Rekomendasi 8 Film Kelas B Paling Berpengaruh di Dunia. Udah Tahu?

Dalam dunia perfilman kalian pasti mengenal istilah-istilah seperti film blockbuster, cult atau popcorn. Selain itu ada juga lo film kelas B. Nggak kalah bagus, ada banyak judul yang bagus dan rekomendasi film kelas B. Lantas apa sih film kelas B?

Apa itu film Kelas B?

Dalam sejarahnya film kelas B adalah film yang dibuat dengan budget yang minim dan cukup asal-asalan. Biasanya film ini berharga murah dan ditayangkan untuk mengiringi film-film blockbuster. Lama kelamaan banyak film kelas B yang nyatanya sangat ikonis dan berpengaruh besar pada industri film secara umum. Bahkan ada film B yang naik tingkat dan menjadi film blockbuster-nya sendiri.

Nah buat kamu yang belum tahu dan ingin menonton, kalian bisa mulai dengan menonton beberapa rekomendasi film kelas B yang sudah Popculture.id rangkum. Daripada berlama-lama yuk langsung simak aja di bawah ini!

Mad Max

Siapa sih yang nggak tahu film Mad Max? Hari ini Mad Max menjadi salah satu waralaba terbesar yang ada di dunia. Tapi nggak banyak yang tahu kalau sebenarnya Mad Max ciptaan George Miller awalnya adalah film kelas B yang mengiringi film besar lain yang tayang saat itu. Apalagi film ini menggunakan teknik sederhana dan cenderung asal-asalan. Kendati begitu, Mad Max tetap memberikan pengalaman khas bagi para penontonnya.

The Texas Chainshaw Massacre

Selanjutnya ada The Texas Chainsaw Massacre. Film ini merupakan film B yang terkenal dan sangat berpengaruh pada film-film horror selanjutnya. Maksudnya, cerita soal perburuan korban di film horror berawal dari film ini. Karena banyak film yang meniru cerita sang Leatherface, The Texas Chainsaw Massacre menjadi salah satu film kelas B yang berpengaruh.

Dawn of The Dead

Film kelas B sering disebut juga sebagai film cult. Hal ini berkaitan dengan kebiasaan para penontonnya yang menonton film kelas B berulang-ulang. Salah satu film yang menjadi cult adalah Dawn of The Dead. Film ini sangat populer dan menjadi salah satu inspirasi sekaligus film terbaik di genre zombie. Gokil kan?~

The Last House on the Left

Kalian pasti sudah nggak asing lagi dengan sosok Wes Craven. Penulis sekaligus pembuat film horror ini ternyata pernah membuat film B. Film ini merupakan film pertama Wes Craven sekaligus masterpiece. Film ini berjudul The Last House on the Left. Sampai sekarang para pecinta horor, terutama pecinta film kelas B masih sering memutarkan karya pertama Wes Craven ini.

The Blair With Project

Memang sangat sulit jika sebuah film B bisa mendapatkan penghasilan yang besar. Tapi itu bukan hal yang nggak mungkin. Hal ini dibuktikan oleh film The Blair Witch Project. Sampai sekarang film ini masih jadi tren horor. Menariknya film ini dibuat hanya dengan anggaran 60 ribu dollar dan mendapatkan penghasilan sebesar 248 juta dollar. Keren banget nggak sih?

I Spit on Your Grave

Seperti kita tahu kebanyakan film kelas B mengeksploitasi secara brutal beragam tema. Salah satu yang sering dieksploitasi adalah erotisme dan kekerasan yang ditunjukan pada perempuan yang nggak salah. Kebanyakan oleh laki-laki sadis yang seringnya memunculkan kritik dari berbagai pihak.

Berbeda dengan I Spit on Your Gravel. Meski mengeksploitasi habis-habisan, tapi film ini justru menjadi ikon dan gaya tersendiri dalam sub genre revenge yang terkenal di film kelas A. Seperti Death Wish atau Old Boy. Keren banget nggak sih?

Cannibal Holocaust

Cannibal Holocaust adalah film yang bercerita tentang kanibalisme. Film kelas B ini dibuat dengan budget yang rendah. Meski begitu film ini sangat berpengaruh dan bisa dikatakan sebagai pelopor film soal sub genre kanibalisme. Sampai sekarang Cannibal Holocaust menjadi standar tersendiri bagi film bertema kanibalisme.

Faster Pussycat! Kill! Kill!

Terakhir ada film Faster Pussycat! Kill! Kill!. Nggak ada yang menyangka kalau film ini menjadi salah satu ikonik feminisme. Pasalnya film ini secara kritis mengangkat tema kontroversial tentang supremasi perempuan. Kendati begitu film ini juga nggak bisa lepas dari unsur kekerasan, mengeksploitasi seks lewat pemeran dan humor-humor yang gelap dan nggak bermoral.

Nah itu dia 8 film B yang menjadi ikonik dan berpengaruh bagi dunia perfilman. Gimana menurut kalian? Apa kalian berencana untuk menonton film-film ini?

Yuk, lanjut baca
wandavision episode 9 scarlet witch
WandaVision Episode 9: Akhir Memuaskan Untuk Mengawali Fase 4 MCU
%d blogger menyukai ini: