Daftar 5 Anime Seinen yang Sepertinya Memang Perlu Reboot

Mayoritas anime seinen adalah tayangan jadul yang rilis sejak puluhan tahun lalu. Ini dia daftar anime seinen yang rasanya perlu reboot.

Sebagai penggemar anime, apa saja jenis anime yang kamu tahu? Anime shoujo, shonen, atau yang lainnya? Tapi ngomongin soal jenis anime yang ada saat ini, apakah kamu tahu atau pernah dengar soal anime seinen?

Apa itu anime seinen? Anime seinen adalah konten animasi yang ditujukan untuk audiens lebih tua. Anime ini digambarkan dengan pencitraan dan pengembangan karakter yang lebih matang dibanding shonen. Jadi bisa dibilang, seinen adalah kakaknya anime shonen. Walaupun kakaknya, tapi anime seinen tidak pernah mendapatkan ‘rasa hormat’ atau popularitas yang sama seperti anime shonen.

Walaupun beberapa anime terhebat sepanjang masa masuk dalam kategori seinen, tapi mayoritas penggemar anime justru menganggapnya termasuk kategori shonen. Inilah yang membuat genre seinen jarang banget dibicarakan penggemar anime.

Sama seperti beberapa anime shonen jadul yang mengalami kebangkitan, anime seinen pun juga bisa menorehkan pencapaian yang sama yakni dengan cara reboot. Kali ini saya telah merangkum beberapa anime seinen yang perlu mendapatkan reboot entah karena adaptasi dari manga-nya yang kurang oke, atau hanya untuk memperbarui visualnya supaya sesuai dengan selera anak-anak masa kini.

Gangsta.

“Gangsta.” adalah anime yang diadaptasi dari manga hasil karya Kohske, yang berhasil tayang di halaman Komik Bulanan @BUNCH sejak tahun 2011. Mayoritas penggemar menyukai dunia kriminal super kejam dan trio pemimpin keren di dalamnya.

Lalu saat versi animenya ditayangkan pada tahun 2015, sambutan yang sangat bagus diberikan oleh penggemar. Sayangnya studio yang menggarap anime ini, Manglobe, terpaksa tutup setelah menyelesaikan musim pertama.

Sejak saat itu, tidak ada update terbaru dari anime “Gangsta.” Tapi peluang untuk menjadi anime hits tetaplah ada. Hal yang perlu dilakukan adalah menemukan studio animasi yang bagus untuk mengembangkan kembali anime ini.

Berserk

“Berserk” berhasil memantapkan posisinya sebagai salah satu serial anime fantasi gelap terepik sepanjang sejarah. Anime ini diadaptasi oleh manga legendaris karya Kentaro Miura di tahun 1988. Walaupun manga-nya sudah berusia puluhan tahun, tapi cerita yang disajikan serial ini masih tetap hidup.

Manga “Berserk” sendiri telah mendapatkan dua serial anime di masa lalu. Adaptasi pertama dilakukan pada tahun 1990-an, sedangkan adaptasi yang kedua dilakukan pada tahun 2016. Sayangnya adaptasi kedua dicap negatif oleh penggemar. Mayoritas penggemar menganggap kalau “Beserk (2016)” adalah salah satu anime dengan CGI terburuk sepanjang masa. Maka dari itu, nggak sedikit penggemar yang menganggap kalau “Beserk” layak untuk di-reboot.

Brave 10

“Brave 10” adalah manga karya Kairi Shimotuski yang pertama kali rilis di majalah seinen Comic Flapper. Manga ini kemudian diadaptasi menjadi anime yang terbagi dalam dua bagian. Pertama sebagai “Brave 10” dari tahun 2006 – 2010, lalu yang kedua adalah “Brave 10 S” dari tahun 2011 – 2016.

“Brave 10” fokus pada Sanada Ten Braves, yang bertugas melindungi gadis kuil Isanami setelah seorang pembunuh bayaran dikirim untuk mengejarnya. Sayangnya adaptasi anime “Beserk” cuma itu-itu saja, dan tak sedikit penggemar menginginkan versi reboot karena masih banyak cerita “Beserk” yang belum terungkap.

BACA JUGA  Yuk Lihat Trailer ‘Pokemon the Movie: The Power of Us’ !

You’re Under Arrest

“You’re Under Arrest” merupakan manga karya Kosuke Fujishima yang dimuat dalam majalah seinen Morning Party Zokan dari tahun 1986 – 1992. Serial manga slice of life ini fokus pada kehidupan di sebuah kantor polisi, di mana ada dua petugas polisi wanita yang menangani kejahatan dari jaywalking untuk penculikan.

Dulunya anime ini sempat menjadi hit besar lho. Anime ini juga telah berjalan selama 3 musim, dan bahkan sudah diadaptasi menjadi live action. Cuma versi reboot mungkin perlu dilakukan untuk membangkitkan alur cerita “You’re Under Arrest” tapi dibalut dalam visual yang lebih kekinian biar lebih enak dipandang mata.

Outlaw Star

Mungkin akan sulit untuk membuat remake yang bisa mengalahkan “Outlaw Star” yang asli. Anime terbitan tahun 1998 diadaptasi dari manga di majalah Ultra Jump dan ditayangkan dari tahun 1996 hingga 1999.

Anime ini menggabungkan estetika sci-fi dan Barat untuk menciptakan dunia di mana dimungkinkan untuk memiliki pertempuran samurai dan penembak di alam semesta dengan pesawat ruang angkasa dan semuanya masih masuk akal.

Adaptasi anime Outlaw Star from Sunrise adalah adaptasi yang hampir sempurna yang menjadi hit di Barat ketika ditayangkan di blok Toonami. Tapi akhir-akhir ini, penggemar yang lebih muda cenderung belum pernah mendengarnya. Sebuah reboot tidak hanya bisa menghidupkan kembali minat, tetapi juga menghasilkan penonton yang diperlukan untuk sekuel yang tidak pernah didapatkan seri ini.

%d blogger menyukai ini: