Bong Joon-Ho Terus Perjuangkan Bahasa Non-Inggris di Oscar 2021

Pada Minggu, 25 April 2021, pagelaran Oscar 2021 telah digelar. Sejarah kembali tercetak setelah Chloe Zhao terpilih sebagai sutradara terbaik. Bong Joon-Ho yang mempersembahkan piala itu di ajang Oscar 2021 juga membuat kontroversi sendiri.

Chloe Zhao menjadi sutradara perempuan Asia pertama yang memenangkan penghargaan Oscar. Sebuah fenomena yang mengingatkan kita pada Bong Joon-Ho di pagelaran Oscar tahun 2020.

Film dan pidato Oscar Bong Joon-ho diam-diam menjadi salah satu momen epik dalam Oscar. Bong Joon-ho mempopulerkan bahasa ibu sendiri. Jadi panggung Oscar nggak lagi eksklusif bagi mereka yang berbicara bahasa Inggris.

Pada Academy Awards tahun lalu, Bong Joon-ho yang menyutradarai film Parasite menjadi pemenang Best Pictures non-Inggris pertama dalam sejarah Oscar. Kala itu Bong Joon-ho menyampaikan pesan yang kuat pada penonton Amerika Serikat yang selalu mengeluh akan keterbatasan subtitle.

Kala itu Bong Joon-ho berkata “Setelah kamu mengatasi halangan subtitle setinggi satu inci, kamu akan berkenalan dengan lebih banyak film yang sangat menakjubkan,”

Berperan untuk mempersembahkan penghargaan 2021 untuk Sutradara Terbaik dalam segmen yang direkam di Seoul, Bong Joon-ho memperkenalkan nominasi pemenang dalam bahasa Korea.

Dia berbicara terlebih dulu sebelum akhirnya penerjemahnya datang dan mengulang pernyataan Bong dalam Bahasa Inggris. Akhirnya ia memiliki waktu 20 detik untuk mengumumkan pemenang piala Sutradara Terbaik tahun 2021, Chloe Zhao.

Tentu saja momen tersebut sangatlah subversif. Sikap yang diperlihatkan Bong tentu menjadkan kehadirannya menjadi ikonik. Bong melanjutkan perjuangannya melawan bias Hollywood yang menampilkan sinema berbahasa asing.

Karena hal tersebut, Bong Jon-Hoo jadi salah satu sineas paling ikonik yang ada di muka bumi hari ini. Dengan sejarah Oscar yang mulai menyinarkan sinema Asia, penonton film di seluruh dunia sudah seharusnya mengikuti apa yang disebutkan Bong Joon-ho.

More Stories
Jadi Tayangan Eksklusif Netflix, Guru-Guru Gokil Bikin Dian Sastro Bangga
%d blogger menyukai ini: