Kehilangan Besar, Mangaka Berserk, Kentaro Miura Meninggal Dunia

Kabar duka datang bagi para pecinta manga Berserk. Pada Kamis, 20 Mei 2021, Kentaro Miura, mangaka Berserk secara resmi dikabarkan meninggal dunia. Kentaro meninggal pada usia 54 tahun sejak tanggal 6 Mei 2021 lalu.

Kabar Kentaro Miura meninggal dunia pertama kali diumumkan oleh akun media sosial resmi Berserk. Lewat unggahan tersebut diketahui kalau penyebab kematian Miura adalah penyakit diseksi aorta yang sudah akut.

Diseksi aorta adalah kondisi saat pembuluh darah besar yang bercabang jantung mengalami sobekan. Kondisi berbahaya ini umumnya terjadi pada pria di kisaran usia 60 sampai 70 tahun. Terlepas dari itu, kabar ini jadi tamparan keras bagi para penggemar manga terutama mereka fanboy Berserk.

Mengiringi unggahan tersebut, media sosial Berserk meyampaikan rasa hormat dan meminta doa dari para penggemar pada meninggalnya sang mangaka.

“Dr. Kentaro Miura, penulis Berserk, meninggal pada tanggal 6 Mei 2021 karena diseksi aorta akut. Kami ingin menyampaikan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk karya lukis Dr. Miura dan berdoa untuk jiwanya,” tulis pernyataan penerbit Berserk, Hakusensha Co.Ltd

Berserk dan Pengaruhnya Pada Kultur Pop

Meninggalnya Kentaro Miura tentu saja menjadi kehilangan besar bagi para penggemar kultur pop. Pasalnya, Berserk yang mulai dirilis sejak tahun 1989 menjadi manga berlatar abad pertengahan yang brutal dan banyak menginspirasi karya-karya kultur pop setelahnya.

Beberapa karya yang terinspirasi dari Berserk antara game Dark Souls, Bloodborne, Final Fantasy. Banyak juga manga lain yang mengambil inspirasi dari karya Miura ini seperti Demon Slayer, Vagabond dan Castlevania.

Berserk menjadi magnum-opus dari Miura. Manga ini pernah mendapatkan penghargaan Tezuka Osamu Cultural Prize pada tahun 2002 silam. Sampai sekarang, Berserk telah terjual sebanyak 50 juta kopi termasuk dengan versi digitalnya. Gokil kan?

Kentaro Miura sendiri mulai tertarik pada dunia gambar dan manga sejak usia 10 tahun. Ia kemudian fokus mengejar cita-citanya sebagai mangaka. Setelah lulus sekolah, ia kemudian belajar sambil bekerja sebagai asisten mangaka Hajime No Ippo, George Morikawa.

Akhir kata, selamat jalan Kentaro Miura. Rest in Peace and thanks for your legacy! We Love you!

%d blogger menyukai ini: