5 Rekomendasi Manhua Gratis Terbaik di BiliBili Comics Buat Pemula!

BiliBili adalah salah satu platform baca manhua terbesar di dunia. Kamu bisa temukan beberapa rekomendasi manhua gratis terbaik di BiliBili di sini.

Manhua (komik China) kian dikenal banyak orang. Orang yang dulunya nggak bisa membedakan antara manhua, manhwa dan manga pun sekarang sudah mulai mengenal jati diri manhua yang sebenarnya.

Walaupun popularitas manhua telah meningkat, tapi nggak bisa dipungkiri kalau sampai sekarang masih cukup sulit untuk menemukan terjemahan manhua yang bisa dibaca oleh penggemar internasional. Kebanyakan manhua dengan cerita berkualitas hanya tersedia dalam bahasa Mandarin. Kalaupun ada yang terjemahan bahasa Inggris/Indonesia, menurut saya kualitasnya masih ‘kurang memuaskan.’

Tapi kamu nggak perlu khawatir. Kalau kamu adalah penikmat manhua pemula dan sedang cari yang gratisan, saya punya beberapa rekomendasi yang bagus buat kamu. Beberapa manhua yang akan saya rekomendasikan kali ini bisa kamu baca di BiliBili Comics (ada di aplikasi dan web) secara gratis.

Yah walaupun mayoritas komik di BiliBili Comics bergenre Boys Love (BL), tapi ada juga genre lain yang mungkin bisa menarik minatmu. Dan yang paling penting, beberapa manhua ini bisa kamu baca dalam bahasa Inggris secara gratis.

Heaven Official’s Blessing

Kalau ada rekomendasi manhua terbaik, “Heaven Official’s Blessing” jelas wajib masuk dalam daftar. Tak hanya berhasil masuk dalam jajaran manhua BL terbaik, “Heaven Official’s Blessing” juga mampu menarik banyak minat dari penggemar manhua bergenre non-BL.

manhua bilibili gratis terbaik

Manhua yang diadaptasi dari novel Mo Xiang Tong Xiu ini mengikuti kisah dewa yang dua kali diasingkan, Xie Lian. Ia pernah mencoba naik ke surga sebanyak 3x, tapi hasilnya selalu gagal dan bahkan di percobaan terakhir ia malah menghancurkan gedung milik salah satu dewa. Membuatnya harus mengumpulkan banyak uang untuk melunasi hutang.

Demi melunasi hutang, Xie Lian memutuskan turun ke Bumi dan membangun kuilnya sendiri. Xie Lian berharap kuilnya bisa ramai pengunjung sehingga ia bisa cepat-cepat membayar hutang. Siapa sangka petualangannya di Bumi justru mempertemukan dia dengan Raja Hantu super kuat yang diam-diam menyukainya sejak lama.

Walau kebanyakan manhua BL menyelipkan adegan erotis di dalamnya, tapi menurut saya “Heaven Official’s Blessing” boleh dibilang masuk dalam kategori aman. Malah manhua ini bakal sering menampilkan sisi emosional yang mengoyak hati lho.

Global Examination

Ketemu lagi sama manhua BL. “Global Examination” menceritakan tentang sebuah ujian mematikan, di mana peserta ujian dipaksa untuk menjawab pertanyaan dengan benar agar bisa bertahan hidup. Kalau memutuskan meninggalkan ujian, mereka akan hancur. Kalau melanggar aturan mereka akan dihukum. Sedangkan kalau salah menjawab, mereka akan mati.

manhua bilibili gratis terbaik

Subjek setiap ujian tampaknya acak dan lebih fokus pada pemecahan teka-teki, dan peserta ujian yang berhasil selamat akan dijadikan penguji. Mereka nantinya bakal menguji peserta ujian gelombang berikutnya. Walau terkesan berkuasa, tapi penguji punya satu pantangan. Mereka nggak boleh menjalin hubungan dengan peserta ujian.

Nah kamu nanti bakal ketemu sama peserta ujian bernama You Huo. Dia adalah peserta ujian yang diawasi langsung oleh penguji peringkat tertinggi, Qin Jiu. Awalnya mereka berdua memang nggak pernah akur, apalagi You Huo selalu sengaja melanggar aturan. Tapi lambat laun hubungan romantis justru terjalin di antara mereka berdua.

Baili Jin Among Mortals

Buatmu yang mungkin suka sama manhua Girls Love (GL), mungkin “Baii Jin Among Mortals” bisa jadi pilihan. Manhua ini menceritakan Baili Jin, si peri bunga yang nggak sengaja menjatuhkan piring kaca ratunya yang berisi daging babi surgawi. Setelah insiden itu, Baili Jin dibuang ke Bumi dan malah bertemu dengan seorang manager kafe bernama Lin Muxi.

Nggak bisa dipungkiri, Baili Jin mengalami banyak kesulitan di Bumi. Apalagi ia harus mencoba terbiasa dengan kehidupan manusia, sekaligus menemukan cara agar bisa kembali ke surga. Tapi perlahan semua kesulitan itu sirna setelah Baili Jin mulai menemukan kebahagiaan bersama Lin Muxi.

Touch Your World

Manhua BL ini menampilkan seorang pria yang melihat berbagai hal dalam warna hitam dan putih. Xie Cheng awalnya merasa biasa-biasa saja dengan kemampuannya itu. Tapi setelah seorang pria muda menabraknya, dunianya tiba-tiba berubah warna dan membuatnya nggak bisa move on dari cowok itu.

manhua bilibili gratis terbaik

Cowok yang menabraknya itu bernama Bai Lu. Dia adalah seorang desainer grafis yang dituduh melakukan plagiarisme. Hal tersebut membuatnya trauma berat. Bai Lu pun hidup sebagai seorang paranoid alias mudah curiga dengan semua orang di sekitarnya, ya semua orang kecuali Xie Cheng.

Awal kebersamaan mereka berawal saat asisten Xie Cheng izin cuti selama dua minggu. Mau nggak mau Xie Cheng harus cari asisten pengganti. Bai Lu dengan sukarela mau membantunya. Selain untuk mendapat bayaran, Bai Lu juga punya maksud tersembunyi yakni agar bisa melihat dunia berwarna lewat Xie Cheng.

Zombie World

Nah kalau suka manhua bergenre menegangkan, “Zombie World” dijamin bakal cocok untukmu. Manhua ini menyajikan cerita apokaliptik zombie yang ceritanya telah diformat dengan close-up, serta digambarkan lewat panel individu yang akan membuat pengalaman membacamu jauh lebih mendalam.

manhua bilibili gratis terbaik

Ceritanya sendiri bakal mengikuti sebuah keluarga yang terdiri dari 3 orang. Mereka bertiga harus berjuang bertahan hidup dalam karantina zombie yang tak berkesudahan. Mereka tinggal di sebuah apartemen yang dipasangi jeruji besi. Jadi bukannya terlihat seperti apartemen, hunian mereka malah terasa seperti sel penjara.

Sebuah virus aneh telah membuat sebagian besar populasi di kota mereka menjadi zombie. Kota mereka akhirnya dikunci dan hal tersebut membuat pasokan makanan serta air cepat habis. Lalu, bisa kah mereka bertahan hidup dalam situasi genting seperti itu?

More Stories
C-Drama “The Golden Hairpin” Dibikin Drakor – Park Hyung Sik Jadi Pemeran Utama
%d blogger menyukai ini: