WandaVision Episode 9: Akhir Memuaskan Untuk Mengawali Fase 4 MCU

Indikasi Captain Marvel 2 dan musuh di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness?

wandavision episode 9 scarlet witch

Akhirnya kita sampai di penghujung serial WandaVision dengan episode 9. Sejauh ini Marvel boleh kita anggap berhasil meramu cerita yang unik, menggelitik, dan mengesankan. Elizabeth Olsen sendiri membuktikan kalau ia memang aktris jempolan dan cocok sebagai Wanda Maximoff alias Scarlet Witch.

Di episode 9 ini, kita sudah kembali menikmati hiburan khas superhero MCU. Penuh aksi, ramai efek visual, dan emosional. Termasuk juga memberi dua adegan tambahan di credit title (mid-credit dan end-credit) yang mengisyaratkan lanjutan kisah di lain waktu.

Nah, yuk kita bahas sisi menarik dari episode 9 serial WandaVision ini.

Dualisme

Salah satu hal yang menarik dari episode 9 ini adalah adanya dua sisi berbeda dari tokoh kunci seperti Wanda, Vision, dan Agatha.

Wanda sendiri digambarkan menjadi sosok jahat ketika Agatha mengangkat kontrol pikiran warga Westview. Walau Wanda berkata ia tidak bermaksud buruk, namun warga Westview sudah menganggap mereka menderita.

Vision, yang tampil dalam sosok asli dan versi putih, jelas menunjukkan dua sisi yang berbeda. Yang satu nyata namun punya tujuan menghancurkan, yang satu tidak nyata namun berusaha menjaga. Percakapan kedua Vision ini pun sangat filosofis.

Tokoh Agatha, walau disebut sebagai “real villain” di episode ini, sesungguhnya tetap berada di wilayah abu-abu. Ia ingin mengambil kekuatan Wanda, namun juga memperingatkan kalau Wanda tidak tahu kekuatan apa yang ia buka. Yah, di komik Agatha sering disebut sebagai guru Scarlet Witch.

Buku Sihir “The Darkhold”

Ternyata memang benar kalau buku sihir di ruang bawah tanah rumah Agatha di episode 7 adalah buku sakti lain. Agatha menyebutnya sebagai “The Darkhold” yang merupakan buku terkutuk, dan Scarlet Witch punya bab khusus di situ.

Di komik, The Darkhold, yang disebut juga The Book of Sins, merupakan buatan dewa Chthon yang mempraktekkan sihir hitam. Kalau kamu ingat, buku ini juga pernah muncul di serial Agents of SHIELD di musim keempat walau berbeda.

Buku sihir ini nantinya akan menentukan jalan cerita Wanda di MCU. Yah, kalau merujuk pada kata-kata Agatha, di komik, dan melihat adegan di akhir credit title (nanti kita bahas).

Scarlet Witch Lebih Kuat dari Sorcerer Supreme

Agatha menyebutkan kalau kekuatan Scarlet Witch melebihi Sorcerer Supreme. Yah, memang sejauh ini kita belum melihat kekuatan Wanda yang sebenarnya. Di sisi lain, kita juga belum melihat kekuatan penuh Ancient One maupun Doctor Strange.

Menariknya, di Avengers: Infinity War, kita bisa melihat kalau Doctor Strange bisa mengimbangi beberapa serangan Thanos yang memakai Infinity Gauntlet. Lagipula di Endgame kita melihat Wanda menghajar Thanos cukup keras. Jadi bisa kamu bayangkan bagaimana kekuatan Scarlet Witch nanti.

Kekuatan Monica Rambeau

Di episode 9 kita juga melihat bagaimana Monica Rambeau akhirnya memanfaatkan kekuatannya dengan kesadaran penuh. Wanda sendiri menjelaskan kalau Monica terpapar kekuatannya yang berasal dari “sebagian” Mind Stone.

Seperti sudah disebut sebelumnya, di komik Monica Rambeau menjadi superhero Spectrum, Photon, bahkan pernah jadi Captain Marvel. Ini berhubungan juga dengan adegan di tengah credit title.

“I am Vision”

Percakapan dua sosok Vision menghasilkan kesepakatan kalau mereka berdua adalah asli. Namun Vision putih masih punya kekurangan ingatan dari peristiwa sebelumnya. Vision kreasi Wanda pun membantunya mengembalikan ingatan itu, yang membuat Vision putih berkata “I am Vision.”

Ini menarik, tentunya kalau kita mengingat ucapan itu adalah kekhasan Iron Man. Tony Stark mengucapkan itu di awal dan di akhir petualangannya. Sebuah pernyataan yang kuat akan kesdaran identitas dan tanggung jawab yang ia beban. Demikianlah Vision menyatakan hal yang sama (mungkin Marvel memberi penghormatan pada Iron Man) ketika ia mendapat kesadaran dan identitasnya kembali.

Adegan Credit Title Pertama

Adegan di tengah credit title menunjukkan sesosok Skrull mendekati Monica. Ia mengaku bekerja untuk teman ibunya dan berkata kalau teman ibunya itu ingin bertemu dengan Monica “di atas sana.”

wandavision episode 9 mid credit scene

Ini tentu merujuk pada Nick Fury yang sedang berada pada misi di stasiun ruang angkasa (terlihat di adegan credit title Spiderman: Far From Home). Hm, mungkin ini merupakan indikasi untuk film Captain Marvel 2.

Adegan Credit Title Kedua

Adegan di akhir credit title episode 9 serial WandaVision juga tidak kalah menarik. Adegan ini menunjukkan Wanda yang bisa memecah diri dan sedang mempelajari buku The Darkhold.

Penggandaan diri ini mirip dengan apa yang Doctor Stephen Strange lakukan di film Doctor Strange. Suatu hal yang bisa membuatnya belajar sihir dengan cepat (multitasking, baby!).

Di komik, dewa Chthon memilih Wanda untuk memiliki kekuatan chaos magic. Setiap Wanda memakai kekuatan itu, batas realita menipis dan Chthon bisa masuk dengan lebih mudah dari dimensi lain.

Bukan tidak mungkin hal inilah yang memicu kekacauan multiverse, mengingat Wanda akan hadir di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Bukan tidak mungkin pula kalau Chthon menjadi villain di film tersebut.

More Stories
Dave Bautista Akan Bermain Bersama Daniel Craig di Knives Out 2
%d bloggers like this: