7 Perbedaan Mencolok Moon Knight Marvel dan Batman DC

Ada beberapa hal yang membedakan Moon Knight dari Marvel dengan Batman DC. Inilah beberapa perbedaan antara Moon Knight dan Batman.

Marvel Cinematic Universe akan memperkenalkan pahlawan baru mereka dalam acara Disney+ “Moon Knight.” Dibintangi oleh Oscar Isaac, serial ini akan menampilkan karakter yang selama ini ‘belum pernah dilihat’ oleh penggemar. Bahkan mungkin, mayoritas penggemar MCU nggak tahu soal asal usul Moon Knight.

Moon Knight sendiri adalah pahlawan bertopeng yang beroperasi di malam hari. Karena punya sistem kerja yang seperti itu, nggak heran kalau Moon Knight sering dibandingkan dengan superhero DC, Batman. Apalagi serial “Moon Knight” dirilis nggak lama (30 Maret 2022) setelah “The Batman” rilis (2 Maret 2022). Otomatis orang-orang bakal membandingkan mereka berdua.

Lalu apa saja yang menjadi perbedaan antara Moon Knight dan Batman? Mari kita lihat.

Kostum Batman VS Moon Knight

Perbedaan paling mencolok antara mereka berdua terletak pada kostum yang dipakai. Biasanya Batman digambarkan menggunakan setelan berwarna gelap seperti abu-abu atau hitam, dan terkadang logo kelelawarnya berwarna kuning. Berdasarkan penggambaran Batman terbaru yang diperankan Robert Pattinson, Batman adalah pahlawan yang kerjanya ‘sembunyi-sembunyi’ di balik bayang-bayang kota Gotham.

Sedangkan Moon Knight, di sisi lain digambarkan menggunakan setelan berwarna lebih cerah yakni putih dan abu-abu muda. Tak seperti Batman, Moon Knight sengaja berpakaian seperti itu untuk menonjolkan dirinya selama menjalankan aksi di malam hari. Skema warna ini juga membuatnya menyerupai bulan.

Moon Knight Debut Sebagai Penjahat

Batman terkenal lewat debutnya di “Detective Comics #27” pada tahun 1939. Di sini, Bruce Wayne memulai debutnya sebagai orang ‘main hakim sendiri’ yang memerangi kejahatan dalam seri antalogi, sebelum ia pada akhirnya ia menerima seri solonya sendiri. Walaupun ia muncul di komik dan film sebagai antagonis dari pahlawan seperti Superman, tapi penampilan awal Batman adalah sebagai detektif heroik.

Di sisi lain, Moon Knight punya asal yang sangat berbeda dari Wayne. Debut pertamanya adalah di komik “Werewolf By Night #32.” Awalnya ia dirancang sebagai karakter penjahat penuh musuh. Tapi Moon Knight mendapatkan penebusan di akhir komik ini, dan ia lalu menerima seri solo heroiknya sendiri.

Moon Knight Melayani Dewa Mesir

Latar belakang Bruce Wayne cukup sederhana. Ia adalah bujangan kaya yang ‘main hakim sendiri’ sebagai pembalasan atas pembunuhan orang tuanya. Sedangkan latar belakang Moon Knight agak rumit.

Konon Marc Spector menjadi Moon Knight setelah diserang, lalu ia dibangkitkan oleh dewa Mesir, Khonshu. Sebagai pembalasan sekaligus memanfaatkan kesempatan kedua untuk hidup, Spector mengambil persona Moon Knight yang bertindak sebagai pelayan Khonshu.

Marc Spector Tak Terlahir Kaya

Asal usul Marc Spector jauh lebih memilukan dibanding Bruce Wayne. Sebagai putra seorang budak di Chicago, Spector berasal dari keluarga sederhana. Spector menghabiskan sebagian besar masa kecilnya berjuang melawan masalah kesehatan mental (berasal dari hubungan psikis dengan dewa bulan Khonshu). Semasa kecilnya, Spector jarang memiliki teman dan ia hanya berteman dengan ‘kepribadian alternatifnya.’

Sedangkan Bruce Wayne adalah putra seorang politisi kaya kota Gotham, yang mewarisi kekayaan setelah orang tuanya terbunuh. Kekayaan itu lalu ia gunakan untuk membiayai aksinya sebagai Batman. Selama hidupnya Wayne menjalani kehidupan yang cukup terlindungi dan walau orang tuanya terbunuh, Wayne tetap mendapatkan figur seorang ayah dari pelayan setianya, Alfred.

Marc Spector Punya Gangguan Kepribadian Disosiatif

Bruce Wayne memang sangat lekat dengan masalah kesehatan mental. Beban kesehatan mental terbesar Wayne adalah trauma menyaksikan pembunuhan orang tuanya.

Sedangkan di awal hidupnya, Spector menunjukkan tanda-tanda gangguan kepribadian disosiatif. Gangguan ini menyebabkan Spector punya kepribadian ganda. Perubahan kepribadian inilah yang membuat orang tua Spector mendaftarkannya ke fasilitas kesehatan mental.

Sebenarnya kalau mau dibandingkan, nggak ada yang jauh lebih buruk/baik di antara mereka. Hanya saja, penjelasan seperti ini akan benar-benar membuat Moon Knight dan Batman berbeda.

Marc Spector Dapat Pelatihan di Militer

Layaknya Batman, Moon Knight sebenarnya tak memiliki banyak kemampuan super (selain diberikan kepekaan dan kejelian lebih oleh Khonshu). Oleh karena itu mungkin dari segi pertarungan, Moon Knight dan Batman sekilas sama. Tapi asal-usul tempat mereka belajar bertarung lah yang berbeda.

Spector mendaftar di Marinir AS setelah ayahnya meninggal, kemudian mengambil kelas tinju setelah ia keluar dari Marinir AS. Spector juga sempat bekerja untuk CIA sebelum pergi menjadi tentara bayaran. Sedangkan Wayne menerima semua pelatihan tempurnya saat ia tumbuh dewasa dari Alfred, kepala pelayannya.

Moon Knight Bisa Melihat Masa Depan

Seperti yang saya katakan tadi, Moon Knight nggak memiliki kekuatan super. Tapi karena dia punya hubungan psikis dengan dewa Khonshu, hal tersebut membuatnya punya beberapa kekuatan supernatural.

Salah satu kemampuan supernaturalnya adalah melihat masa depan. Bahkan beberapa ‘penerawangannya’ terwujud di masa kecil Spector sebagai DID-nya (kepribadian gandanya).

Bruce Wayne tidak memiliki kemampuan supernatural dalam komik. Ia terkadang ‘menyuntikkan adrenalin’ untuk membuatnya menjadi petarung yang lebih baik. Selain itu keahlian Batman lebih didasarkan pada gaya bertarung dan berbagai peralatan canggihnya, daripada bantuan dari dewa Mesir seperti yang didapatkan Moon Knight.

Yuk, lanjut baca
Baca Manhwa “The Real Lesson” Beri Cerita Sisi Kelam Pelajar Korea
%d blogger menyukai ini: