Ini Latar Sejarah Di Game Assassin’s Creed!

assassins creed

Saat saya duduk di tahun pertama sekolah menengah, saya bersama kawan-kawan lain nonton bareng E3, event tahunan developer game seluruh dunia via live streaming di youtube. Saya ingat betul tahun 2013  Ubisoft mengumumkan di hadapan ribuan gamers bahwa mereka merilis game berjudul Assassin’s Creed III dengan tema besar tentang sejarah kemerdekaan Amerika.

Gameplay Assasin’s Creed tidak berubah dan itu adalah kelemahan. Namun kelemahan tersebut tertutup oleh kelebihan tema yang diangkat; sejarah. Ya, Ubisoft dengan cerdas dan apik dapat mengemas sejarah yang rumit menjadi padat dan menyenangkan untuk disimak.

Berikut ini, Popculture.id merangkum beberapa latar sejarah yang ada dalam serial Game Assassin’s Creed;

Sejarah dan Peristiwa Dalam Assassin’s Creed

Assassin’s Creed I.

Assasin Creed pertama bercerita tentang seorang Assasin bernama Altair Ibn La-Ahhad. Dalam series pertama ini latar yang digunakan adalah masa perang salib ketiga yang dimana dalam sejarah aslinya adalah awal kemunculan kelompok pengikut Hassan Ib’n Sabbah yang disebut Hasyasyin, kelompok pembunuh bayaran pada zaman tersebut. Dalam series ini pula digambarkan metode pembunuhan ala Hasyasyin yang menggunakan racun dan hidden blade.

Assassin’s Creed II.

Dalam serial kedua ini kisah Assasin yang diangkat adalah seorang bangsawan Florence bernama Ezio Auditore. Latar yang diangkat adalah zaman kegelapan dimana gereja menjadi otoritas tertinggi melebihi kerajaan. Dalam serial ini juga kita mendapat cerita tentang aktivitas kesenian Leonardo da Vinci yang membantu Ezio membalaskan dendam keluarganya.

Assassin’s Creed Brotherhood.

Masih bercerita tentang Ezio dan zaman kegelapan, dalam Assasin’s Creed Brotherhood Ezio mencoba menghancurkan tatanan mapan gereja katolik di Roma yang kala itu dikuasai Rodrigo Borgia, tokoh terkenal yang menjalankan praktek mengerikan zaman kegelapan. Disini Ezio membentuk organisasi rahasia bernama Brotherhood.

Assassin’s Creed Revelations.

Setelah berhasil menjadi Master of Assasins, Ezio mencoba untuk memenuhi tugas utamanya sebagai Assasin; mencari kebenaran akan kepercayaanya. Hal ini membawanya pada petualangan menuju Masyaf di zaman kekaisaran Ottoman. Disana Ezio mencoba menggali memori, sejarah dan keyakinan yang dia pegang teguh selama berpuluh-puluh tahun.

Assassin’s Creed III.

Dalam cerita Assasin’s Creed ini, kita menyimak cerita seorang Assasin berdarah Indian bernama Ratonhaketon. Latar yang disuguhkan dalam serial ini bercerita seputar pembantaian etnis Indian serta Revolusi Amerika. Bahkan Rotonhaketon dikisahkan membantu berbagai perang  Pasukan Patriot yang dipimpin oleh George Washington saat itu.

Assassin’s Creed IV : Blackflag.

Peperangan dan kapal laut seakan menjadi daya tarik utama pada series sebelumnya yang membuat Ubisoft menggabungkan kedua unsur tersebut. Berlatar pada abad ke 18 saat masa keemasan bajak laut, Edward Kenway seorang Assasin dari lautan Karibia mencoba memecahkan konspirasi yang dilakukan gereja melalui ordo Templar dalam memanipulasi imperium Inggris, Spanyol dan Prancis.

Assassin’s Creed Rogue.

Pemburu paus sempat menjadi profesi paling menguntungkan disaat belum ditemukannya minyak bumi. Semua orang berbondong-bondong berlayar ke timur laut Amerika Utara dan Atlantik Utara. Cerita tentang Shay Patrick Cormac, seorang Assasin yang berkhianat mencoba bergabung pada salah satu pihak yang berselisih dalam Perang Tujuh Tahun antara kekuatan-kekuatan besar di dunia kala itu yang dipicu oleh persaingan antara Britania Raya, Prancis, Spanyol, Prussia dan Kekaisaran Romawi Suci serta Austria.

Assassin’s Creed Unity.

Masyarakat Perancis dikenal sebagai masyarakat yang “tidak bisa diam”. Karena pengaruh dan perkembangan yang pesat pada bidang filsafat dan politik membuat Perancis dilanda Revolusi. Assasin bernama Arno Dorian yang dibantu oleh  kawan-kawannya ada dimalam Revolusi Prancis tahun 1789 yang menggulingkan tatanan feodalisme, aristokrasi dan monarki mutlak menjadi tatanan radikal sayap kiri. Prinsip-prinsip baru digaungkan; kebebasan, persamaan dan persaudaraan.

Assassin’s Creed Syndicate.

Setelah ditemukannya mesin uap, dunia bergerak dalam putaran revolusi industri. Tepatnya di Inggris, saat kondisi perdamaian, kemakmuran dan kejayaan Britania dikancah internasional di era pemerintahan Ratu Victoria yang menindas kelas pekerja dalam cengkraman kapitalisme, sepasang saudara kembar Assasin bernama Jacob dan Evie Fyre berpetualang menelusuri gang-gang gelap, bergabung dengan sindikat kriminal, sastrawan dan kaum intelektual di London untuk melawan pengaruh kapitalisme yang dibekingi Templar. Dalam Assasin’s Creed Syndicate beberapa tokoh sejarah muncul, seperti Karl Marx, Alexander Graham Bell, Charles Darwin dan Charles Dickens.

Assassin’s Creed Origins.

Musuh kaum Assasins adalah Templar yang mempengarhui seluruh dunia dengan sistem politik dan mencoba menguasai seluruh wilayah di dunia. Namun tidak banyak diceritakan bagaimana konflik antara Assasin’s dan Templar bisa terjadi. Berlatar di Kerjaan Ptolemaik, Mesir setelah penaklukan Alexander Agung, seorang Medjay bernama Bayek yang berjuang untuk melindungi masyarakatnya, menciptakan Ordo rahasia Assasin. Assasin’s Creed Origin kemudian menyajikan kajian baru tentang asal muasal konflik antara kaum Assasin dan Templar.

Nah itu lah beberapa Latar Sejarah yang dirangkum oleh Popculture.id. Tertarik untuk memainkan game Assassin’s Creed lagi?

Latest Reviews

More Stories
Jason Momoa Sang Aquaman “Diam-Diam Menikah”
%d blogger menyukai ini:
Lewat ke baris perkakas