Penasaran Dengan Anime Asal Arab? Ini Penampilan Film “The Journey”

Jika membicarakan anime, yang terlitas dipikiran kita adalah Jepang. Negara Sakura tersebut memang pemilik asli gaya anime yang sudah mendunia tersebut. Tapi, apa jadinya jika ada anime asal Arab? Tentu saja ini hal yang cukup unik. Beruntungnya, kita sudah bisa melihat penampilan perdana film anime Arab yang berjudul The Journey ini,

The Journey sendiri merupakan film anime yang digarap dari hasil kerja sama antara studio animasi Arab dan Jepang. Kedua studio tersebut adalah Manga Productions dan Toei Animation yang telah popuer di Jepang maupun di dunia.

Mengacu pada trailernya, kita bisa melihat bahwa film anime The Journey memiliki gaya animasi khas Jepang dengan latar dan penampilan karakter khas Timur Tengah, tepatnya Saudi Arabia. Diketahui, anime ini akan mengangkat sejarah menyoal Semenanjung Arab serta peradaban kuno di daerah Timur Tengah tersebut.

Sebenarnya, anime yang berbau cerita atau penampilan Arab atau khas Timur Tengah bukan hal yang asing. Contohnya seperti Fullmetal Alchemist yang menceritakan mitos alkimia yang berawal dari Timur Tengah, meski anime tersebut justru berlatar negara Jerman.

Lalu ada anime dan manga One Piece yang menghadirkan beberapa karakter dengan latar belakang khas Arab dari mulai pakaian sampai nama. Kalian pasti masih ingat sosok Abdullah dan Jeet yang muncul di Colloseum di Dressrosa. Atau ada juga serial anime Magi: The Labyritnth of Magic yang terinspirasi dari kisah-kisah Timur Tengah.

Kembali lagi, anime The Journey sendiri akan menceritakan sosok pemuda bernama Aws yang merupakan seorang pembuat dan penjual tembikar. Ia memiliki masa lalu yang menyedihkan dan gelap (orang tuanya dibunuh saat ia masih kecil). Sepertinya anime ini akan bergenre shounen dengan memperlihatkan aksi, peperangan dan senjata-senjata khas arab seperti pedang Damaskus yang juga muncul dalam trailernya.

poster film the journey

Menariknya lagi, anime The Journey dibuat dengan teknologi 4DX yang akan memanjakan mata penonton dengan memberi pengalaman multi-sensor. Singkatnya ini adalah kualitas anime modern. Selain itu, anime ini akan memiliki dua dubbing; bahasa Arab dan bahasa Jepang.

Hal yang membuat anime ini menarik dan layak dinantikan adalah fakta bahwa The Journey digarap oleh sutradara kenamaan Jepang, Shizuno Kobun. Buat kamu yang belum tahu, Shizuno adalah sutradara film Detective Conan dan Godzilla: The Planet Eater.

Rencananya anime ini akan tayang di sejumlah bioskop di Timur Tengah dan Afrika Utara terlebih dahulu pada tahun 2021 ini. Kendati begitu, belum ada informasi lengkap menenai detil penayangan The Journey di luar daerah yang telah disebutkan di atas.

Semoga saja, film anime asal Arab ini akan bisa tayang di bioksop di negara lain terutama di Indonesia. Meski berasal dari Arab, para pencita anime di tanah air juga ingin tahu dan penasaran dengan cerita dari negara seperti Arab yang kental dengan budaya tumur serta sejarah panjang perang yang mereka lalui.

More Stories
4 Film Korea Terbaik yang Dapat Menginspirasi Kehidupan
%d bloggers like this: