Bong Joon-Ho – Salah Satu Peraih Oscar Terbanyak dalam Satu Malam

bong joon-ho oscar

Parasite adalah film berbahasa asing pertama yang memenangkan piala Oscar untuk kategori Film Terbaik. Tapi ajang Oscar tahun 2020 ini juga mencatat rekor lain. Bong Joon-Ho adalah salah satu orang yang meraih Oscar terbanyak dalam satu malam.

Bicara soal jumlah, perolehan piala Oscar yang banyak untuk sebuah film sudah wajar. Misalnya, rekor untuk pemenang piala Oscar terbanyak untuk satu film adalah 11 piala. Rekor tersebut dipegang oleh Ben-Hur (1959), Titanic (1997), dan The Lords of the Rings: The Return of the King (2003).

Film The Lords of the Rings: The Return of the King sedikit lebih istimewa. Film ini memenangkan 11 piala Oscar untuk semua kategori yang dinominasikan. Dengan kata lain sapu bersih.

the lord of the rings oscar
Momen Oscar film The Lords of the Rings

Tapi akan beda halnya kalau kita bicara soal perorangan. Ya, memang ada yang mendapat piala Oscar cukup banyak. Misalnya Katherine Hepburn yang memperoleh 4 piala Oscar sebagai Aktris Terbaik.

Tapi tidak banyak yang berhasil memenangkan banyak piala Oscar dalam satu malam. Rata-rata hanya dua atau tiga. Bahkan, sepanjang sejarah hanya ada satu orang yang meraih 4 piala Oscar, yaitu Walt Disney. Yah, sampai Bong Joon-Ho memenangkan Oscar untuk Parasite.

Bong Joon-Ho mendapat 4 piala Oscar untuk kategori Film Terbaik (bersama Kwan Sik-Ae), Sutradara Terbaik, Film Internasional Terbaik, dan Skenario Asli Terbaik (bersama Han Jin-Won).

Sementara Walt Disney memenangkan 4 piala Oscar di tahun 1954, untuk Film Dokumenter Terbaik (The Living Desert), Film Dokumenter Pendek Terbaik (The Alaskan Eskimo), Film Pendek Kartun Terbaik (Toot Whistle Plunk and Boom), dan Film Pendek Terbaik (Bear Country).

walt disney oscar
Walt Disney raih 4 Oscar di tahun 1954

Kalau dilihat, Walt Disney memang lebih hebat karena memenangkan Oscar dari berbagai film. Tapi jaman sekarang persaingan lebih ketat dibanding dulu. Sehingga lebih sulit berbuat hal yang sama seperti Walt Disney.

Lagipula, rekor Walt Disney ini sudah bertahan selama 66 tahun. Bong Joon-Ho adalah orang pertama yang berhasil meraih prestasi dan memegang rekor yang sama dengan Walt Disney.

Yang cukup menarik, kalau kamu melihat daftar orang yang meraih piala Oscar terbanyak di Wikipedia, Bong Joon-Ho hanya dihitung meraih 3 piala. Di sana tidak tercantum piala Oscar untuk Film Internasional Terbaik. Entah kenapa.

Anyway, perhelatan ke-92 ajang Academy Awards ini memang membawa banyak hal menarik (termasuk untuk tokoh komik Joker). Tapi harus kita akui, Bong Joon-Ho dan film Parasite menjadi fenomena tersendiri.

banner cybersport

Latest Reviews

More Stories
Reuni Serial Friends Mulai Produksi Pada Agustus Mendatang
%d blogger menyukai ini: