Review Anime Fire Force – Terlalu Banyak Referensi Yang Diaduk

anime fire force

Fire Force atau Enen No Shouboutai adalah anime yang diadaptasi dari manga action berjudul sama. Musim pertama anime ini dirilis pada tahun 2019 yang lalu. Anime ini mendapat skor 7.74 dari situs My Anime List. Sebelum masuk pada review, karena beberapa kesibukan saya jadi telat mengulas anime ini. Perasaan pertama yang datang pada saya saat menonton ini adalah kagum karena menemukan sesuatu yang baru.

Alur dan Plot Cerita

Cerita berlatar tentang dunia post-apocalypse. Ketika bumi terbakar karena sebuah bencana hebat yang dihasikan pemanasarn global. Karenanya tinggal satu kota yang tersisa, yakni Tokyo. Para manusia yang berhasil selamat dari bencana tersebut pun menyembah dewa matahari dan masuk pada era baru yang disebut ‘era surya’.

Yang lebih menarik, film ini menyajikan fenomena manusia terbakar secara misterius. Karena fenomena ini banyak berkembang dan mengkhawatirkan, maka pemerintah kekaisaran membuat pasukan pemandam kebakaran khusus yang bertugas untuk ‘mengistirahatkan’ manusia api.

Sudut pandang cerita diambil dari tokoh utama bernama Shinra yang bergabung dengan kesatuan pemadam khusus nomer 8. Dan cerita di musim pertama ini masih berkisar tentang pengenalan pasukan khusus dan pemecahan misteri tentang manusia api.

shinra Fire Force
Shinra Kusakabe

Pengembangan Karakter

Dalam anime Fire Force, pengembangan karakter cukup siginfikan. Penonton disuguhi perkembangan kemampuan Shinra selaku tokoh utama. Karakter lain juga dikembangkan lewat cerita-cerita masa lalunya. Perlahan namun pasti, kita bisa  melihat kemampuan sesungguhnya dari Shinra. Namun yang paling menarik dari anime ini adalah pembatasan kekuatan setiap pengguna api yang disebut overheat.

Episode Paling Seru

Untuk 25 episode musim pertama, anime ini cukup padat dan efektif dalam bercerita. Hampir tidak ada filler meskipun banyak joke yang terlalu berlebihan. Penonton disuguhkan dengan pengenalan cerita, misteri, pengenalan konflik yang berakhir di pengembangan karakter.

Untuk saya pribadi, episode yang paling menegangkan adalah ketika musuh bernama Arrow yang punya kemampuan mengeluarkan panah api bertarung dengan Takehisa Hinawa wakil ketua regu pemadam 8. Dalam episode tersebut dua orang dengan kemampuan yang hampir mirip dipertemukan. Di ruangan bawah tanah, Arrow menembakan panah api yang sangat kuat dan Takehisa mencoba memanfaatkan api tersebut untuk membuat senjatanya mengeluarkan kekuatan maksimal.

Karakter Favorit

Saya adalah pecinta anime yang kurang suka dengan tokoh utama yang terlalu ambisius dan ingin menyelamatkan dunia. Saya justru lebih menyukai karakter yang terpaksa menyelamatkan dunia atau terjebak dalam keadaan tertentu. Maka karakter favorit saya dalam anime ini adalah Takehisa Hinawa.

Memiliki kemampuan mengendalikan api, ia memanfaatkan kekuatannya untum memperkuat atau memperlemah tembakan senjatanya. Dan tentu saja kemampuan intelektualnya sebagai mantan tentara juga berpengaruh penting.

takehisa minawa
Takehisa Minawa

Catatan dan Kesimpulan

Fire Force cukup baik dalam hal konsep cerita dan pengembangan karakter. Animasinya juga cukup baik. Hanya saja, anime ini membuat poin-poin penting dalam cerita mengambang begitu saja. Contohnya serangga api. Serangga api sudah diperkenalkan dari pertengahan cerita namun tak diberi kejelasan sampai musim pertama selesai.

Tak hanya itu, tujuan dan fisolofi atau pengangkatan tema kurang kuat. Mungkin karena banyak referensi yang di aduk; bercerita tentang konsep dewa matahari, ritual kristiani, post-apokalips, teknologi dan misteri disaat bersamaan

Untuk keseluruhan, anime ini cukup menarik. Popculture.id memberi rating 7,5/10. Apa kalian sudah siap menggunggu musim terbarunya?

Latest Reviews

More Stories
Daftar Tayangan Netflix Indonesia Edisi Bulan Maret 2020
%d blogger menyukai ini: