Rekomendasi 5 Anime Mecha 90an, Anime Lama yang Masih Berjaya

mecha anime era 90-an

Kali ini, kami merangkum rekomendasi 5 anime mecha 90an yang bisa menarik perhatianmu. Sebuah genre yang sudah berjaya sejak era awal penayangan anime ini. Era perbatasan sebelum era anime modern dimulai.

Memang, untuk kaum lelaki, mecha anime merupakan salah satu genre yang paling diminati. Cerita yang penuh inspirasi, terkadang menyerempet ke arah filosofi, dibalut dengan desain robot yang memanjakan mata.

Di era penayangan anime modern seperti sekarang, mecha anime seperti agak tenggelam. Anime yang populer biasanya adalah anime adaptasi light novel atau manga dengan cour yang singkat. Mecha anime yang memakan banyak cour dan menggunakan cerita orisinal sangat sulit dan langka untuk diproduksi sekarang.

Rekomendasi Anime Mecha 90an

1. Kidou Senkan Nadesico (Martian Successor Nadesico)

Martian Successor Nadesico

Kidou Senkan Nadesico menceritakan tentang seorang pilot mecha backup bernama Akito yang memilih untuk menjadi koki ketimbang menjadi pilot. Akito dipaksa meninggalkan rumahnya di planet Mars yang dihancurkan dan harus menaiki kapal perang Nadesico yang dipimpin oleh Kapten Yurika, yang merupakan teman masa kecil Akito.

Elemen yang membuat Nadesico spesial adalah perpaduan antara komedi dan ceritanya yang begitu halus. Tim produksi tak ragu untuk mendorong elemen komedinya sampai hampir menghancurkan fourth wall. Sedangkan momen-momen emosional dan menarik hati yang merupakan ciri khas mecha anime juga tak kurang di Nadesico.

Kru kapal Nadesico sendiri merupakan daya tarik tersendiri. Mereka terdiri dari para buangan masyarakat, para otaku, dan orang-orang aneh lainnya yang sulit dijelaskan. Yurika sebagai kapten harus memimpin mereka menuju Mars untuk mempelajari kebenaran dari serangan monster yang menyerang manusia.

Nadesico memiliki pacing yang unik, terlebih dengan berbagai elemen komedi yang disebutkan di atas. Nadesico juga tak ragu untuk memparodikan mecha anime di era-era sebelumnya, membuat penonton yang menyadarinya menambah apresiasi pada Nadesico.

BACA JUGA  Bikin Kesel Atau Bahagia? 10 Karakter Anime Ini Bangkit dari Kematian

2. Macross 7

gamabr macross 7 salah satu anime mecha 90an
Mylene dan Basara dari Macross 7

Sebagai salah satu franchise mecha anime terbesar di Jepang selain Gundam, Macross mengeluarkan entri mereka di era 90-an dengan bang. Sutradara Shoji Kawamori dan timnya seolah kesetanan saat membuat Macross 7.

Kawamori memutuskan untuk menyajikan vibe yang berbeda dibandingkanseri sebelumnya, SDF Macross. Bukan berarti tak ada peperangan atau cinta segitiga, karena dua poin itu adalah inti dari cerita franchise Macross.

Macross 7 adalah usaha Macross untuk tidak melekatkan diri pada genre real robot, ketika pertarungan robot disajikan secara realistis seperti pada Gundam. Sebaliknya, pada Macross 7, Kawamori menekankan pertarungan yang menyentuh genre super robot, seperti franchise Mazinger, atau Getter Robo.

Macross 7 sendiri menceritakan 35 tahun setelah event pada SDF Macross berakhir. Nekki Basara adalah gitaris dan penyanyi dari band Fire Bomber. Sehari-harinya, Basara membuat lagu dan menyanyi di koloni Macross 7 sambil berharap kalau musiknya memiliki kekuatan lebih.

Suatu hari, Macross 7 diserang oleh ras alien yang tak diketahui. Tetapi, berbeda dengan perang sebelumnya, para alien ini tidak mengincar untuk membunuh manusia, melainkan menyerap “spiritia” pada diri manusia. Manusia yang “spiritia”-nya diambil kemudian akan menjadi seperti zombie, tak responsif dan kehilangan semangat.

Basara berniat menggunakan lagunya untuk menyelesaikan konflik antara manusia dan ras alien tersebut.

3. Mobile Suit Gundam Wing

Mobile Suit Gundam Wing

Setelah sebelumnya dari Macross, sekarang adalah giliran franchise lainnya, Gundam. Seri TV sebelumnya, yakni Mobile Suit Victory Gundam, dianggap terlalu kelam dan kurang cocok untuk icon penjualan mainan anak-anak.

Elemen cerita yang gelap itu memang jadi ciri khas Gundam yang dibawa sampai ke era modern ini. Misalnya di Gundam: The Witch from Mercury.

Oleh karena itu Bandai selaku sponsor meminta studio Sunrise untuk memproduksi anime Gundam baru, yang bisa menjadi pionir kepopuleran dengan imej baru yang terlepas dari Victory.

Hasilnya, Gundam Wing sangat populer, bahkan lebih populer di luar negeri ketimbang di Jepang sendiri. Wing bisa dikatakan menjadi gerbang bagi penonton mecha anime luar Jepang untuk masuk ke genre ini.

BACA JUGA  Sorcerer Setara Gojo? Ini Kekuatan Yuta Okkotsu Di Jujutsu Kaisen!

Gundam Wing menceritakan era ketika United Earth Sphere Alliance menguasai Bumi dan koloni luar angkasa. Para koloni yang sudah lama melalui era penindasan, mengirim lima mobile suit yang disebut Gundam untuk membalas dendam ke Bumi.

Daya tarik Wing adalah penggambaran perang dari tokoh utama, Heero Yuy, sebagai salah satu dari lima pilot yang dikirim ke Bumi. Bagaimana Heero menyelesaikan misi balas dendamnya, dan apakah misinya bisa membawa perdamaian, semua itu bisa kalian temukan di Gundam Wing.

4. After War Gundam X

Poster After War Gundam X

Masih dari franchise Gundam, kali ini kami akan membahas After War Gundam X. Setahun sebelum Wing rilis, Sunrise sebenarnya sudah menayangkan satu serial Gundam untuk “memadamkan” efek Mobile Suit Victory Gundam.

Mengambil setting cerita 15 tahun setelah Perang angkasa ke-7, 98 juta sisa penduduk Bumi berusaha hidup sebisa mungkin di dunia post-apocalyptic. Mobile suit dan senjata peninggalan perang jatuh ke tangan penduduk biasa dan organisasi lainnya di Bumi.

Untuk mencegah kekacauan yang bisa terjadi, Jamil Neate mengumpulkan kru yang berisikan para Vultures yang bertugas mencari Newtypes dan menjaganya agar tidak dieksploitasi. Tokoh utama Gundam X, Garrod Ran, adalah salah satu Vulture tersebut.

Mereka berusaha menjalankan misinya sekaligus mencegah perang kembali meletus dari sisa-sisa faksi paska perang berakhir. Serial ini sempat dianggap kurang berhasil karena episode penayangannya dikurangi. Kemungkinan kurang populernya Gundam X adalah ceritanya yang berfokus pada karakternya, bukan pada pertarungan robot.

5. Mobile Fighter G Gundam

Mobile Fighter G Gundam

Masih dari franchise Gundam, tetapi entri kali ini berbeda dengan dua serial Gundam sebelumnya. Apabila mayoritas serial Gundam termasuk Gundam X dan Gundam Wing digolongkan ke genre real robot, maka G Gundam masuk ke kategori super robot.

G Gundam bersetting di Future Century (F.C) di mana manusia sudah merusak Bumi. Mayoritas umat manusia sudah meninggalkan Bumi dan tinggal di koloni angkasa, dengan setiap negara memiliki koloni tersendiri. Setiap empat tahunnya, ada “Gundam Fight” di mana setiap koloni mengirimkan satu petarung untuk ditandingkan. Koloni asal pemenang akan berhak memerintah Bumi selama empat tahun ke depan.

BACA JUGA  7 Kematian Karakter Anime Tersedih, Nggak Pernah Kebayang!

Tokoh utama seri ini, Domon Kasshu, harus ikut serta Gundam Fight untuk membalas dendam pada Kakaknya yang membuat Ayahnya tak sadarkan diri.

Tunggu Part Selanjutnya

Dunia anime mecha 90an memang sangat dalam. Berbagai ide dan cerita orisinil beradu, dan memang pada akhirnya hanya beberapa yang berbekas sampai sekarang.

Karena itu, sungguh disayangkan apabila legacy dari salah satu genre populer ini terlupakan begitu saja.

%d blogger menyukai ini: