8 Film Luar Angkasa Paling Ikonik Dan Seru Ditonton. Ada Favoritmu?

Kalian pasti udah nggak asing lagi dengan film-film bertema luar angkasa. Film jenis ini memang memiliki cerita yang unik serta imajinatif. Ada banyak film luar angkasa yang seru dan nggak pernah bosan untuk terus ditonton ulang. Sebagian filmnya bahkan menjadi ikon tersendiri dari genre sci-fi.

Nah kali ini Popculture.id akan membahas beberapa film luar angkasa paling ikonik yang pernah dibuat. Daftar ini mengambil beragam jenis film dari mulai yang populer, arthouse, animasi bahkan anime Jepang. Nah daripada penasaran, yuk langsung aja simak 8 film luar angkasa paling ikonik dan seru versi Popculture.id!

Armageddon

Pertama ada film Armageddon. Film ini pasti sangat familiar bagi orang-orang Indonesia. Pasalnya, film menegangkan ini kerap ditayangkan di stasiun televisi swasta Tanah Air. Film yang disutradarai Michael Bay ini memang sangat menegangkan dan punya cerita yang seru.

Singkatnya, film ini menceritakan tentang sekelompok orang yang ditugaskan untuk menghancurkan meteor yang hendak meledakan bumi. Filmnya begitu emosional dan kuat. Saking bagusnya, film ini berhasil menyabet 4 nominasi di ajang Oscar. Ada yang masih inget film ini?

Star Trek

Star Trek adalah waralaba luar angkasa yang cukup sukses. Film ini bisa dikatakan adalah saingan dari Star Wars. Star Trek bukan hanya sukses di televisi saja, namun juga di layar lebar. Film pertamanya dirilis tahun 1979 dan langsung meledak seperti Star Wars. Karena dirilis secara bersamaan, Star Trek punya penggemar tersendiri.

Film ini pada dasarnya adalah acara televisi yang akirnya sukses. Star Trek sempat diremehkan oleh banyak orang dan kritikus sampai akhirnya masuk 3 nominasi Oscar. Sama seperti Star Wars, film ini juga masih dikembangkan sampai hari ini. Manusia dalam saga ini masih mengarungi galaksi dan memberikan hiburan petualangan bagi para penggemarnya di berbagai format.

Star Wars

Siapa sih yang nggak tahu Star Wars? Waralaba ciptaan George Lucas ini telah menjadi tontonan paling ikonik, bersejarah dan populer sampai hari ini. Bermula pada tahun 1978, film ini berhasil bertahan sampai hari ini. Ada banyak ratusan judul baru yang dikembangkan dari film originalnya.

Hal yang membuat Star Wars menarik adalah petualangan, latar dunianya yang luas dan juga konfliknya yang selalu berkesinambungan. Karakter-karakter seperti Mandalorian, Bounty Hunter, Jedi dan Clone juga menjadi ikon tersendiri yang sama populernya.

2001: A Space Odyssey

Sudah bukan rahasia lagi kalau Stanley Kubrick adalah seorang sutradara hebat dari Hollywood. Film-filmnya terus relevan dan dibicarakan sampai hari ini. Salah satu film yang cukup menggemparkan adalah 2001: A Space Odyssey.

Sama seperti judulnya, film ini berkisah tentang manusia yang mencoba untuk menaklukan luar angkasa. Manusia berkembang dari makhluk yang primitif sampai memiliki teknologi canggih yang justru merusak dirinya sendiri. Saking ikoniknya film ini, Space Odyssey menjadi inspirasi David Bowie untuk menciptakan lagu hitnya berjudul Space Oddity

Solaris

Solaris menjadi film sci-fi asal Uni Soviet atau Russia yang digarap oleh Andrei Tarkovsky. Konon, film ini dibuat demi menyaingi film 2001: A Space Odyssey garapan Stanley Kubrick. Menariknya, film ini nggak kalah keren dari film saingannya. Tarkovsky secara genius membuat film sci-fi yang mindblowing.

Solaris menjadi ikonik karena memiliki konsep yang berbeda dengan Oddysey. Secara sederhana, film Stanley Kubrick menceritakan kehidupan di luar bumi, sementara Solaris adalah refleksi makhluk lain melihat kehidupan manusia yang berusaha menaklukan luar angkasa.

Interstellar

Christopher Nolan menjadi salah satu sutradara film paling digandrungi oleh sinefil-sinefil di seluruh dunia. Alasannya sederhana, sang sutradara selalu membuat film yang mind-blowing dengan plot-twistnya. Salah satu film terbaik yang pernah Nolan kerjakan adalah Interstellar.

Berbeda dengan kebanyakan film-film sci-fi lain, Interstellar mungkin menjadi film yang amat ilmiah dan dapat diterima oleh akal sehat. Secara sederhana, film ini berkisah tentang upaya umat manusia mencari planet baru untuk ditinggali. Mereka mengirimkan satu tim astronot untuk melewati lubang cacing selama puluhan tahun.

WALL-E

Pixar Animation adalah salah satu studio animasi terbaik yang pernah ada. Banyak sekali film animasi yang berhasil mencetak hit. Salah satu film Pixar terbaik adalah WALL-E yang berlatar tentang kehidupan luar angkasa. Film ini sangat menarik dari sisi premis dan latar filmnya.

Secara sederhana WALL-E berkisah tentang robot pemungut sampah yang tinggal di bumi yang telah tercemar oleh polusi. Ia kemudian bertemu dengan seorang robot canggih dari luar angkasa dan menjalin cinta dengannya. Mereka kemudian berusaha untuk membuat bumi kembali bisa ditinggali dengan menanam satu benih pohon yang masih tersisa.

Cowboy Bebop The Movie

Terakhir ada film animasi dari Jepang, Cowboy Bebop. Film ini merupakan kembangan dari serial anime garapan Shininchiro Watanabe. Sama seperti serialnya, Cowboy Bebop menjadi anime bertema luar angkasa yang unik. Diketahui pula kalau Cowboy Bebop adalah jembatan bagi Jepang untuk mengenalkan kultur anime ke Amerika Serikat.

Film yang mengisahkan tentang tim Bebop yang dipimpin Spike Speigel ini mirip seperti campuran film James Bond namun dengan nuansa luar angkasa. Tema perburuan orang-orang jahat juga membuat film ini ikonik. Nggak sedikit film luar angkasa lain yang meniru formula dari Cowboy Bebop.

Bonus: Guardian of The Galaxy

Sebagai bonus, ada film Guardian of The Galaxy dari MCU. Menurut PCID, film tim superhero ini menjadi salah satu proyek terbaik Marvel. Ceritanya begitu kuat, sisi action yang menarik dan perkenalan teknologi-teknologi luar angkasa yang epik. Unsur komedi dalam film ini juga begitu melekat. Salah satu yang paling diingat dalam film ini adalah soundtrack filmnya yang keluar dari Walkman milik Peter Quill.

Nah itu dia 8 film luar angkasa paling ikonik dan seru versi Popculture.id. Sebenarnya masih banyak film luar angkasa lain yang nggak bisa disebutkan semuanya. Gimana menurut kalian Popins? Apakah ada film favorit kalian di atas? Atau kalian punya film favorit lain? Yul tulis di kolom komentar~

More Stories
Akankah ‘Ant-Man’ Menjadi Kartu As dalam Rencana ‘Doctor Strange’?
%d blogger menyukai ini: