Semakin Sulit, Ini Syarat Baru Bagi Film Agar Menang Best Picture Oscar

Last updated:

Salah satu penghargaan paling bergengsi dalam dunia perfilman adalah Academy Awards. Banyak para pembuat film yang menginginkan piala penghargaan atas film yang mereka buat dengan sepenuh hati. Namun syarat baru untuk menang piala Oscar tidak mudah.

Setelah Oscar 2019 dimenangkan oleh Parasite, Academy Awards berinisiasi untuk mengubah syarat dan kriteria film yang ingin menang kategori Best Picture di penghargaan Oscar. Hal ini bermula dari banyaknya kritik terhadap Academy Awards yang diisi oleh orang-orang kulit putih.

Mengedepankan Keberagaman dan Kelompok Termarjinalkan

Hari ini Academy Awards telah menggodok syarat baru bagi film-film yang ingin memenangkan piala Oscar. Syarat tersebut berdasar pada keberagaman dan kelompok termarjinalkan. Apa maksudnya?

Jadi film yang ingin memenangkan kategori Best Picture minimal harus memiliki dua dari empat syarat keberagaman yang ada. Sementara itu kelompok termarjinalkan yang dimaksud oleh Academy Awards adalah perempuan, minoritas seperti ras kulit hitam, Asia, kelompok LGBT sampai penyandang disabilitas.

Keberagaman di layar

Nah keberagaman nomer satu yang jadi syarat Oscar adalah keberagaman dalam layar. Singkatnya film yang ingin memenangkan kategori Best Picture harus memiliki karakter utama atau karakter pendukung dengan peran penting dari salah satu kelompok termarjinalkan. Jika tidak, minimal film tersebut memiliki 30 persen pemeran pendukung atau cerita utamanya harus berfokus pada cerita dari kelompok yang termarjinalkan.

Komposisi kru

Kemudian harus ada keberagaman dalam komposisi kru film. Setidaknya harus ada dua orang dari kelompok termarjinalkan yang mengepalai tim kreatif atau departemen produksi. Jika hal tersebut nggak memungkinkan, 30 persen kru yang membuat film tersebut mesti berasal dari kelompok yang termarjinalkan.

Keberagaman studio

Lalu ada kategori ketiga dimana harus ada keberagaman di dalam studio. Maksudnya film harus memperkerjakan eksektif senior dari kelompok termarjinalkan di tingkat studio atau rumah produksi yang nantinya bertugas untuk menangani pemasaran dan disitribusi film.

Peluang Pelatihan Dan Pengembangan Karir

Terakhir film tersebut harus memiliki peluang kerja yang terbuka bagi siapa saja. Produksi film sangat diwajibkan menyediakan peluang magang berbayar pada kru baru serta pelatihan terbatas untuk anggota kru dari kelompok yang termarjinalkan. Film tersebut juga harus bisa memberi pengalaman dan pengembangan karir bagi mereka yang bekerja dalam film tersebut.

Nah itu dia 4 syarat utama untuk memenangkan kategori Best Picture di piala Oscar. Semua yang ditulis di atas telah diumumkan secara resmi oleh Academy Awards pada bulan Juni 2020 lalu. Kendati demikian peraturan ketat dan sulit tersebut akan mulai ditetapkan ada perhelatan Oscar tahun 2024.

Latest Reviews

More Stories
Infinity Stone, Akik Mahal Koleksi Thanos yang Khasiatnya Luar Biasa
%d blogger menyukai ini: