10 Film Horor Indonesia Terbaik, Siap Menemani Malam Anda

Rekomendasi Film horor Indonesia Terbaik

Sebagai salah satu genre yang dominan di dunia film Indonesia selain romance, film horor tetap menjadi pilar sinema tanah air.

Indonesia yang kaya dengan berbagai cerita mistis dan kepercayaan klinik membuat banyak sekali sumber cerita yang bisa diadaptasi. Bahkan, banyak film yang diproduksi hanya berdasarkan rumor atau cerita mulut ke mulut saja.

Berbeda dengan dunia film horor barat yang cenderung mengandalkan adaptasi literatur dan novel, film horor Indonesia lebih menitikberatkan muatan lokal seperti mitos dan makhluk mistis khas tanah air. Bukti kalau begitu banyaknya film horor Indonesia diproduksi tiap tahunnya merupakan tanda betapa berlimpahnya cerita mistis di tanah air.

Untuk membantu pembaca sekalian yang sekiranya ingin menyelam ke dunia film horor Indonesia, berikut kami rangkum rekomendasi film horor Indonesia terbaik untuk menemani waktu menonton malam anda.

Rekomendasi Film Horor Indonesia Terbaik

1. Pengabdi Setan

Pengabdi Setan

Film Pengabdi Setan ini bercerita tentang keluarga kecil bahagia yang beranggotakan empat anak yaitu Rini, Toni, Ian serta Bondi dan kedua orang tuanya yaitu ibu dan bapaknya.

Karena kesulitan ekonomi, mereka sekeluarga harus pindah rumah. Setelah beberapa saat, Ibu Rini meninggal dunia.

Setelah ibunya dunia, Rini sebagai anak sulung harus mencari pekerjaan untuk membantu ekonomi keluarganya yang kritis. Dengan musibah kematian ibu mereka yang meninggal dunia, tentunya banyak menyisakan duka yang begitu dalam.

Namun, kejadian yang ganjal pun kerap mereka alami. Seperti munculnya teror dan beberapa kali adanya penampakan sosok yang mirip dengan almarhumah ibunya yang terus menghantui keluarga ini.

JudulPengabdi Setan
Tahun Tayang2017
PemeranTara Basro, Bront Palarae, Ayu Laksmi, Nasar Annuz, Endy Arfian, Elly D. Luthan
IMDB Rating6.5

2. Pengabdi Setan 2: Communion

Pengabdi Setan 2

Sekuel dari film Pengabdi Setan pertama, film ini juga disutradarai oleh sutradara kawakan Joko Anwar.

Menceritakan tentang beberapa tahun setelah berhasil menyelamatkan diri dari kejadian horor yang membuat mereka kehilangan ibu dan si bungsu Ian, Rini dan adik-adiknya, Toni dan Bondi serta Bapak memutuskan tinggal di rumah susun.

BACA JUGA  Ini 6 Film Horor Indonesia Dari Kisah Nyata Terseram. Berani Nonton?

Mereka percaya tinggal di rumah susun aman, karena ada banyak orang jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Namun, keluarga Rini segera menyadari bahwa tinggal bersama banyak orang akan sangat berbahaya jika mereka tidak saling mengenal siapa saja tetangga mereka.

Pada sebuah malam penuh teror, Rini dan keluarganya harus kembali menyelamatkan diri.

JudulPengabdi Setan 2 : Communion
Tahun Tayang2022
PemeranTara Basro, Bront Palarae, Ayu Laksmi, Nasar Annuz, Endy Arfian, Elly D. Luthan
IMDB Rating7.1

3. Perempuan Tanah Jahanam

Perempuan Tanah Jahanam

Masih dari kategori film garapan sutradara Joko Anwar dan dibintangi Tara Basro. Film horor kali ini menjelajahi kehidupan pedesaan, di mana misteri dan klenik masih menyelimuti.

Perempuan Tanah Jahanam berkisah tentang Maya dan Dini yang bekerja keras untuk bertahan hidup di kota. Maya tidak punya keluarga di Jakarta, sehingga Dini menjadi orang yang penting dalam hidupnya.

Namun kegagalan selalu mengikuti mereka. Hingga suatu ketika, Maya mendapat informasi dia mempunyai harta warisan keluarga di kampung asalnya. Bermodal informasi tersebut, Maya bersama Dini menuju kampung tempat keluarganya tinggal dahulu. Sesampainya di kampung, Maya dan Dini sampai di rumah besar yang kosong.

Situasi sekitar juga terlihat aneh, salah satunya banyak kuburan anak-anak. Hingga pada suatu malam, Maya mendengar jeritan perempuan yang hendak melahirkan.

JudulPerempuan Tanah Jahanam
Tahun Tayang2019
PemeranTara Basro, Marisa Anita, Asmara Abigail, Christine Hakim, hingga Ario Bayu
IMDB Rating6.6

4. Qodrat

Qodrat

Aktor Vino G Bastian kali ini muncul untuk membintangi film horor. Kali ini dia bekerjasama dengan sutradara Charles Gozali yang masyhur dengan film-film action-nya.

Qodrat berkisah tentang Ustaz Qodrat (Vino G. Bastian) yang imannya terganggu setelah anaknya, Alfi, tewas akibat ulah iblis Assuala yang gagal ia rukiah dari tubuh sang anak. Ia pun pulang ke desa pesantren tempatnya menutut ilmu.

Namun, ia justru menemukan fakta bahwa warga desa tersebut mengalami gangguan supernatural, termasuk Alif, anak cowok yang namanya sama dengan anaknya.

Daya tarik dari Qodrat adalah jalannya film yang layaknya film superhero. Kemampuan Qodrat untuk memberantas setan dan cara bertarungnya yang di bantu koreografi oleh Charles Gozali memunculkan kesan layaknya superhero Marvel Doctor Strange atau superhero DC Constantine.

BACA JUGA  Rekomendasi 5 Film Horor Indonesia yang Tayang Tahun 2020
JudulQodrat
Tahun Tayang2022
PemeranVino G Bastian, Imron Ayikayu
IMDB Rating7.3

5. Ivanna

Ivanna

Diangkat dari novel karya Risa Saraswati, Ivanna menceritakan tentang kisah horor seorang gadis di masa lalu yang mencoba membalas dendam akan tragedi yang menimpanya.

Setelah kematian kedua orang tuanya, Ambar membawa adik satu-satunya yaitu Dika ke sebuah panti jompo milik sahabat orang tua mereka.

Lantaran sebuah penyakit dan pengobatan tidak dilanjutkan, Ambar kini juga harus menjalani hidup sebagai seorang tuna netra. Namun penglihatannya tidak 100 persen hilang.

Semenjak pandangannya kabur, ia merasa bahwa ia dapat melihat hal-hal yang tak dapat dilihat oleh orang lain.

Dia pun tak sengaja dapat menangkap penglihatan tentang masa lalu Ivanna, seorang gadis perempuan Belanda yang mati secara tragis.

Ia mengalami penyiksaan yang tragis dan pilu oleh tentara Jepang. Jadilah Ambar terjebak dalam rencana balas dendam membabi buta Ivanna.

Dendam yang tersimpan untuk orang-orang yang dulunya mengambil kepalanya, kini diarahkan bagi para penghuni panti tempat Ambar tinggal.

JudulIvanna
Tahun Tayang2022
PemeranCaitlin Halderman, Jovarel Callum, Junior Roberts, Shandy William
IMDB Rating7.3

6. KKN di Desa Penari

KKN di Desa Penari

Film ini bisa dibilang unik karena bersumber dari cerita yang viral dan booming lewat Twitter. Produksi film ini sempat terhambat oleh pandemi, dan akhirnya rilis tahun 2022.

KKN Di Desa Penari menceritakan enam mahasiswa yang melaksanakan KKN di sebuah desa terpencil.

Sang kepala desa memperingatkan mereka untuk tidak melewati batas gapura terlarang, sebuah gapura yang menuju Tapak Tilas. Tempat misterius itu mungkin ada hubungannya dengan sosok penari cantik yang mulai mengganggu Nur dan juga Widya.

Satu persatu mulai merasakan keanehan desa tersebut dan Bima pun mulai berubah sikap. Proker KKN mereka berantakan, tampaknya penghuni gaib desa tersebut tidak menyukai mereka.

JudulKKN di Desa Penari
Tahun Tayang2022
PemeranTissa Biani, Adinda Thomas, Aghniny Haque, Achmad Megantara,
IMDB Rating6.0

7. Qorin

Qarin

Entri selanjutnya dari rekomendasi film horor terbaik Indonesia adalah film yang disutradarai oleh Ginanti Rona pada tahun 2022. Film ini mengangkat tema pesan mistis yang tertanam dalam agama dan kebudayaan masyarakat.

BACA JUGA  Bocoran Film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas Tampak Kece!

Mengisahkan tentang Zahra ,seorang santri wanita yang ingin segera lulus. Keinginannya selalu terhambat oleh Ujay , Kepala Sekolah pengganti yang punya rencana jahat untuk para siswi.

Suatu hari, sekolah kedatangan santri baru bernama Yolanda. Ujay meminta Zahra mendampingi Yolanda dalam masa orientasi. Zahra juga diminta Ujay memimpin teman-temannya melakukan ritual Qorin, yakni ritual memanggil kembaran ghaib manusia. Usai ritual, asrama tempat Zahra dan Yolanda tinggal bersama siswi lain mulai diteror oleh sosok-sosok ghaib,

JudulQorin
Tahun Tayang2022
PemeranZulfa Maharani, Omar Daniel, Aghniny Haque
IMDB Rating6.7

8. Keramat

Keramat

Keramat merupakan film dokumenter bergaya horor yang bersetting di Yogyakarta. Menceritakan tentang rentetan kejadian mistis yang dialami oleh kru film selama membuat film dokumenter di Jogja.

Cerita bermula ketika Miea Kusuma bersama timnya berangkat dari Jakarta ke Jogjakarta untuk proses syuting film menggunakan Kereta. Selama di perjalanan, anggota kru produksi Poppy dan Cungkring, merekam aktivitas tim lainnya sebagai dokumentasi.

Setelah tiba di Jogja, Miea dan timnya mendapatkan sejumlah gangguan. Salah satunya Migi yang mendadak sakit hingga kemunculan pria yang tak dikenal menyuruhnya pulang.

Namun, itu tidak menyurutkan niat mereka untuk tetap pada rencana awal. Miea dan tim akhirnya tinggal di desa terpencil yang terletak di Bantul atas arahan pemandu wisata lokal

Perlahan, Miea dan kawan-kawanmendapatkan gangguan mistis lainnya seperti; mendengar suara tangisan, bunyi gamelan, dan melihat penampakan wanita menggunakan baju adat Jawa. Film Keramat ini mengambil beberapa latar tempat seperti; Pantai Parangtritis, Imogiri, dan Candi Borobudur.

JudulKeramat
Tahun Tayang2009
PemeranMigi Parahita, Miea Kusuma, Sadha Triyudha
IMDB Rating6.9

9. Keramat 2: Caruban Larang

Keramat 2

Masih bertema sama dengan film Keramat sebelumnya, namun dengan casting yang berbeda. Kali ini, film horor bergaya dokumenter ini akan menyorot suasana Cirebon setelah Yogyakarta di film sebelumnya.

Menceritakan tentang kisah tujuh orang yang akan melakukan perjalanan dari Jakarta ke Cirebon dengan berbagai agenda. Beberapa dari mereka ada yang ingin membaut film, menjadi influencer social media, dan membuat penelitian.

Kelompok yang beragam itu kemudian bertemu Indigo di sebuah panti asuhan. Sejak itu, berbagai peristiwa aneh terjadi.

JudulKeramat 2: Caruban Larang
Tahun Tayang2022
PemeranKeanu Angelo, Umay Shahab, Ajil Ditto
IMDB Rating6.9

10. Ratu Ilmu Hitam

Ratu Ilmu Hitam

Daftar rekomendasi film horor terbaik Indonesia ini akan kami tutup dengan remake film berjudul sama yang diperankan oleh aktris horor legendaris Indonesia, Suzanna, pada 1981. Kali ini sutradara Kimo Stamboel Bunian dan penulis skenario Joko Anwar turun tangan untuk memprakarsai remake ini.

Menceritakan tentang tiga sahabat yatim sejak kecil yang sudah tumbuh dewasa dengan keluarga masing-masing.

Suatu kali, mereka bertiga datang mengunjungi Panti Asuhan Tunas bersama istri-istri mereka untuk menemui orang tua asuh mereka. Rencana itu kemudian menjadi malapetaka semalam yang menguak rahasia yang selama puluhan terpendam di panti asuhan itu.

JudulRatu Ilmu Hitam
Tahun Tayang2019
PemeranArio Bayu, Tanta Ginting, Miller Khan
IMDB Rating6.5

Mana Film Horor Favorit Kalian?

Demikian daftar rekomendasi 10 film horor terbaik Indonesia versi kami. Bagaimana pendapat kalian? Jangan luap tuliskan komentar di bawah. Selamat menghabiskan malam dengan suasana horor

%d blogger menyukai ini: