5 Film yang Menceritakan Tentang Betapa Jahatnya Media Sosial

Media sosial itu mengerikan guys! Kamu bakal tahu seluk-beluknya pas nonton 5 film yang menceritakan tentang betapa jahatnya media sosial berikut ini.

Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, manusia dan media sosial adalah dua hal yang nggak bisa dipisahkan. Sedikit-sedikit update status di media sosial, sedikit-sedikit upload foto (yang nggak penting, ehem) ke media sosial. Bisa di bilang kita bisa menemukan ‘apa pun’ di media sosial.

Tentu semua itu ada sisi positif dan negatifnya. Sisi positifnya, kita bisa lebih mudah berinteraksi dengan semua orang (bahkan bisa dapat kenalan juga) dan update info terkini dengan mudah.

Tapi sisi negatifnya, media sosial nggak jarang (apalagi saat ini) dipakai buat ajang mem-bully dan menghujat orang lain. Bahkan saking kejamnya media sosial, ada sebagian orang yang nggak kuat dan memutuskan bunuh diri karena sering di-bully di media sosial (contoh kasusnya Haruma Miura). Parahnya, efek negatif media sosial tentu bukan itu saja.

Hm, mungkin ini yang bikin beberapa pihak memutuskan buat bikin film yang menceritakan tentang betapa jahatnya media sosial. Penasaran apa saja filmnya? Simak sampai bawah ya.

Screened Out (2020)

Film ini mungkin yang paling pas dengan keadaan anak-anak zaman now. Jadi dia adalah film dokumenter tentang orang yang kecanduan layar HP.

Bukan cuma itu, film ini juga bakal mengeksplorasi tentang bagaimana keadaan media sosial, seluk beluk smartphone (atau gadget lainnya), dan berbagai platform yang telah mengubah cara orang berkomunikasi.

Pokoknya kalau dipikir-pikir, film ini benar-benar pas dengan keadaan sekarang deh. Coba kalian lihat, di sekitar kalian saja, 1 sampai 10 orang pasti ada yang kecanduan HP. Alias sedikit-sedikit menengok layar HP, entah itu karena keadaan penting atau nggak.

The Social Dilemma (2020)

The Social Dilemma” juga merupakan film dokumenter (bedanya film ini diarahkan oleh Jeff Orlowski). Cerita menarik apa yang diangkat oleh film ini?

Jadi film ini lebih menceritakan berbagai sisi gelap dari media sosial. Mulai dari beragam teori konspirasi yang tersebar di mana-mana, kesehatan mental orang yang kecanduan media sosial, beragam info hoax, sampai perpecahan akibat pandangan politik yang berbeda.

Menariknya lagi, film ini turut menghadirkan beberapa orang di balik media sosial (dia asli guys). Orang tersebut turut menyuarakan betapa bahayanya aplikasi media sosial yang mereka kembangkan.

The Great Hacks (2019)

Lagi-lagi kita bertemu dengan film dokumenter. Film ini sekilas mirip dengan “The Social Dilemma,” yakni topik yang diangkat seputar sisi gelap media sosial.

Tapi fokus utama film ini ada pada kasus Cambridge Analytica dan Facebook. Film ini turut membeberkan bagaimana seluruh data pengguna internet ‘dimonitor’ dan ‘dieksploitasi’ demi kepentingan pribadi.

Pokoknya kalau kamu pernah mengikuti update kasus Cambridge Analytica dan Facebook, kamu pasti bakal tertarik nonton film ini sampai selesai deh. Dari film ini kamu juga bakal memahami kalau ‘data adalah salah satu aset termahal yang pernah ada.’

The American Meme (2018)

Film ini juga sangat menarik. Kalau tadi menceritakan hoax dan kebocoran data yang bisa terjadi di media sosial, film ini lebih menyinggung tentang bagaimana kondisi pesohor media sosial.

Di “The American Meme,” tokoh-tokoh publik mungkin terlihat bahagia dengan harga dan popularitas yang mereka miliki. Bahkan mereka juga punya banyak penggemar yang selalu menyapa di media sosial. Tapi di balik itu semua, mereka sebenarnya merasa terisolasi, terjebak dan kesepian.

Keadaan seperti ini memang sangat realistis sih. Saya pernah beberapa kali menonton sesi wawancara yang dilakukan bersama idol-idol KPOP.

Mereka pernah mengatakan meski hidup bergelimang harta, popularitas tinggi, dan punya banyak penggemar, mereka sebenarnya sering merasa kesepian dan tertekan. Hmm.. Kasihan juga ya..

Catfish (2010)

Film ini juga nggak kalah seru guys! Kamu pasti pernah melihat di berita TV atau media sosial, di mana ada dua muda-mudi dapat pacar online, tapi setelah mereka bertemu langsung hasilnya zonk (yah, meski pun banyak juga yang jodoh).

Nah, ini yang coba disinggung oleh film “Catfish.” Ceritanya berpusat pada Nev yang bahagia punya pacar online. Dia kenal cewek tersebut dari Facebook.

Karena kencan online mereka sudah terjalin cukup lama, nggak heran kalau Nev sampai kenal dengan keluarga si cewek itu. Sampai akhirnya Nev ingin bikin kejutan buat pacarnya, yakni dengan nyamperin pacarnya. Tapi, rupanya ada yang aneh dengan cewek tersebut!

More Stories
Tarantino dan J.J. Abrams untuk Star Trek Terbaru?
%d blogger menyukai ini: