5 Alasan Kenapa Kamu Mesti Baca Manga Berserk. Manga Seinen Terbaik

Hari ini mereka yang baca dan mengikuti manga Berserk sedang berduka. Pasalnya sang mangaka Kentaro Miura baru saja diumumkan meninggal dunia pada usia 54 tahun. Kentaro meninggal karena kondisi saluran jantung yang sobek. Meski telah tiada, Kentaro telah meninggalkan sebuah mahakarya yang disenangi terutama oleh mereka para pria-pria dewasa.

Meninggalnya Miura tentu memancing kita untuk kembali membaca kembali Berserk. Di samping itu, mereka yang belum membaca manga ini mungkin mulai tertarik untuk mencari tahu seperti apa sebenarnya kisah perjalanan sang mercenary bernama Guts ini.

Nah buat kamu yang mungkin penasaran dan belum yakni, Popculture.id telah merangkum setidaknya 5 alasan kenapa kamu wajib baca manga Berserk yang disebut-sebut sebagai salah satu manga seinen terbaik yang pernah diciptakan. Yuk langsung aja simak ulasannya di bawah ini!

Gambarnya yang Sangat Detil

Mau diakui atau tidak, manga adalah sebuah karya seni. Manga memiliki kekuatan besar pada visual yang menjadikan gambar sebagai faktor utama estetikanya. Nah alasan pertama kenapa Berserk begitu berkelas adalah gambarnya yang sangat detil dan berkelas. Berserk menjadi manga kelas atas dengan terus meningkatkan visual dan detil gambar dari tahun ke tahun.

Gambar mendetil ini semakin menarik dan indah mengingat Berserk adalah manga bergenre dark fantasy. Kentaro mampu menggambar makhluk-makhluk fantasi dengan begitu mendetil dengan tone warna yang gelap. Percaya nggak percaya, kamu akan selalu dibuat nyaman dan terkagum saat membaca chapter per chapter manga ini.

Cerita Balas Dendam Epik

Kisah pembalasan dendam tentu bukan hal yang aneh lagi dalam kultur pop. Kita bisa menemukan dalam cerita buku, film, serial ataupun video gim. Meski temanya cukup generik, Berserk mampu membuat cerita balas dendam yang sederhana berubah menjadi narasi yang konsisten dibuat rumit.

Nggak seperti banyak manga lain dengan tema yang sama, Berserk punya nuansa cerita yang sangat gelap dan serius. Kamu akan jarang menemukan momen atau adegan dengan premis yang positif. Semuanya serba serius dan dibuat memang untuk laki-laki dewasa. Nggak sedikit orang menyamakan narasi gelapnya Berserk dengan novel A Song of Ice and Fire karya George R.R Martin.

BACA JUGA  Boku No Hero Academia Season 4: Tidak Ada Yang Spesial

Adegan Pertarungan Brutal

Seperti sudah dibahas sebelumnya, Berserk adalah manga bergenre dark fantasy dengan cerita yang gelap dan serius. Karena dasar tersebut, cerita harus ditampilkan dengan menegangkan, menarik, brutal dan penuh darah. Beruntung, Berserk bisa memberikan semua hal tersebut. Adegan pertarungannya nggak pernah nanggung dan selalu berhasil membuat pembaca puas.

Kamu akan disuguhkan banyak pertarungan antara tokoh utama dengan makhluk-makhluk mengerikan yang membawa kehancuran. Kamu juga akan melihat adegan petarung lain melawan musuh yang menakutkan. Singkatnya, adegan pertarungan manga ini nggak pernah mengecewakan sama sekali.

Pengarapan Karakter yang Serius

Cerita balas dendam yang dibawa Berserk menjadi semakin menyenangkan untuk diikuti karena penggarapan karakter yang serius. Hubungan setiap karakter utama yakni Guts, Griffith dan Casca dieksplorasi secara maksimal. Ketiga karakter ini satu sama lain mempengaruhi dan membuat plot yang saling berkaitan.

Hal memukau lain adalah fakta bahwa Guts sebagai protagonis utama memiliki karakter yang sangat unik. Ia seperti pahlawan namun terbentuk dari tragedi mengerikan sepanjang hidupnya. Selain itu antagonis utama juga nggak kalah brilian. Griffith disebut sebagai salah satu villain paling paling di dunia anime atau manga. Pembangunan karakternya begitu rapi sehingga pembaca nggak bisa membedakan antara kejahatan dan kebaikan.

Berpengaruh Pada Kultur Pop Dunia

Dengan beberapa alasan yang telah dijabarkan di atas, nggak diragukan lagi kalau Berserk adalah salah satu manga seinen terbaik sepanjang masa. Berjalan sejak tahun 1980-an, Berserk konsisten memperlihatkan cerita yang menarik.

Karena hal ini pula, Berserk jadi manga yang jadi inspirasi banyak karya lain setelahnya. Beberapa di antaranya adalah game Dark Souls, Bloodborne dan Final Fantasy. Lalu ada manga yang terpengaruh Berserk seperti Castlevania, Vagabond bahkan Demon Slayer.


Judul Alternatif
ベルセルク
Deskripsi
Komik
Tipe
Manga
Genre
Seinen/Dark Fantasy
Penulis
Kentaro Miura
Ilustrator
Kentaro Miura
%d blogger menyukai ini: