Yuk Tonton 8 Film Ini Untuk Mengenal Penyakit dan Kesehatan Mental

Sudah hampir dua tahun kita hidup berdampingan dengan virus corona. Meski nggak seketat dulu, pandemi Covid-19 berhasil membuat banyak perubahan pada kehidupan kita. Banyak orang yang merasa stress karena kehidupan nggak kunjung normal. Hiburan seperti gim dan film jadi upaya menjaga kesehatan mental di tengah situasi yang nggak pasti ini.

Di masa new normal seperti sekarang, kita mungkin sudah sedikit bergerak bebas dan nggak selalu berdiam diri di rumah. Meski sudah sedikit melonggar, studi menyebut kasus penyakit dan gangguan mental di dunia naik sebanyak 3-4 kali lipat setelah pandemi.

Dengan fakta tersebut, sudah seharusnya kita mulai peduli dan mengenal apa itu kesehatan mental. Di samping membaca studi dan teori, kamu bisa lo belajar lewat film soal penyakit dan pentingnya menjaga kesehatan mental. Berikut ini ada 8 film yang bisa kamu tonton. Langsung aja simak selengkapnya~

Dead Poet Society

Pertama ada film Dead Poet Society. Sekilas, film ini seperti mengisahkan tentang gairah anak-anak SMA yang mencintai puisi dan sastra. Jika dilihat lebih dalam, film yang dibintangi Robin Williams ini mengisahkan tentang metode pengajaran secara psikologis yang sangat berpengaruh pada anak-anak. Singkatnya, film ini menggambarkan psikologi anak-anak SMA yang cukup rentan.

Dalam sebuah adegan, diperlihatkan seorang anak yang bunuh diri karena merasa terkekang oleh orang tuanya yang nggak pernah mempedulikan mental sang anak. Anaknya yang sudah depresi dan stress memilih untuk mengakhiri hidup sebagai jalan terakhir yang ia rasa bisa membebaskan dirinya dari penderitaan selama hidupnya.

Mudbound

Film-film perang memiliki keseruan lewat beragam aksi dan ledakannya. Nah buat kamu yang pengin tahu film pasca-perang, maka Mudbound adalah jawabannya. Film ini mengisahkan tentang dua orang tentara Amerika Serikat yang baru pulang dari Perang Dunia II. Kedua orang ini mengalami penyakit Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD) karena melihat beragam kejadian mengerikan selama perang.

Film ini semakin menarik karena mengangkat isu rasisme dimana lingkungan kulit putih begitu membenci orang kulit hitam. Di tengah prahara rasisme tersebut, kedua tentara berbeda warna kulit ini bersahabat. Hanya mereka berdua yang mampu mengerti penderitaan satu sama lain karena pernah berperang bersama.

BACA JUGA  Rekomendasi Tontonan Netflix Original yang Tayang Bulan Mei 2021

Fight Club

Fight Club adalah film populer yang dibintangi oleh Brad Pitt dan disutradarai oleh David Fincher. Diadaptasi dari novel karya Chuck Palahniuk, Fight Club jadi salah satu film cult yang banyak dibicarakan sampai hari ini.

Ada banyak hal yang bisa kamu lihat dalam film ini. Di balik kekerasan, brutalitas dan kritik sampai politik, Fight Club sejatinya membicarakan penyakit sang karakter utama yakni skizofrenia dalam kondisi akut nan ekstrim. Film ini menggambarkannya secara menyenangkan sekaligus mengerikan setelah tahu bahwa semua hal yang terjadi bermula dari penyakit mental yang diabaikan dan nggak disadari.

Joker

Siapa sih yang nggak tahu film Joker? Berbeda dengan kebanyakan film superhero lain, Joker lebih mengeksporasi masalah mental ketimbang aksi-aksi penuh ledakan dan kegilaan yang biasa Joker lakukan. Film ini mengisahkan masa lalu Arthur Fleck sebelum dirinya menjadi seorang Joker.

Diketahui bahwa Arthur adalah korban dari lingkungan sosial yang acuh pada penyakit mental. Dirinya yang mengidap penyakit Pathological Laughter and Crying sering dianggap mengejek. Karena kesalahpahaman tersebut Arthur kerap menjadi korban kekerasan di lingkungan tempatnya tinggal. Sedih!.

Good Will Hunting

Selanjutnya ada film Good Will Hunting yang juga dibintangi Robin Williams. Film ini bercerita tentang seorang pemuda genius dalam matematika bernama Will yang didiagnosa memiliki Borderline Personality Disorder. Gangguan ini menyebabkan dirinya sulit menerima orang baru, memiliki emosi yang tidak stabil dan terganggunya hubungan sosial.

Ia bertemu dengan seorang psikiater yang membantunya untuk terapi dan menyelesaikan masalahnya. Dengan jelas film ini menceritakan upaya seorang psikiater atau psikolog dalam menangani mereka yang mengalami gangguan kesehatan mental. Good Will Hunting bagus banget buat dijadikan referensi untuk mengenal lebih dalam kesehatan mental.

Silver Linings Book

Selanjutnya ada film Silver Linings Book. Film ini berkisah tentang seorang pria yang baru keluar dari rumah sakit jiwa karena mengidap penyakit kepribadian ganda alias bipolar. Film ini berhasil tampil di berbagai penghargaan film. Bahkan banyak psikiater dunia yang menyebut kalau film yang dibintangi Bradley Cooper ini cukup akurat menggambarkan kecemasan seseorang pengidap bipolar. Keren!

BACA JUGA  Tak Tertebak, Ini Rekomendasi 7 Film Suspense Terbaik

One Flew Over the Cuckoo’s Nest

Selanjutnya ada film One Flew Over The Cuckoo’s Nest. Film ini sangat cocok buat kamu yang pengin tahu gambaran kondisi sebuah rumah sakit jiwa. Di film ini kita bisa menemukan banyak karakter dengan beragam penyakit mental. Film ini menjadi menarik karena dibintangi aktor kenamaan Jack Nicholson. Seperti kita tahu, Jack memang dikenal selalu sempurna memainkan karakter-karakter ‘gila’

One Flew Over The Cuckoo’s Nest diganjar 5 penghargaan di ajang Oscar termasuk Best Pictures dan Best Director. Selain itu film ini adalah bukti bahwa Jack Nicholson bukanlah aktor yang biasa aja. Lewat One Flew Over The Cuckoo’s Nest Jack memenangkan penghargaan Oscar pertamanya sebagai Best Actor.

As Good As It Gets

Terakhir ada As Good As It Gets. Film ini juga dibintangi oleh aktor Jack Nicholson. Nggak salah kiranya Jack disebut salah satu aktor terbaik sepanjang masa mengingat ia mampu berperan banyak sebagai penderita penyakit mental. Lewat As Good As It Gets Jake memukau penonton dengan berperan sebagai seorang laki-laki yang mengidap penyakit Obsessive Compulsive Disorder (OCD). Oiya, film ini juga berhasil meraih 2 piala Oscar lo!

Nah itu dia 8 film yang bisa memperkenalkan kita pada penyakit dan pentingnya menjaga kesehatan mental di masa pandemi. Gimana menurut kalian Popins? Apakah kalian tertarik dengan salah satu film di atas? Atau kalian punya film lain? Yuk tulis di kolom komentar~

%d blogger menyukai ini: