Mengenang Jeff Beck, Salah Satu Gitaris Paling Berpengaruh Di Dunia

ceedub13, CC BY 2.0, via Wikimedia Commons (cropped)

Jeff Beck, salah satu dewa gitar dan tokoh legendaris di dunia musik, sudah meninggalkan kita. Ia meninggal dunia akibat meningitis pada 10 Januari 2023 di usia 78 tahun.

Mungkin tidak semua orang mengenal sosok yang sering disebut sebagai “gitarisnya gitaris” ini. Oleh karena itu, untuk mengenangnya, di sini kami membahas beberapa fakta menarik soal sang dewa gitar tersebut.

“Gitarisnya Gitaris”

Salah satu hal paling unik dari Jeff beck adalah ia tidak memiliki lagu atau album yang ikonik dan sukses secara mainstream. Terutama jika kita bandingkan dengan gitaris lain di jamannya, seperti Eric Clapton, Jimmy Page, atau Jimmy Hendrix.

Tapi semua musisi mengakui kemampuan dan pengaruhnya pada dunia musik, terutama musik rock, atau lebih spesifik lagi, sebagai gitaris. Caranya main gitar, bereksperimen dengan suara, dan keberaniannya mendobrak tatanan musik memberi definisi ulang musik rock.

Eric Clapton is a great blues player. Jimmy Page is a great rock player. Jeff Beck is a great guitar player.

Alice Cooper

Main Gitar Listrik Dengan Jari

Jeff Beck lebih sering memainkan gitar listrik dengan jarinya. Ia sudah berhenti menggunakan pick gitar di tahun 80-an.

Gambar: Raph_PH, CC BY 2.0, via Wikimedia Commons (cropped)

Ia menggunakan jempol untuk memetik dawai gitar, menggunakan jari manis untuk mengontrol volume, dan memakai kelingking untuk memanfaatkan whammy bar. Cara bermain yang unik ini membuat suara gitarnya menjadi terdengar lebih organik.

With Jeff, it’s all in his hands

Eric Clapton

Anggota Band The Yardbirds

The Yardbirds mungkin merupakan jenis band yang tidak akan pernah muncul lagi di muka bumi. Band ini sempat memiliki gitaris, yang semuanya menjadi legenda. Eric Clapton, Jeff Beck, dan Jimmy Page.

Jeff masuk sebagai gitaris The Yardbirds menggantikan Eric Clapton di tahun 1965. Sebenarnya Eric merekomendasikan Jimmy Page terlebih dulu, namun Jimmy merekomendasikan Jeff. Pada satu titik, Jeff dan Jimmy sempat main bersama di band itu. Jeff sebagai gitaris, dan Jimmy sebagai bassis.

The Yardbirds (1966)
(Gambar: KRLA Beat/Beat Publications, Inc., Public domain, via Wikimedia Commons, cropped)

Namun akhirnya, Jimmy Page menggantikan Jeff Beck sebagai gitaris di The Yardbirds. Menariknya, sebelum itu sempat ada obrolan untuk membentuk supergrup beranggotakan Jeff Beck, Jimmy Page, Keith Moon, dan John Entwistle. Nama band yang diusulkan adalah “Lead Zeppelin.”

Seperti yang kita ketahui, Jeff kemudian membentuk band Jeff Beck Group. Sedangkan Jimmy Page membentuk band Led Zeppelin.

Album Terakhirnya Dibuat Bersama Johnny Depp

Salah satu hal menarik lain adalah Jeff membuat album terakhirnya di tahun 2022 dengan berkolaborasi bersama Johnny Depp. Album itu berjudul 18 dan berisi 13 lagu. Single pertama dari album itu adalah lagu berjudul This Is a Song for Miss Hedy Lamarr.

Selain album bersama Johnny Depp itu, Jeff juga muncul di album Ozzy Osbourne pada tahun 2022. Ia bermain di lagu Patient Number 9 and A Thousand Shades.

%d blogger menyukai ini: