Ini Daftar Film Untuk Kenalan Dengan Ideologi Anarkis

Beberapa waktu kebelakang, Indonesia dibuat gaduh dengan pemberitaan ditangkapnya ketua kelompok Anarko yang berencana untuk menjarah sepulau jawa. Berita tersebut langsung menjadi bahan tertawaan sebab dalam literatur maupun daftar film, Anarkis itu nggak mempercayai hierarki alias nggak mungkin punya ketua.

Melansir dari Vice, ternyata orang yang mengaku sebagai ketua anarko tersebut merupakan seorang maling helm yang kebetulan tertangkap oleh pihak kepolisian. Drama tersebut lantas semakin menggelikan. Hasilnya akhir-akhir ini Anarko Sindikalis jadi trending topik di media sosial.

Buat kamu yang penasaran, simak rekomendasi daftar film yang bisa buat kamu kenalan dengan ideologi Anarkis. Yuk langsung aja simak di bawah ini!

Love and Revolution

Love and Revolution adalah film dokumenter yang menceritakan tentang kehidupan kelompok Anarkis di daerah Exarchia, kota Athena. Dalam film ini kita bisa melihat perjuangan yang dilakukan kelompok ini dengan saling berbagi makanan, melawan polisi yang mencoba mengusir mereka dan perjuangan-perjuangan taktis anarkis lain.

Libertarias

Libertarias adalah film yang berlatar revolusi Spanyol. Film ini menceritakan tentang perempuan-perempuan anarkis yang memiliki cita-cita dan ambisi yang kuat mempertahankan sistem anarkis yang telah dicapai.

The Antifascist

The Antifascist adalah film yang menceritakan tentang sejarah munculnya kamu anti fasis di dunia. Kelompok ini adalah kelompok yang muncul bersamaan dengan suburnya ideologi fasisme yang dipamerkan partai nazi. Perjuangan mereka menentang xenophobia, rasisme dan militerisme terangkum dalam film dokumenter ini.

Land and Freedom

Selain Libertarias, film Land of Freedom juga menceritakan tentang para anarkis di Spanyol. Film ini menceritakan masa perang sipil di negeri Matador tersebut. Seperti yang kita tahu, pihak anarkis kalah saat perang tersebut. Nah, film Land of Freedom berhasil merangkum apa sebenarnya yang dicita-citakan kaum anarkis Spanyol kala itu

The Take

Terakhir ada The Take. Film dokumenter ini disutradarai oleh Avi Lewis dan Naomi Klein. Film ini terinspirasi dari peristiwa perjuangan buruh-buruh pabrik mengambil alih pabrik-pabrik yang ditinggalkan pemiliknya saat krisis melanda Argentina. Nggak hanya menceritakan proses pengambilalihan, film ini juga memperlihatkan bagaimana kelas pekerja mengelola pabrik dengan sistem kolektif.

Nah itu dia rekomendasi film anarkis yang bisa bikin kamu kenalan dengan ideologi ini. Inget ya, selain nonton film, kamu juga harus baca bukunya agar lebih mengerti lagi. Tetap kritis agar kamu nggak salah memaknai anarkisme

More Stories
No Debat, Ini 10 Anime Sport Terbaik Sepanjang Masa
%d bloggers like this: