4 Alasan Serius Kenapa Kamu Harus Baca Manga Oyasumi Punpun!!

Buat kamu yang sedang kebingungan mencari judul komik atau manga untuk dibaca, nggak rugi kiranya kita melihat ke masa lalu sebab ada banyak sekali judul-judul manga lama yang sangat layak untuk dibaca. Dari sekian banyak judul, kamu harus baca manga bergenre psikologis berjudul Oyasumi Punpun.

Buat kamu yang belum tahu, Oyasumi Punpun adalah manga yang ditulis sekaligus diilustrasikan mangaka Inio Asano. Manga ini adalah salah satu masterpiece yang pertama kali dirilis pada tahun 2007 dan tamat pada tahun 2013 silam. Bercerita tentang kehidupan normal seorang bebek bernama Punpun, manga ini bisa membuat kalian tersentuh, frustasi dan juga memikirkan ulang hidup. Kalau kalian nggak cukup yakin untuk membaca, berikut adalah 4 alasan kenapa kamu harus baca manga Oyasumi Punpun sekarang juga!

Pengembangan Karakter Utama yang Apik

Ada banyak judul manga yang memiliki karakter utama penuh daya tarik dan ikonik. Tapi nggak banyak judul manga yang mampu memperlihatkan pengembangan karakter utama dengan detil, rapi sekaligus rasional. Oyasumi Punpun adalah salah satu judul manga dengan pengembangan karakter yang demikian.

Sama seperti judulnya, kita akan mengikuti perjalanan hidup seorang bebek bernama Punpun dari kecil sampai ia menjadi dewasa. Sekilas, manga ini nggak spesial karena tokoh Punpun yang terlampau biasa, tidak karismatik dan tidak punya penggambaran yang tampan seperti kebanayakan karakter-karakter manga bergenre slice of life lain.

Di balik penggambarannya yang sederhana, tokoh Punpun dibangun dengan sangat rapi, mendetail dari mulai penampilan, sisi psikologis, sisi pemikiran sampai ke sisi finansial juga. Rasa-rasanya Inio Asano seperti ingin membuat sebuah karakter out of the box dengan penampilan yang tidak menarik namun bisa melebihi karakter-karakter lain dari sisi perkembangan karakter. Singkatnya, kalian nggak akan menemukan banyak judul manga dengan perkembangan karakter yang mendetail dan realistis sepeti dalam manga ini.

Peran Karakter Sampingan yang Maksimal

Masih soal karakter, Oyasumi Punpun adalah manga yang nggak egois sama sekali. Dengan jumlah chapter yang singkat, sang mangaka mampu memberikan porsi yang maksimal pada tokoh-tokoh sampingan dalam manga ini. Yup, manga ini nggak melulu soal Punpun, tapi soal tokoh Seki, Aiko, Sachi, Shimizu, Yuuichi, dan juga Pegasus alias Toshiki Hoshikawa dan masih banyak yang lainnya

Semua karakter memiliki porsi penceritaan yang sama besar, sama-sama depresif dan saling berkaitan satu sama lain. Bahkan secara nggak langsung, cerita-cerita tokoh sampingan sangat berpengaruh dengan cerita Punpun sendiri. Seperti sudah dikatakan di awal, manga ini tidak egois, cerita tidak selalu berputar pada tokoh utama. Hal ini yang membuat kita sebagai pembaca betah membaca.

Cerita yang Dekat Dengan Realitas

Poin ini mungkin menjadi poin utama mengapa kamu harus membaca manga yang satu ini. Nggak seperti kebanyakan manga slice of life lain, Oyasumi Punpun berjalan layaknya realitas kehidupan kita. Manga ini nggak mencoba menghadirkan sebuah kejadian di luar akal sehat atau kemungkinan di luar realitas cerita yang berjalan. Semuanya adalah realitas dan bisa terjadi pada kita kapanpun dan bahkan ada orang yang mungkin mengalami hal serupa dengan Punpun dan setiap tokoh.

Bukan soal cerita keluarga disfungsional Punpun atau perasaan cintanya yang terkutuk pada Aiko saja yang dekat dengan realitas. Cerita karakter lain juga sama-sama dekat realitas. Contohnya adalah cerita aliran sesat yang muak dengan kehidupan sosial dan sistem moral, lalu ada tokoh traumatis yang kekanak-kanakan karena kehilangan sosok ibu saat kecil atau bahkan cerita perjuangan seorang perempuan yang mencoba menjadi seorang mangaka namun terhalangi oleh cintanya pada seseorang. Singkatnya, Punpun bercerita soal kenyataan dimana kesuksesan, cita-cita, kebahagiaan, cinta dan kehidupan yang lebih baik adalah hal yang dikejar setiap manusia.

Emosional dan Penuh Perenungan

Alasan terakhir adalah cerita manga Oyasumi Punpun yang emosional dan mengusik sisi psikologis kita. Sebenarnya, buat kamu yang sedang merasa depresi, membaca manga ini nggak direkomendasikan. Cerita Punpun terlampau gelap, nyata dan depresif. Kamu akan merasakan emosi yang naik turun bak roller coaster saat membaca manga ini. Di satu titik kamu mungkin akan merasa lelah dan enggan lanjut membaca manga ini karena terlampau depresif.

Karena ceritanya yang depresif, Oyasumi Punpun sangat cocok dibaca sebagai bahan perenungan kita. Oyasumi Punpun mengajarkan bahwa hidup tidak mudah dijalani. Hidup terkadang bisa menghancurkan cita-cita dan ambisi seseorang dalam waktu yang cepat. Bahkan kehidupan bisa membunuh manusia kapanpun ia inginkan. Oyasumi Punpun mengajarkan kita untuk bertahap hidup di tengah kehidupan sosial yang sudah rusak dan terkadang kita harus menerima kegagalan dan rasa sedih saat menjalani hidup. Sebab, hidup adalah pergulatan dan kebahagiaan bukan sesuatu yang datang dengan sendirinya.

Nah itu dia 4 alasan kenapa kamu harus baca manga Oyasumi Punpun. Gimana menurut kalian Popins? Apa kalian sudah tertarik untuk membaca manga masterpiece karya Inio Asano ini?

More Stories
Review Film The Devil All The Time: Sajian Cerita yang Kaya dan Mengalir
%d bloggers like this: