musik itu lewat layanan streaming.

Beberapa orang suka menonton tayangan seperti ini hanya karena suka cerita biografi. Ada pula yang karena ngefans dengan musisi atau band bersangkutan. Sebagian lain, ingin tahu apa yang terjadi dan bagaimana perjalanan itu terjadi.

Lagipula, jika kamu suka nonton dan suka mendengar musik, tontonan seperti ini memenuhi keduanya. Ya kan?

Nah, inilah beberapa film seri dokumenter soal musik rekomendasi kami. Yah, mungkin bukan yang terbaik, tapi bagi kami layak untuk kamu tonton.

The Beatles: Get Back

the beatles get back documentary

Mini seri “The Beatles: Get Back” menyajikan perjalanan proses kreatif band legendaris ini ketika menggarap album “Let It Be” di tahun 1969.

Berdasar materi rekaman yang aslinya merupakan bahan film dokumenter karya Michael Lindsay-Hogg, Peter Jackson menerapkan teknik restorasi yang sebelumnya ia pakai di film dokumenter “The Shall Not Grows Old.”

Mungkin tayangan ini bukan untuk semua orang — jujur, karena bisa membosankan — tapi kalau kamu fans The Beatles, mini seri ini wajib kamu lihat.

Tonton di: Disney+


The Defiant Ones

Kisah “The Defiant Ones” bukanlah soal musik itu sendiri. Mini seri ini mengikuti perjalanan dua tokoh musik dari latar belakang berbeda — Dr. Dre dan Jimmy Iovine — yang kemudian bekerja sama dalam bisnis musik.

Dari produser musik hip hop dan operator mixer pemula, mereka berdua melalui berbagai kejadian sampai perusahaan headphone milik mereka, Beats, dibeli oleh Apple.

Kalau kamu suka melihat film biografi, fans Dr. Dre (atau penyuka hip hop), juga suka melihat sisi bisnis dunia musik, mini seri “The Defiant Ones” wajib kamu tonton.

Tonton di: Netflix


K-Pop Evolution

“K-Pop Evolution” — seperti namanya — menelusuri kebangkitannya menjadi fenomena global. Berbagai artis, seperti SuperM, H.O.T., BoA, Super Junior, Kara, Ha:tfelt of Wonder Girls, Kang Daniel, Sandara Park of 2NE1, Red Velvet, EXO, NCT, (G)I-dle, Everglow dan Pentagon muncul di sini.

Mini seri yang termasuk dalam YouTube Originals ini hadir dalam 7 episode. Tentunya kalau kamu pecinta K-Pop dan belum nonton serial ini, ya… gimana ya…

Tonton di: YouTube


Song Exploder: How Music Gets Made

“Song Exploder” awalnya adalah sebuah seri podcast musik buatan Hrishikesh Hirway. Kemudian serial TV berdasar podcast itu dibuat dan tayang di Netflix mulai 4 Oktober 2020.

Tiap episodenya membahas bagaimana si musisi melakukan eksplorasi dalam membuat lagu tertentu. Tiap season “Song Exploder” menghadirkan 4 episode.

Tonton di: Netflix


Watch the Sound with Mark Ronson

Mark Ronson adalah seorang musisi, penulis lagu, dan juga produser. Di serial “Watch the Sound with Mark Ronson,” ia mengeksplorasi proses kreatif penciptaan suara dan teknologi revolusioner yang ikut membentuk musik.

Kalau kamu suka hal teknis — termasuk teknologi — dalam dunia musik, serial ini cocok untukmu.

Tonton di: Apple TV+


Soundbreaking

“Soundbreaking: Stories from the Cutting Edge of Recorded Music” merupakan mini seri dengan 8 episode yang mengeksplorasi sisi artistik rekaman suara dan produksi musik. Seri ini juga menghadirkan lebih dari 150 wawancara musisi terkenal dunia.

Sayangnya, mini seri “Soundbreaking: Stories from the Cutting Edge of Recorded Music” tidak tersedia di layanan streaming (harus sewa atau beli).


Yuk, lanjut baca
Review Anime Tower of God: Sajian Cerita Padat dan Efektif
%d blogger menyukai ini: