Sumbangsih Lagu Glenn Fredly Untuk Film Indonesia

Kabar duka menyelimuti industri hiburan tanah air. Penyanyi sekaligus penulis lagu Glenn Fredly meninggal dunia pada Rabu 8 April 2020 karena penyakit meningitis. Nggak hanya di industri musik, Glenn Fredly juga berkontribusi lagu untuk industri film Indonesia.

Selain aktif di dunia hiburan, pria yang akrab disapa Bung ini juga dikenal sebagai seorang aktivis kemanusiaan. Ia dikenal sebagai musisi yang berpengaruh di tanah air, termasuk di dunia perfilman nasional.

Lagu Glenn Fredly ada di banyak film Indonesia. Antara lain lagunya berjudul Akhir Cerita Cinta yang jadi soundtrack film Cinta Silver. Nggak hanya itu, Glenn bahkan sampai membuat satu album khusus untuk sebagai pengiring film ini. Lagu-lagu di album ini diambil dari album Selamat Pagi, Dunia! antara lain Kisah Romantis dan My Everything.

Lalu Glenn Fredly yang mengisi film Indonesia lain adalah Undercover, lagu hasil kolaborasinya dengan Tiara Eve dan Liquid Silva untuk film Jakarta Undercover. Film yang diadaptasi dari sebuah novel berjudul sama.

Selanjutnya ia juga mengisi lagu dalam film Rectoverso. Di film ini Glenn mereinterpretasi ulang lagunya yang berjudul Malaikat Juga Tahu yang diciptakan Dewi Lestari. Film ini juga merupakan adaptasi dari kumpulan cerita pendek karya Dewi Lestari.

Nggak hanya mengisi untuk soundtrack film. Glenn juga memproduseri sebuah film berjudul Cahaya Dari Timur: Beta Maluku. Dalam film ini Glenn menyumbang lagu berjudul Tinggikan dan beberapa lagu lain mendukung suasana dalam filmnya ini. Bisa dibilang Cahaya Dari Timur: Beta Maluku adalah sumbangsih Glenn untuk tanah kelahirannya Maluku dan dunia persepakbolaan Indonesia.

Film drama Indonesia keren Surat Dari Praha juga diproduseri oleh Glenn. Film yang menceritakan kisah seorang eksil ini dibintangi oleh Tio Pakusadewo dan Julie Estelle. Dalam film ini Glenn menyumbang lagu berjudul Nyali Terakhir dan Sabda Rindu. Oiya, Film ini juga bisa kamu tonton di Netflix loh..

Glenn juga pernah memenangkan penghargaan Piala Maya pada tahun 2020 untuk soundtrack terbaik. Kala itu ia menggunakan lagu Kembali Ke Awal dari Albumnya Romansa Ke Depan untuk mengisi soundrack film berjudul Twivortaire.

Terima kasih Glenn untuk sumbangsih karya-karyamu untuk dunia film dan dunia musik. Karyamu akan selalu dikenang oleh masyarakat Indonesia. Semoga Bung tenang di sana. Amin~

%d blogger menyukai ini: