Disney Garap “The Graveyard Book” Karya Neil Gaiman, Berhasilkah?

Disney kabarnya akan menggarap film berdasarkan sebuah buku karya penulis Neil Gaiman yang berjudul The Graveyard Book. Namun, sebenarnya proses adaptasi ini sudah melakukan proses panjang.

Neil Gaiman adalah penulis buku yang terkenal. Beberapa karyanya meliputi The Sandman, American Gods, Coraline, Stardust, Good Omens, dll. Ia juga menulis beberapa grafis novel dan komik untuk DC dan Marvel.

Jadi tidak heran kalau karyanya dikejar oleh banyak pihak untuk menjadi adaptasi. Tapi apa yang terjadi dengan yang satu ini?

The Graveyard Book Karya Neil Gaiman

The Graveyard Book adalah novel yang tidak hanya populer tapi juga berprestasi. Novel ini berhasil memenangkan British Carnegie Medal, dan mendapat pujian dari American Newbery Medal sebagai novel terbaik tahun ini.

Tidak hanya itu, buku ini juga memperoleh penghargaan Hugo Award untuk Best Novel dari The World Science Fiction Convention. Sedangkan dari sisi Locus Award Novel ini dinobatkan sebagai Best Young Adult Book. Bahkan sempat masuk juga dalam The 100 Best Young-Adult Books versi majalah Time.

Sebenarnya novel apa sih ini? Sampai-sampai bisa mendapat setumpuk penghargaan dari berbagai asosiasi.

The Graveyard Book menceritakan tokoh seorang anak laki-laki bernama ‘Bod’ yang sejak kecil dibesarkan oleh makhluk supranatural atau bisa dikatakan hantu di dalam kuburan. Hal ini terjadi semenjak keluarganya dibunuh secara massal dan brutal.

Seiring bertambahnya usia, Bod diajarkan berbagai keterampilan dan kemampuan supranatural. Berkat itu ia bisa berubah menjadi tak terlihat, serta mengetahui bagaimana cara untuk masuk ke dalam mimpi orang lain.

Nah, hal-hal supranatural inilah yang menjadi kunci mengapa buku ini jadi menarik. Melalui novel ini, Neil berhasil membuat pembaca seolah terseret ke dalam dunia mistis ciptaannya.

“Development Hell” The Graveyard Book

Tahun 2009, seorang surtadara bernama Byzantium Neil Jordan menandatangani sebuah perjanjian untuk menggarap film yang diadaptasi dari The Graveyard Book. Hal ini didukung oleh perusahaan perfilman Miramax.

Di sisi yang lain, hak juga diberikan kepada CJ Entertainment, sebuah perusahaan yang memiliki relasi kuat dengan sutradara Harry Potter dan Mrs Doubtfire, Chris Colombus. Tapi sayang, keduanya tidak ada yang berhasil mewujudkannya.

Lanjut di tahun 2012, Walt Disney Pictures memperoleh hak untuk membuat film adaptasi Novel ini. Henry Selick, sutradara dari The Nightmare Before Christmas, dipercaya untuk membuatnya.

Tetapi lagi-lagi gagal. Di tengah jalan, Henry Selick keluar dari proyek film tersebut. Ia digantikan oleh Ron Howard. Kembali lagi, film ini pun melewati berbagai proses penulisan skenario dan tetap saja gagal.

Mampukah Disney?

Kali ini Disney mempercayakan proyek film The Graveyard Book ini pada Marc Forster dengan Renee Wolfe sebagai produsernya melalui bendera mereka berdua, 2DUX². Sedangkan naskahnya sekarang masih ditulis oleh David Magee.

Forster merupakan sutradara besar dengan karyanya Monster’s Ball, World War Z, dan Christoper Robin. Semua pihak pun berharap sang sutradara berhasil memproduksi film tersebut. Semoga saja film adaptasi ini menjadi menakjubkan semenakjubkan novelnya.


Novel ini bukanlah karya Neil Gaiman pertama yang difilmkan, masih ada beberapa karyanya yang sudah diadaptasi untuk layar lebar maupun serial. Di antaranya yaitu American Gods, Good Omens, dan The Sandman yang telah dan akan menghiasi Netflix.

Hingga saat ini belum ada update detail terkait produksi film adaptasi The Graveyard Book ini. Yang jelas kita hanya bisa berharap semoga Disney berhasil menyelamatkannya dari produksi yang terus gagal. Tetap pantau terus kabar terbarunya ya!

Yuk, lanjut baca
HOT! Kim Seon Ho Diduga Aktor “K” yang Paksa Pacarnya Aborsi
%d blogger menyukai ini: