4 Rekomendasi Anime Berunsur Islami Terbaik, Cocok Buat Ngabuburit!

Cocok buat temani ngabuburit di bulan Ramadhan, ini dia beberapa rekomendasi anime dengan unsur islami terbaik yang bisa kamu tonton.

Asikkk, bulan Ramadhan akhirnya datang juga. Selama bulan Ramadhan ini, aktivitas apa yang sering kamu lakukan untuk mengisi waktu luang? Hm apapun aktivitasnya, aktivitas yang menguras banyak energi mungkin akan kamu hindari.

Selain rebahan, tidur atau main game, streaming acara favorit seperti anime juga bisa jadi jurus jitu buat menghemat banyak energi. Nggak cuma itu, karena terlalu mendalami cerita, nonton anime juga dapat menjadi ide ngabuburit yang oke. Perasaan baru nonton anime sebentar, eh tahu-tahu sudah mau buka puasa. Hehehe.

Nah khusus di bulan Ramadhan ini, saya akan memberikan kamu beberapa rekomendasi anime dengan unsur islami terbaik. Walaupun bikinan Jepang, tapi beberapa anime ini punya unsur islami di dalamnya entah itu secara tersirat atau diperlihatkan secara langsung.

The Journey

Boleh dibilang, “The Journey” adalah anime dengan unsur islami paling kental dalam daftar ini. Pasalnya anime ini mengisahkan tentang seorang pemuda bernama Aws yang berjuang dengan sekelompok orang lainnya, untuk melindungi Ka’bah di Mekah dari serangan pemberontak.

Nggak cuma itu, kisah yang diangkat anime ini ternyata terinspirasi dari sejarah asli Semenanjung Arab dan peradaban kuno islam. Ditambah lagi, anime ini juga merupakan hasil kolaborasi pertama antara Jepang dan Arab Saudi. Makanya nggak heran kalau anime ini mengambil latar langsung di Arab.

Mobile Suit Gundam 00

Siapa sih yang nggak kenal dengan serial anime yang satu ini? “Mobile Suit Gundam” adalah serial anime mecha terpopuler di dunia. Nah menariknya dalam seri “Mobile Suit Gundam 00,” ada beberapa unsur yang berkaitan dengan agama Islam.

Contohnya bisa kamu lihat pada karakter bernama Setsuna F. Seiei. Dia adalah karakter utama dari serial anime ini. Ia dikisahkan bertugas di wilayah Timur Tengah dan juga berasal dari sana. Nggak cuma itu, ternyata nama asli Setsuna adalah Soran Ibrahim yang sangat islami. Yah walau nggak pernah dikonfirmasi, tapi mayoritas penggemar menduga kalau Soran Ibrahim beragama Islam.

Altair: A Record of Battles

Kamu baru dengar anime ini? Oke, jadi “Altair: A Record of Battles” adalah anime yang menceritakan tentang seorang anggota militer muda yang bertekad melindungi bangsanya dengan cara menyelundup ke negara musuh.

Serial anime ini mengambil latar di kota fiktif bernama Turkiye (bahasa asli negara Turki). Pihak studio anime mengonfirmasi jika kota tersebut sebenarnya terinspirasi dari Kekaisaran Ottoman yang dulu dikenal sebagai kekaisaran islam terbesar di dunia.

Walaupun nggak ditampilkan secara langsung, tapi kalau jeli, kamu bakal menemukan banyak unsur islami di dalam anime ini. Contohnya ada beberapa karakter anime yang punya nama islami seperti Mahmud, Ibrahim, Ahmed, dll. Nggak cuma itu, ada juga salah satu adegan yang memperlihatkan karakternya sedang melakukan sujud syukur karena berhasil menang perang.

Jojo’s Bizarre Adventure

Sekilas “Jojo’s Bizarre Adventure” mungkin bakal jauh banget dari unsur islami. Tapi siapa sangka, anime populer ini punya unsur islami di dalamnya.

Unsur islami yang ada di anime ini ada pada karakter Muhammad Avdol. Dia adalah salah satu karakter utama dalam anime ini yang diceritakan berasal dari Mesir. Walaupun studio anime nggak mengonfirmasi kalau si Avdol ini muslim, tapi dilihat dari namanya saja sudah ketahuan kalau Avdol adalah seorang muslim.

Nggak cuma Avdol, anime ini juga pernah menampilkan beberapa adegan dengan unsur islami di dalamnya. Contohnya saat scene di mana Dio terlihat membaca sebuah kitab yang diduga Al-Quran (terlihat beberapa huruf Arab di dalamnya). Fyi, adegan ini sempat menimbulkan kontroversi lho. Pasalnya Dio baca Al-Quran sambil bersumpah untuk membunuh Jotaro Kujo selaku karakter utamanya.

Yuk, lanjut baca
Uhm Ki Joon dan Kim So Yeon Dimabuk Cinta di Drakor “The Penthouse 2”
%d blogger menyukai ini: