Cek Nih, Main Game Pokemon Bikin Pintar?

Siapa yang sudah nonton Detective Pikachu ? Seru dan lucu kan. Tapi siapa sangka kalau Pokémon, terutama games-nya, dijadikan bahan penelitian tentang kerja otak!

Ini beneran lho. jadi para peneliti dari universitas Stanford, meneliti para fans pokemon untuk mengetahui bagaimana otak manusia berkembang dan jadi terorganisir. Mereka menggunakan game Pokémon original Red dan Blue untuk penelitian ini.

karakter monster lucu yang harus ditangkap dalam game Pokémon menjadi tantangan menarik bagi pemain untuk belajar menghafal wajah monster. Dengan cara bermain seperti itu, pemain dipaksa untuk mengingat sehingga hafal dengan karakter-karakter tersebut.

 “Bermain Pokémon selama berjam-jam membuat otak pemainnya merespons ke beberapa nama karakter seperti Wobbuffet, Bulbasaur, hingga Pikachu. Studi ini juga membuktikan kalau otak manusia lebih mudah menghafal nama berdasarkan dari bentuk wajah si monster,” ujar kepala riset, Jesse Gomez, dilansir Mirror.
Coba dilihat video berikut ini:

Tim peneliti menemukan ide bahwa ketika manusia mendapatkan stimuli sejak usia dini merupakan kunci berkembangnya beberapa area di otak.

Dalam studi yang melibatkan 11 partisipan orang dewasa ini, pemain ditempatkan pada pemindai MRI dan diperlihatkan ratusan karakter Pokémon secara acak. Hasilnya, tampak otak pemain game Pokémon militan merespons ke gambar-gambar karakter dan mengingatnya dengan mudah dibandingkan pemain baru.

Saat melakukan riset di Stanford University, Gomez sadar Pokémon berpotensi memicu proses penyimpanan ini, menggunakan teori visual yang dikenal sebagaieccentricity bias. Teori ini mengungkap bila dimensi dan lokasi bagian otak tertentu, bertanggung jawab untuk stimulus visual seorang manusia.

Karena semua subyek penelitian bermain Pokémon pakai handheld, mereka semasa kecil sudah terbiasa menggunakan penglihatan sentral bisa fokus pada tokoh-tokoh pada layar konsol. Perangkat seperti Gameboy biasanya dipegang tepat di depan mata, sehingga karakter-karakternya jadi rata di medan penglihatan manusia normal.

Makin berpengalaman seorang individu memainkan game Pokémon, makin kuat reaksinya di otak. Hal ini dapat membantu peneliti menjelaskan dan lebih memahami kondisi semacam disleksia dan beberapa lainnya dengan lebih baik.

Latest Reviews

More Stories
Justice League Ga Sesuai Harapan, Jake Gyllenhaal Dirumorkan Gantiin Batfleck
%d blogger menyukai ini: