Tak Ada Lagi Suster Seksi Jennie di Videoklip “Lovesick Girls” BLACKPINK

Serikat Pekerja Medis Korea Selatan melakukan protes dan kritik terhadap video klip lagu Lovesick Girls karya girlband asal Korea Selatan BLACKPINK. Dalam protes tersebut Serikat Pekerja Medis mengatakan bahwa pakaian yang digunakan Jennie membuat stereotip seksual yang khas.

Mulai hari ini kamu nggak akan bisa melihat Jennie menggunakan pakaian perawat dalam videoklip Lovesick Girls BLACKPINK. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh YG Entertaiment selaku agensi yang menaungi BLACKPINK pada Rabu, 7 Oktober 2020.

Insiden ini bukan hal yang pertama menimpa BLACKPINK. Sebelum kasus video klip Lovesick Girl, BLACKPINK juga sempat mendapat kritik dari kaum Hindu karena mereka menggunakan patung Dewa Ganesha sebagai penyangga duduk para personil.

Setelah mendapat protes dari Serikat Pekerja Medis Korea Selatan, YG Entertaiment kini telah menghapus adegan Jennie dalam video klip tersebut. Buat kamu yang belum sempat melihat, dalam video tersebut terlihat Jennie mengenakan seragam medis yang seksi. Dengan gaun ketat dan pendek serta topi berlambang hati yang dilengkapi sepatu hak tinggi.

Dalam sebuah pernyataan, Serikat Pekerja Medis Korea Selatan mengatakan bahwa kostum yang dikenakan Jennie dalam video klip benar-benar berbeda dengan seragam perawat yang sebenarnya.

Mereka menganggap bahwa kostum tersebut meniru sebuah stereotif seksual khas yang memanfaatkan kostum sebagai pemuas hasrat. Kita biasa mengenalnya sebagai roleplay sex. Atas alasan tersebut Serikat pekerja sangat menentang hal berbau seksual yang menempel lewat kostum perawat.

Sebelum mengedit video, YG menanggapi kritik tersebut. Mereka berkata bahwa kostum yang digunakan sebenarnya adalah bentuk ekspresi seni yang independen. Mereka nggak berniat sama sekali menyinggung satu pihak. Mereka hanya ingin membawa ekspresi musik yang telah mereka ciptakan.

Namu sehari setelahnya mereka mengambil langkah yang bijak. YG memutuskan untuk mengedit dan meminta maaf pada para pekerja medis. Dalam rilis tersebut YG beharap bahwa masalah kostum dapat diselesaikan.

Mereka juga menyadari bahwa mereka bertanggung jawab. YG juga mengangap masalah ini sebagai pelajaran mendalam. Sekali lagi mereka mengatakan bahwa nggak memiliki niat apapun selain berkarya.

Terakhir, YG dan BLACKPINK meminta maaf pada seluruh perawat dan semua petugas kesehatan yang telah bekerja keras demi kesehatan masyarakat. Apalagi di tengah kondisi krisis akibat virus corona hari ini.

Lovesick Girls adalah salah satu lagu dari album debut BLACKPINK telah mengumpulkan 129 juta penonton sampai artikel ini ditulis.

banner cybersport

Latest Reviews

More Stories
Rekor, BTS Jadi Grup Korea Pertama Masuk Nominasi Grammy Awards!
%d blogger menyukai ini: