7 Film Animasi Batman Terbaik, Mulai dari yang Paling Jadul Sampai Terbaru!

Gak usah ngaku fans berat Batman kalau belum nonton film animasinya!

film animasi batman terbaik
Sumber: Blurgit

Kamu penggemar berat Batman? Sudah nonton beberapa film animasi Batman terbaik? Kalau belum, mungkin kamu bisa baca rekomendasi ini.

Batman adalah salah satu franchise superhero yang telah ada sejak beberapa dekade lalu. Sejak awal berdiri, franchise Batman sudah menelurkan banyak sekali karya hiburan. Mulai dari komik, film live action, film animasi, dll.

Nah ngomongin soal film animasi nih, ada puluhan film animasi Batman yang pernah dibuat. Sayangnya nggak semua film animasi Batman sukses di pasaran. Nggak sedikit film animasi Batman yang gagal dan bahkan dicap sebagai karya terburuk.

Tapi tenang, yang akan saya bahas kali ini bukan film animasi Batman terburuk kok. Dalam ulasan kali ini, saya hanya akan membahas soal rekomendasi film animasi Batman terbaik untuk kamu.

Kalau kamu belum pernah menontonnya, mungkin beberapa film animasi ini layak kamu coba. Oke kalau begitu, yuk langsung saja simak ulasan berikut sampai selesai!

Rekomendasi Film Animasi Batman Terbaik

1. Batman: The Dark Knight Returns (2013)

Film animasi Batman terbaik yang pertama adalah Batman: The Dark Knight Returns. Film ini dibuka dengan versi dystopian dari Gotham mada depan. Dalam film animasi ini, Gotham diceritakan telah dikuasai oleh Mutant.

Bruce Wayne yang sekarang berusia 55 tahun sudah pensiun dari profesinya sebagai pembasmi kejahatan. Wayne memutuskan pensiun setelah kematian sahabat karibnya, Jason Todd.

Namun karena invasi Mutant semakin menjadi-jadi, akhirnya Wayne batal pensiun. Mau nggak mau, ia harus kembali menghadapi Mutant dan mengembalikan kedamaian Gotham seperti semula.

2. Batman: The Long Halloween (2021)

Batman: The Long Halloween adalah salah satu film animasi Batman yang paling epik. Seperti film adaptasi lainnya, film yang satu ini menampilkan sosok murni Batman yakni sebagai ‘Detektif Terbesar Dunia.’

BACA JUGA  Bikin Ambyar! Inilah Daftar Film dan Drama Hyun Bin & Son Ye Jin

Film ini awalnya dirilis dalam dua bagian. Namun intinya, keseluruhan ceritanya adalah mengikuti Dark Knight saat ia melacak seorang pembunuh berantai. Uniknya, pembunuh berantai ini hanya melancarkan aksi kejinya di hari libur.

3. Batman: Under the Red Hood (2010)

Kalau kamu penggemar film animasi Batman jadul, mungkin Batman: Under the Red Hood nggak boleh kamu lewatkan. Film ini bakal mengajak kamu nostalgia dengan misi masa lalu Dark Knight.

Walaupun filmnya sudah berusia lebih dari satu dekade, tapi Batman: Under the Red Hood adalah salah satu proyek WB terbaik. Hal ini tak lepas dari aksi sensasional sosok Dark Knight yang ditampilkan di dalamnya.

Selain itu, para pengisi suara dalam film animasi ini juga patut diacungi jempol. Apalagi saat kamu mendengar penampilan suara menonjol dari Jason Isaac dan Neil Patrick Harris. Masing-masing dari mereka menyuarakan Ra’s al Ghul dan Nightwing.

4. The LEGO Batman Movie (2017)

The LEGO Batman Movie mungkin sering dianggap sebagai film animasi khusus anak-anak. Tapi percayalah, film satu ini justru mampu menampilkan pemahaman sejarah yang lebih bagus, dibanding film live action­-nya.

Film ini menyoroti apa saja hal fantastis yang ada di Batman. Menariknya di sisi lain, film ini nggak ragu untuk mengkritik aspek karakter Batman yang dianggap meresahkan.

5. Batman: Mark of the Phantasm (1993)

Pencipta Batman: Mask of the Phantasm awalnya cuma ingin merilis film ini dalam bentuk klip video. Tapi Warner Bros sangat terkesan dengan hasilnya, dan memutuskan untuk merilisnya ke bioskop.

Sayangnya, strategi Warner Bros tidak tepat sasaran. Kenyataan tak sesuai ekspektasi, Batman: Mark of the Phantasm malah gagal di Box Office.

Walaupun gagal di Box Office, tapi nggak bisa dipungkiri kalau alur cerita yang disajikan film ini cukup menarik. Film ini menyelami secara mendalam tragedi yang melekat dalam kehidupan Bruce Wayne.

6. Batman Beyond: Return of the Joker (2000)

Apa sih yang bisa bikin seorang Bruce Wayne dengan sukarela membuka tudung dan jubahnya? Pertanyaan ini adalah inti dari Batman Beyond: Return of the Joker.

Kamu tahu nggak, jawaban dari pertanyaan tersebut rupanya sangat mengerikan lho. Sebagai entri tergelap di DCEU, kamu akan menemukan berbagai sisi ‘gelap’ dari universe DCEU di film animasi ini.

BACA JUGA  Dick Grayson Mengambil Alih Gotham Setelah Pernikahan Batman

7. Batman: Hush (2019)

Batman: Hush mengadaptasi seri ke-12 edisi tituler dari Jeph Loeb dan Jim Lee. Fyi, Batman: Hush adalah salah satu film animasi Batman yang paling terkenal. Bahkan popularitasnya sudah diakui secara luas dalam sejarah 80 tahun Batman.

Lalu apa yang ditampilkan oleh film ini? Batman: Hush menampilkan cerita detektif bertenaga super, dengan identitas penjahat tituler sebagai bagian utama dari misteri ini.

Di film ini kamu juga bakal melihat sekutu terdekat Batman bakal diancam habis-habisan oleh si tokoh antagonis. Sekutu yang dimaksud adalah Tommy Elliott dan Selina Kyle alias Catwoman.

Suka Yang Mana?

Baiklah, itu dia beberapa rekomendasi film animasi Batman terbaik selama beberapa dekade. Gimana, ada kah film animasi yang sudah pernah kamu tonton?

Kalau kamu benar-benar penggemar berat Batman, saya sarankan kamu untuk mencicipi semua film animasi Batman terbaik di atas. Karena masing-masing dari mereka punya daya tarik tersendiri yang sayang kalau dilewatkan.


Jika kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar ya~

%d blogger menyukai ini: