Fenomena Seru Nominasi Oscar 2021: Ketika Asia Makin Bercahaya

Pada tahun 2020 lalu, Bong Joon-ho mencetak sejarah sebagai sutradara Asia yang berhasil memenangkan bergengsi di dunia perfilman Oscar lewat film Parasite. Sebagai orang Korea Selatan, kala itu Bong Joon-ho nggak hanya mewakili Korea Selatan, tapi juga masyarakat Asia secara keseluruhan. Setelah peristiwa bersejarah tersebut, sepertinya akan ada sejarah baru setelah nominasi Oscar 2021 diumumkan pada 15 Maret lalu.

Buat kamu yang belum tahu, sebagai ajang penghargaan bergengsi Oscar kerap mendapatkan kritik. Pasalnya Oscar memiliki sejarah yang selalu memenangkan orang kulit putih di masa lalu. Atas alasan tersebut kemenangan Bong Joon-ho sangat bersejarah. Selain itu, Oscar juga memperketat syarat film untuk bisa masuk nominasi dan menang. Salah satunya adalah keberagaman dan unsur minoritas. Kerennya, nominasi Oscar 2021 telah mencetak sejarah dengan beragam hal unik dan baru di dalamnya.

Aktor Terbaik Multi-Ras

Hal menarik dari Oscar 2021 adalah nominasi Aktor terbaik. Nggak hanya diisi oleh aktor-aktor kulit putih, tahun ini kita memiliki nominasi yang sangat beragam. Hanya Anthony Hopkins, yang bermain dalam film The Fathers yang merupakan aktor kulit putih di Oscar 2021 ini.

Sisa nominator lain ada aktor kulit hitam, mendiang Chadwick Boseman lalu ada Steven Yeun yang merepresentasikan Asia. dan Riz Ahmed. Selain itu, pada Oscar tahun ini aktor asal Inggris berhasil unjuk gigi. Pasalnya ada 8 aktor asal Inggris yang mengisi nominasi, termasuk Riz Ahmed, aktor keturunan Pakistan. Ahmed menjadi aktor beragama Islam pertama yang masuk nominasi Oscar.

Film Internasional Unjuk Gigi

Selain para aktor yang beragam, pada Oscar tahun ini juga banyak film Internasional yang unjuk gigi. Bahkan beberapa film dipercaya akan memenangkan penghargaan Best Pictures dan kategori lain saat pengumuman Oscar yang digelar bulan April mendatang.

Beberapa film Internasional dan menarik yang masuk nominasi antara lain Minari, Judas and The Black Messiah, Sound of Metal, The Father dan masih banyak lagi. Semua film tersebut dijagokan dapat bersaing ketat dengan film-film Hollywood lain yang sama-sama masuk beragam nominasi. Bahkan film yang dibintangi Steven Yeun, Minari berasih memborong 6 nominasi pada Oscar 2021. Keren!

Sutradara Perempuan Cetak Sejarah

Hal menarik terakhir yang ada di Oscar 2021 adalah sejarah baru yang melibatkan perempuan. Pasalnya selama sejarah Oscar hanya lima sutradara perempuan yang pernah masuk nominasi sutradara terbaik sebelumnya dan hanya Kathryn Bigelow yang menggarap film The Hurt Locker yang memang pada tahun 2010.

Tahun ini, sejarah telah dicetak. Ada dua dari lima nominasi adalah perempuan. Mereka adalah Chloé Zhao, seorang warga Amerika keturunan China lewat film Nomadland. Zhao mendapatkan total empat nominasi antara lain film terbaik, skenario adaptasi terbaik, pengeditan terbaik dan sutradara terbaik.

Selain itu ada Emerald Fennell, perempuan asal Inggris yang dinominasikan jadi sutradara terbaik. Fennell mendapatkan nominasi tersebut berkat filmnya Promising Young Woman. Nah menurut Academy of Miotion Pictrues Arts and Sciences, sejarah baru telah tercatat. Secara keseluruhan rekor 76 nominasi tahun ini jatuh ke tangan perempuan.

Itu dia beberapa hal menarik dari Oscar tahun 2021. Buat kamu yang pengin tahu nominasi lengkapnya, kamu bisa langsung cek ke web resmi Oscar atau klik disini.

Nah Gimana menurut kalian Popins? Adakah film, sutradara atau aktor favorit kalian yang masuk nominasi? Kira-kira siapa yang bakal menang? Yuk tulis di kolom komentar~

More Stories
film dengan peran utama anak kecil
5 Film Yang Memiliki Peran Utama Anak Kecil
%d bloggers like this: