Banner Vivobook Go 14
Banner Vivobook Go 14
Banner Vivobook Go 14

Rubah Nasib! Inilah Manhwa Bertema Reinkarnasi Terbaik (Bukan Isekai)

Salah satu tema yang akhir-akhir ini cukup populer di komik Korea alias manhwa adalah reinkarnasi atau time travel (pindah waktu). Nah, di sini kami rekomendasikan beberapa manhwa tentang reinkarnasi terbaik.

Eits, tunggu dulu. Reinkarnasi di sini bukan jenis isekai.

Yang kami sebut di sini adalah manhwa dengan tokoh utama yang meninggal (karena satu dan lain hal) lalu lahir kembali atau pindah ke masa yang lebih awal di hidupnya. Dengan begitu ia mendapat kesempatan kedua.

Walau mirip, tema ini berbeda dengan lahir kembali di dunia lain atau yang punya unsur gamification dengan pola game RPG. Yang menjadi inti di sebagian besar kisah ini adalah bagaimana sang tokoh utama bisa memperbaiki kesalahannya terdahulu.

Rekomendasi Manhwa Tentang Reinkarnasi Terbaik


1. Again My Life

again my life manhwa

Penuntut berdarah panas, Kim Hee Woo, dibunuh dan ditenggelamkan di laut karena ia memburu tiran yang mengontrol Korea. Namun Kim Hee Woo kembali ke masa ketika ia masih berusia 18 tahun. Ia pun bersiap untuk memburu sang tiran, Jo Tae Seop, dengan rencana lebih matang.

JudulAgain My Life
Judul Alternatifμ–΄κ²ŒμΈ 마이 라이프,
Penulis / Ilustrator이해날 / μ„ μš©λ―Ό
GenreAksi, Drama
PenerbitKAKAO Page

2. God of Blackfield

God of Blackfield

Kang Chan, seorang tentara bayaran yang dikenal dengan julukan “God of Blackfield” dikhianati. Ia menyaksikan anggota timnya mati satu persatu sebelum menutup mata. Tapi ia kemudian lahir kembali di tubuh seorang pemuda yang juga bernama Kang Chan. Kini waktunya membalas dendam.

JudulGod of Blackfield
Judul Alternatifκ°“ 였브 λΈ”λž™ν•„λ“œ
Penulis / IlustratorUn / Shin Insung
GenreAksi, Drama, Sekolah
PenerbitKAKAO Page

3. Judge Lee Han Young

Judge Lee Han Young

Manhwa ini mirip dengan Again My Life. Hakim Lee Han Young memasukkan konglomerat yang berkuasa di Korea ke penjara. Sebagai hasilnya, ia pun dibunuh. Sang hakim mendapat kesempatan kedua ketika ia kembali ke masa saat ia lebih muda.

JudulJudge Lee Han Young
Judul AlternatifνŒμ‚¬ μ΄ν•œμ˜
Penulis / IlustratorLee Haenal, Moon Sung-Ho / Jeon Doldol
GenreDrama
PenerbitNAVER Webtoon

4. Real Man

Real Man

Han Yoo Hyun berhasil menjadi CEO perusahaan besar Hansung di Korea (tau kan plesetan dari apa)?. Namun ia mengorbankan banyak hal untuk mencapai ambisinya itu. Penyesalan itu membawanya ke sebuah bar misterius, tempat “si bartender” mengembalikan Yoo Hyun ke masa ia lebih muda untuk memulai karirnya kembali.

BACA JUGA  Rekomendasi 3 Webtoon Genre Apokaliptik dengan Elemen Game Terbaik
JudulReal Man
Judul Alternatifμƒλ‚¨μž
Penulis / IlustratorDogado / Dogado
GenreAksi, Drama
PenerbitNAVER, Webtoons (Indonesia)

5. Second Life of a Gangster

Second Life of a Gangster

Oh Joong Seok adalah seorang preman yang memberikan apa pun demi keberhasilannya. Namun ketika mau menyingkirkan pesaingnya, ia dikhianati. Ketika hampir menemui ajal, ia bertemu dengan malaikat yang memberinya kesempatan kedua, dengan kembali ke masa SMA.

JudulSecond Life of a Gangster
Judul Alternatifμ°©ν•˜κ²Œ μ‚΄μž μ‹œμ¦Œ
Penulis / Ilustrator사열 , 였기수 / μ˜ˆλž‘
GenreAksi, Drama, Kriminal
PenerbitNAVER

6. Volcanic Age

manhwa volcanic age

Joo Seo Cheon adalah seorang tetua dari partai Hwa San yang mencapai hari tua dengan berbagai penyesalan. Saat maut hendak menjemput, ia justru kembali ke masa muda untuk memulai kembali kehidupannya dengan lebih baik.

JudulVolcanic Age
Judul Alternatif화산전생
Penulis / IlustratorJeong Jun / Tomato
GenreAksi, Fantasi, Martial Art,
PenerbitKAKAO Page

Itulah beberapa manhwa tentang reinkarnasi terbaik menurut versi kami. Apa ada yang kamu ikuti? Mungkin kamu punya saran judul lainnya?

%d blogger menyukai ini: