10 Anti-Hero Terbaik Dari Semesta Marvel dan DC. Mana Paling Keren?

Membicarakan dunia superhero nggak akan ada habisnya. Memang pembahasan superhero selalu menyisakan hal yang menyenangkan untuk didiskusikan. Salah satu topik menarik adalah tentang anti-hero terbaik yang ada di semesta Marvel dan DC.

Sebelum mulai perlu diketahui dulu apa itu makna anti-hero. Berlawanan dengan hero atau pahlawan yang memiliki nilai kebaikan dan moral yang dijunjung tinggi, anti-hero punya nilai yang terkesan tidak biasa. Contohnya, jika seorang superhero nggak akan membunuh lawannya meski ia bersalah, maka seorang anti-hero nggak akan segan untuk menghilangkan nyawa musuh jika itu bisa membuat tujuannya tercapai.

Seorang hero tentu punya nilai yang baik, namun terlampau sempurna dan utopis. Atas alasan itu, banyak orang yang mengidolakan seorang anti-hero yang jauh lebih rasional dan dekat dengan realitas kehidupan kita sehari-hari. Nah buat kamu yang pengin tahu beberapa tokoh anti-hero dari semesta Marvel maupun DC, berikut adalah tokoh terbaik versi Popculture.id

Rorschach (DC)

Keadilan adalah sebuah cita-cita yang ditinggikan oleh banyak orang. Semua orang hidup dengan harapan tercapainya keadilan. Namun kata keadilan bisa juga bermakna kosong jika diucapkan oleh orang yang naif. Keadilan juga bukan sesuatu hal yang tunggal maknanya, ia bisa di interpretasikan oleh siapapun.

Rorschach adalah salah satu superhero yang memiliki pandangannya sendiri soal keadilan. Keadilan versi dirinya adalah hitam dan putih. Mereka yang baik akan hidup tenang dan mereka yang jahat harus dihukum bagaimana pun caranya. Karena tafsirannya ini, Rorschach berani untuk melukai, menghancurkan bahkan membunuh musuh dan penjahat demi keadilan yang ia pegang teguh.

Comedian (DC)

Semua orang punya pandangan hidup, tergantung pengalaman dan pengetahuannya. Hal yang sama juga dimiliki oleh Edward Blake alias Comedian. Meskipun ia seorang superhero yang menghukum dan menangkap penjahat bahkan ia seorang pahlawan nasional dalam semesta Watchmen, nyatanya Comedian adalah seorang anti-hero.

Comedian nggak memiliki pandangan dan ketertarikan khusus pada keadilan atau bahkan kebaikan hidup banyak orang. Ia menganggap bahwa masyarakat sudah hancur dan tugasnya sebagai seorang pahlawan adalah mengikuti kehancuran tersebut. Nggak heran jika Comedian pada akhirnya berani melukai warga sipil bahkan membunuh perempuan yang sedang mengandung anaknya sendiri sesuai dengan tugas yang diberikan kepadanya.

Deathstroke (DC)

Deathstroke adalah salah satu karakter paling didambakan para penggemar DC. Ia merupakan tentara bayaran dengan kekuatan, kecepatan dan kecerdasan di atas rata-rata. Ia pernah melawan para pahlawan demi uang, ia juga terkadang melawan penjahat dan demi uang. Singkatnya, Deathstroke tidak keberatan untuk melakukan hal baik atau buruk selama harga yang dibayarkan padanya tepat.

Filosofi tersebut membawa Deathstroke menjadi salah satu karakter yang tangguh dan realistis di semesta DC. Ia bisa menjadi pahlawan dan membunuh penjahat, ia juga bisa menjadi penjahat dengan menjegal para pahlawan. Ia hidup tanpa ‘kebenaran’ maupun ‘kekeliruan’ absolut.

Red Hood (DC)

Red Hood adalah salah satu anti-hero terbaik yang ada di semesta DC. Ia awalnya merupakan Robin dengan nama asli Jason Todd. Kehidupannya berubah setelah ia berhadapan dengan Joker dan mati. Ia kemudian bangkit dengan identitas baru Red Hood dan melakukan beragam hal keji dan sempat berhadapan dengan Batman.

Pada akhirnya Red Hood kembali ke sisi pahlawan dan menjadi salah satu partner Batman paling mematikan. Meski berada di bawah pengawasan sang manusia kelelawar, metode Red Hood tetap ada di garis anti-hero, tak segan untuk membunuh jika memang diharuskan.

Huntress (DC)

Huntress alias Helena Bertinelli adalah seorang perempuan yang punya jalan unik menjadi seorang superhero. Ia adalah seorang anak mafia yang keluarganya dibunuh. Ia bersumpah untuk membalas dendam dengan cara membunuh dan memburu pembunuh keluarganya.

Sampai suatu saat Huntress pergi ke Gotham untuk membunuh targetnya dan secara nggak sengaja bertemu dengan Batman. Memiliki pandangan berbeda untuk membasmi kriminalitas, Batman dan Huntress terkadang berdebat soal cara terbaik menangani pahlawan, apakah dengan cara baik-baik atau berdarah-darah? Pada akhirnya Huntress menjadi sekutu Batman yang tetap teguh membasmi kejahatan dengan caranya sendiri.

Wolverine (Marvel)

Wolverine adalah salah satu mutan penyendiri yang tangguh dan hidup dengan masalah berat berupa trauma pada hidupnya. Ia sendiri terkenal brutal dan menghancurkan musuh-musuhnya. Sisi tersebutlah yang membuat sosok Wolverine amat ikonik, populer dan memiliki banyak penggemar. Dari berbagai medium baik itu komik, animasi maupun film layar lebar, Wolverine tetap digambarkan sebagaimana adanya. Brutal, tak kenal ampun, kuat dan bertanggung jawab. Wolverine emang X-Men paling keren!

Punisher (Marvel)

Punisher adalah salah satu superhero dengan latar belakang yang sangat menyedihkan. Hampir sepanjang hidupnya ia habiskan di zona perang. Ia melihat kematian, diharuskan membunuh seseorang yang tak pernah ia temui sebelumnya. Belum lagi, ia harus kehilangan keluarga yang ia cintai akibat pengkhianatan negara terhadapnya.

Dengan dendam sebesar itu, Punisher berubah wujud menjadi seorang anti-hero yang brutal dan menghalalkan segala cara demi mencapai tujuannya. Ia bisa membunuh siapapun yang menghalangi jalannya. Sebenarnya ia nggak peduli terhadap masalah negara, namun tujuannya terkadang menjadi menyelamatkan dunia dengan caranya sendiri; tanpa menunjukan belas kasihan layaknya superhero.

Venom (Marvel)

Venom dikenal sebagai musuh dari Spider-Man. Hal ini disebabkan karena Eddie Brock yang kehilangan pekerjaan karena Peter Parker. Ia kemudian nggak sengaja terkena simbiot yang datang ke bumi. Kebanyakan manusia akan mati jika diinangi Venom, namun Eddie justru berhasil menyesuaikan diri.

Setelah konfliknya usai, Venom mulai melawan kejahatan dengan caranya sendiri. Ia terkadang membunuh penjahat dengan memakan kepala orang lain atau nggak segan membunuh siapapun yang menghalangi tugasnya. Venom sendiri memang menjadi salah satu anti-hero terbaik di semesta Marvel.

Moon Knight (Marvel)

Selanjutnya ada Moon Knight. Berbeda dengan kebanyakan superhero Marvel, Moon Knight adalah seorang superhero yang memiliki sisi spiritual tinggi dan filosofi hidup yang agak unik. Ia juga dikenal sebagai seorang superhero yang brutal dan nggak segan membunuh musuh-musuhnya. Bahkan ada beberapa versi yang menyatakan bahwa Moon Knight memiliki kondisi kejiwaan yang terganggu. Kendati begitu, ia tetap menjadi salah satu superhero paling ikonik di semesta Marvel.

Cable (Marvel)

Cable adalah seorang pahlawan yang sangat badass dan punya pendirian teguh. Nggak seperti kebanyakan mutan lain yang punya filosofi ‘namaste’, Cable berfikir terkadang ia harus menembak wajah penjahat untuk membuatnya jera. Ia juga merupakan salah satu karakter paling konsisten dan bisa mempengarhui cara pandang tim X-Men di satu titik tertentu.

Bonus: Deadpool (Marvel)

Deadpool adalah salah satu ikon anti-hero yang paling diketahui banyak orang. Ia memiliki kekuatan mutan dan mustahil mati. Ia sedikit gila karena eksperimen. Dikisahkan Deadpool merupakan seorang pembunuh bayaran yang mengambil tugas sesuka hatinya. Di saat-saat tertentu Deadpool justru terseret untuk menyelamatkan dunia dari para villain jahat.

Nah itu dia 10 anti-hero terbaik dari semesta Marvel dan DC. Gimana menurut kalian Popins? Anti-hero mana yang menurut kalian paling keren dan kuat? Atau kalian punya anti-hero favorit kalian sendiri? Yuk tulis di kolom komentar~

More Stories
‘Detective Pikachu’ dalam 60 Detik
%d bloggers like this: