Mengenang Sang Legenda Sepak Bola di Film Dokumenter “Diego Maradona”

film dokumenter diego maradona 2019

Sosok legenda sepak bola yang fenomenal dan kontroversial, Diego Maradona, meninggal dunia di usia 60 tahun pada tanggal 25 November 2020. Kalau kamu ingin mengenang sang legenda, film dokumenter berjudul “Diego Maradona” (2019) adalah pilihan yang jitu.

Diego Armando Maradona tidak pelak lagi adalah sosok yang fenomenal. Ia memiliki julukan “El Pibe de Oro” atau “The Golden Kid” alias “Anak Emas” karena bakatnya yang luar biasa.

Selain dikenal sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik sepanjang masa, Maradona juga dikenal dengan gol “Tangan Tuhan” di Piala Dunia 1986. Sebuah gol yang kontroversial, ketika Maradona terlihat menyentuh bola dengan tangannya, bukan kepala, ketika membuat gol.

Di sisi lain, sang legenda juga terkenal dengan kontroversi lain sebagai pecandu obat terlarang. Maradona pun dikenal punya pandangan politik yang keras.

Film Dokumenter “Diego Maradona”

Film dokumenter ini merupakan karya sutradara Asif Kapadia. Ia adalah sutradara yang sebelumnya membuat film dokumenter soal pembalap Ayrton Senna berjudul “Senna” (2010) dan penyanyi Amy Winehouse berjudul “Amy” (2015).

Seperti kedua film sebelumnya, Asif Kapadia menghadirkan kisah Maradona yang luar biasa dan penuh masalah. Kapadia memutuskan memakai era Napoli sebagai titik penceritaan, setelah kesulitan menentukan alur.

film dokumenter Diego Maradona

Yang menarik, Paul Martin yang menjadi produser film ini berhasil mengumpulkan berbagai footage yang belum pernah dipublikasikan. Rekaman film ini tersimpan selama 30 tahun setelah proyek dokumenter sebelumnya gagal diproduksi.

Klip pertama film dokumenter Maradona ini muncul pertama kali di Festival Film Cannes pada tahun 2019. Film ini pun mendapat tanggapan baik dari kritikus maupun penonton umum. Misalnya di Rotten Tomatoes yang meraih rating 89% dari 75 review.

Film dokumenter karya Asif Kapadia ini dinilai berhasil menampilkan sosok Maradona, baik dari sisi kejeniusannya, sampai sisi kontroversialnya. Bagaimana sosok yang dipuja bagai dewa ini juga punya sisi gelap yang getir.

Sang legenda kini sudah tiada. Film dokumenter “Diego Maradona” ini tersedia secara streaming di HBO dan juga sudah tersedia dalam bentuk DVD dan Blu-ray.

%d blogger menyukai ini: