Rekomendasi 10 Film Fantasi Terbaik, Jelajahi Dunia Penuh Imajinasi dan Petualangan

Film Fantasi Terbaik

Sedikit genre film yang menyediakan escapisme sedalam film fantasi. Tak peduli apakah menjelajahi dunia mitologi Middle Earth di The Lord of The Rings, dunia spiritual Kami di Spirited Away, atau labirin sureal seperti Alive in Wonderland. Untuk itu, di sini kami membahas film fantasi terbaik.

Penonton film cenderung tertarik ke dunia fantasi mana yang bisa membawa imajinasi mereka sejauh mungkin, dengan cerita yang sedekat mungkin ke hati mereka. Bagi kita yang tak bisa menaiki naga atau terbang, menjelajahi dunia seperti ini bisa dibilang sebagai mimpi jadi kenyataan.

Film fantasi menyediakan pelarian dari kenyataan, dan action yang di luar batasan imajinasi, membawa penontonnya ke dunia jauh dengan kekuatan unik, makhluk unik, lengkap dengan aturannya. Imajinasi terjauh dibawa ke permukaan lewat berbagai cerita yang masuk ke genre fantasi, membuat hal yang luar biasa menjadi biasa.

Film fantasi biasanya diinspirasi atau menginspirasi franchise yang besar, memperkenalkan aspek baru, atau memberikan pengaruh besar yang bisa diingat bertahun-tahun ke depan.

Berikut kami rangkum rekomendasi film fantasi terbaik untuk kamu yang ingin mencoba mendalami genre film ini.

Rekomendasi Film Fantasi Terbaik

1. Harry Potter and The Sorcerer’s Stone

Harry Potter and The Sorcerer’s Stone

Tak ada film yang pantas mewakili daftar film fantasi terbaik ini dalam hal sihir dan magis selain franchise film Harry Potter. Fan-favorite dan merupakan sensasi seluruh dunia saat masa jayanya, Harry Potter menceritakan seorang anak laki-laki bernama Harry yang mendapati kalau dia adalah seorang penyihir.

Selain itu, takdir Harry juga terikat dengan Voldemort, membuatnya menjadi satu-satuya penyihir yang mampu melawannya. Harry dibawa ke sebuah sekolah boarding khusus penyihir bernama Hogwarts, di mana dia menghadapi berbagai tantangan dan petualangan, mulai dari penjahat aliran gelap sampai usahanya agar bisa lulus mata pelajaran potion.

Harry Potter adalah salah satu film fantasi terbaik yang pernah ada. Franchise ini menjadi sensasi yang begitu besar sampai Broadway Musical membuat sebuah teater musikal berdasarkan seri ini. Penggemar fantasi patut menonton seri ini minimal sekali.

BACA JUGA  Rekomendasi 10 Film Detektif Terbaik, Hadirkan Misteri dan Plot Berani

Franchise ini terdiri dari 8 film, dan beberapa spin-off film.

JudulHarry Potter and The Sorcerer’s Stone
SutradaraChris Columbus
Tahun Rilis2001
CastDaniel Radcliffe, Rupert Grint, Emma Watson
Genre Adventure, Family, Fantasy
IMDB Score7.6

2. Big Fish

Big Fish

Big Fish adalah film fantasi-comedy-drama yang lahir dari pikiran sutradara Tim Burton. Film ini mengikuti cerita seorang anak muda yang marah dengan situasi hidupnya, dan bermusuhan dengan Ayahnya.

Ketika ayahnya sakit, dia yang duduk merawat ayahnya mencoba merunut cerita hidup ayahnya. Usahanya ini membuatnya harus menarik garis antara mana fantasi dan mana kenyataan. Film ini diadaptasi dari novel tahun 1998 berjudul sama.

Film ini juga mendapat adaptasi Broadway Musical. Big Fish menyampaikan pesan-pesan penting seperti memaafkan, hidup dan mati, dan menemukan jati diri.

JudulBig Fish
SutradaraTim Burton
Tahun Rilis2003
CastEwan McGregorHelena Bonham Carter,  Danny DeVito.
GenreAdventure, Family, Fantasy, Drama
IMDB Score8.0

3. Enchanted

Enchanted

Enchanted adalah salah satu film live-action Disney yang paling dicintai di era 2000-an. Film yang dibintangi Amy Adams sebagai Giselle ini, menceritakan seorang gadis yang akan menjadi putri kerajaan, kemudian dikirim ke New York era modern oleh seorang penyihir jahat.

Saat dia kesulitan karena berada di dunia yang asing (berbeda dimensi juga, karena dunia asalnya digambarkan dengan animasi), Giselle bertemu Robert, seorang pengacara duda yang membantunya beradaptasi.

Kemudian mereka semua hidup bahagia…atau tidak? Film ini sangat menyenangkan dan penuh dengan lagu yang tak asing di telinga para penggemar Disney. Dunia Andalasia tempat Giselle berasal juga merupakan homage ke golden age Disney.

Film ini juga mengeluarkan sekuel, Disenchanted yang rilis tahun 2022.

JudulEnchanted
SutradaraKevin Lima
Tahun Rilis2007
CastAmy Adams, Susan Sarandon, James Marsden
GenreAdventure, Family, Fantasy, Drama
IMDB Score7.1

4. Pan’s Labyrinth

Pan’s Labyrinth

Pan’s Labyrinth adalah film dark fantasy Spanyol-Meksiko yang disutradarai, ditulis, dan di ko-produksi oleh Guillermo Del Toro.

Cerita Pan’s Labyrinth ber-setting saat perang sipil Spanyol tahun 1944 dan fokus pada seorang anak gadis bernama Ofelia.

Ofelia adalah seorang putri dari seorang perwira militer yang kejam. Suatu hari, Ofelia kebetulan masuk ke sebuah labirin dan masuk ke dunia fantasi yang menyeramkan.

BACA JUGA  10 Film Agen Rahasia Terbaik Sepanjang Masa

Dia bertemu Faun yang bersahabat dan berbagai makhluk menakutkan dan misterius sepanjang jalan. Film ini sangat unik karena tone-nya yang begitu berkualitas dan berbeda ketimbang film lain. Siapa saja yang mencari film fantasi terbaik, pantas melihat Pan’s Labyrinth.

JudulPan’s Labyrinth
SutradaraGuillermo Del Toro
Tahun Rilis2006
CastIvana Baquero, Ariadna Gil, Sergi Lopez
GenreDrama, Fantasy, War
IMDB Score8.2

5. Spirited Away

Spirited Away

Salah satu karya termasyhur sutradara legendaris anime, Hayao Miyazaki. Film ini berhasil meraih penghargaan Oscar kategori film animasi terbaik pada tahun 2003.

Film ini menceritakan tentang Chihiro, anak berusia 10 tahun yang tak sengaja masuk ke dunia para dewa, penyihir, dan roh. Pada saat pindahan ke daerah pedalaman bersama keluarganya, kedua orang tua Chihiro diubah menjadi hewan, dan Chihiro harus menjelajahi dunia ini untuk mencari tahu jalan kembali dan cara mengembalikan keluarganya.

JudulSpirited Away,  Sen to Chihiro no kamikakushi
SutradaraHayao Miyazaki
Tahun Rilis2001
CastRumi Hiiragi, Miyu Irino
GenreAnimation, Adventure, Family, Fantasy
IMDB Score8.6

6. The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe

The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe

The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe adalah film fantasi/anak yang diadaptasi dari seri novel The Chronicles of Narnia karya C.S. Lewis.

Film ini, dibandingkan dua film sekuelnya, adalah favorit para fan. The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe menceritakan empat anak di Inggris yang pindah ke pedalaman, dan kebetulan masuk ke dunia lain ketika membuka lemari.

Di dunia ini, mereka bergabung dengan seekor singa magis melawan pasukan jahat pimpinan penyihir putih.

Film ini adalah pilihan langsung bagi penggemar film anak sekaligus fantasi. The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe juga memenangkan Academy Award untuk kategori Best Makeup. Karena itu jangan kaget kalau prop dan makeup di film ini jauh lebih baik ketimbang film-film terbaru.

JudulThe Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe
SutradaraAndrew Adamson
Tahun Rilis2005
CastTilda Swinton, Georgie Henley, William Moseley
GenreAdventure, Family, Fantasy
IMDB Score6.9

7. The Princess Bride

The Princess Brice

“My name is Inigo Montoya. You killed my father; prepare to die!

Tak ada film yang sempurna dan yang satu ini mungkin terlihat lucu sebagai rekomendasi film fantasi. Tetapi, bagi penggemar film The Princess Bride, mereka mungkin akan sepakat menamai film ini sebagai film yang sempurna.

BACA JUGA  Rekomendasi 5 Film Terbaik yang Diperankan Gal Gadot

The Princess Bride adalah film fantasi/adventure/comedy yang dianggap sebagai film klasik fantasi. Film ini merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya William Goldman.

Menceritakan seorang petani muda bernama Westley yang harus menyelamatkan cinta sejatinya (yang merupakan putri) dari cengkeraman seorang pangeran jahat. Westley tidak sendirian, dia menemui berbagai teman sepanjang perjalanannya.

JudulThe Princess Bride
SutradaraRob Reiner
Tahun Rilis2005
CastCary Elwes, Mandy Patinkin, Robin Wright
Genre Adventure, Family, Fantasy
IMDB Score8.0

8. Shrek

Shrek

Film selanjutnya selain bisa disebut sebagai film fantasi terbaik, juga patut disebut sebagai salah satu film animasi terbaik yang merevolusi industri perfilman film animasi setelah dirilis.

Untuk film animasi dari Dreamworks, jelas nama Shrek akan muncul sebagai salah satu rekomendasi terbaik.

Film yang menceritakan tentang petualangan seorang Ogre bernama Shrek (diperankan oleh Mike Myers) yang jatuh cinta pada seorang putri (diperankan oleh Cameron Diaz). Shrek dipuji karena tema dan ceritanya yang fresh, mengejutkan, dan menggugah.

Cerita ini menggugah sebuah pesan universal yang tak bisa dipungkiri. Bahwasanya cinta itu buta.

Mungkin banyak orang yang tak menyukai sekuel dari film yang keluar tahun 2001 ini. Tetapi, tak bisa dipungkiri kalau lagu I need a Hero dari Jennifer Launders sangat memorable sampai detik ini.

JudulShrek
SutradaraAndrew Adamson, Vicky Jenson
Tahun Rilis2001
CastMike Myers, Eddie Murphy, Cameron Diaz
GenreAnimation, Family, Fantasy, Adventure
IMDB Score7.9

9. Jumanji

Jumanji

Petualangan dan fantasi terbaik biasanya berasal dari hal-hal simple sehari-hari yang terungkap sebagai pembawa elemen dunia lain. Seperti Narnia yang membawa empat anak ke dunia lain lewat lemari, Jumanji memainkan konsep yang kurang lebih sama.

Bayangkan petualangan masa kecil menjelajahi dunia board game dengan Robin Williams sebagai pemandu. Ketika sepasang kakak dan adik tak sengaja membuka pandora’s box yang merupakan permainan Jumanji, dunia mereka berubah.

Jumanji terungkap sebagai sebuah game board supernatural. Sekarang, mereka harus menyelesaikan game tersebut untuk membalikkan kutukan yang dibawa ke pemain sebelumnya, yang terperangkap bertahun-tahun di dalam Jumanji.

JudulJumanji
SutradaraJoe Johnston
Tahun Rilis1995
CastRobin Williams, Kirsten Dunst, Bonnie Hunt
GenreComedy, Family, Fantasy, Adventure
IMDB Score7.0

10. The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring

The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring

Diadaptasi dari novel fantasi karya J.R.R Tolkien tahun 1954, yang merupakan template bagi cerita fantasi sampai sekarang. Dunia Middle Earth, setting Lord of The Rings, sangat kaya akan teknik-teknik worldbuilding seperti bahasa, berbagai kultur ras yang berbeda, dan mitos serta sihir yang unik.

Film kolosal yang merupakan entri pertama dari trilogi Lord of The Rings karya sutradara Peter Jackson ini menceritakan awal perjalanan Frodo, seorang Hobbit pemalu dari Shire. Frodo, bersama delapan kawannya memulai sebuah perjalanan untuk menghancurkan One Ring, cincin yang bisa memulihkan kekuatan Dark Lord Sauron dan mengancam seluruh Middle Earth.

Lord of The Rings mengangkat tema tentang tanggung jawab, hidup dan kematian, harmoni dengan alam, dan yang paling penting pesan kalau baik akan selalu menang melawan kekuatan jahat.

Lord of The Rings tetap menjadi salah satu dunia yang tetap di eksplor oleh pembuat film sampai sekarang. Jackson membuat trilogi The Hobbit, menceritakan kisah paman Frodo, Bilbo Baggins. Selain itu, serial fantasi Rings of Power juga membahas masa lalu Middle Earth sebelum Sauron menjadi Dark Lord.

JudulThe Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring
Tahun Rilis2001
SutradaraPeter Jackson
PemeranElijah Wood, Ian McKellen, Orlando Bloom, Viggo Mortensen
GenreAdventure, Fantasy
IMDB Rating8.8

Mana Film Fantasi Favoritmu?

Demikian daftar rekomendasi film fantasi terbaik dari kami. Bagaimana menurutmu? Apa film fantasi favoritmu?

%d blogger menyukai ini: